article / Garden / 5 Langkah Merawat Tanaman di dalam Ruangan
18 Maret 2020 3K Views

5 Langkah Merawat Tanaman di dalam Ruangan

Banyaknya manfaat yang diperoleh dari meletakkan tanaman di dalam ruagan. Hal ini mendorong banyak orang menghias ruangan di rumah mereka dengan berbagai jenis tanaman. Sebelum mempercantik ruangan dengan tanaman, ada baiknya anda terlebih dahulu mengetahui cara perawatannya.

sumber : marketwatch.com

Cara perawatan tanaman sesungguhnya susah-susah gampang. Tanaman tidak butuh alat atau bahan yang ribet, tetapi perlu kesabaran dan ketelitian. Berikut adalah tips dan triknya:


1. Amati tanaman sebelum diletakkan dalam suatu ruangan

sumber : mnn.com

 

Sebelum ruangan dihiasi dengan tanaman, terlebih dahulu anda perlu mengamati tanaman yang akan ada letakkan. Periksa apakah tanaman tersebut memiliki penyakit atau terserang hama. Salah satu tandanya seperti daun yang berlubang, daun mudah rontok. Jika anda dapati tanda-tanda tersebut, tanaman perlu dikarantina terlebih dahulu agar tanaman lain tidak terjangkit penyakit/ hama.

 


2. Hindari titik-titik ini

sumber : blog.nurserylive.com


Menjaga tanaman tetap sehat meski di dalam ruangan, hindari meletakkan tanaman di tempat yang mudah mengalami perubahan temperatur. Hindari juga meletakkan tanaman di dekat pipa AC, di atas radiator, ataupun di antara gorden-gorden.

 

3. Berikan cukup cahaya


sumber : bioadvanced.com

 

Tanaman perlu melakukan fotosintesis, oleh karenanya tanaman memerlukan cukup cahaya. Terlebih dahulu anda harus mengetahui karakteristik tanaman, seberapa lama tanaman perlu terpapar cahaya matahari. Setelahnya, sesuaikan kebutuhan tanaman tersebut dengan ruangan anda. Jika tanaman memerlukan banyak cahaya letakkan dalam ruangan yang terpapar cahaya matahari, begitu pula sebaliknya. Rata-rata houseplant perlu terkena cahaya matahari selama 6 jam setiap harinya. Tetapi sekali lagi, tergantung jenis tanamannya. Itulah mengapa mengenali karakteristik tanaman menjadi penting.    

 


4. Berikan cukup air

sumber : businessinsider.sg

 

Samahalnya cahaya, tanaman memerlukan cukup air untuk tetap hidup. Setiap tanaman memerlukan kadar air yang berbeda-beda, sehingga anda perlu menyiram tanaman dengan intensitas yang berbeda pula. Ada yang perlu disiram setiap hari, ada yang cukup satu hingga dua kali dalam seminggu. Ada tanaman yang cukup disiram hingga tanahnya terasa lembab, ada pula yang hingga basah. Di sini anda perlu memahami karakteristik setiap tanaman.
Ketika menyiram, anda dapat menggunakan semprotan kecil agar memudahkan mengatur kadar air. Anda bisa menyiram dari atas ke bawah, sebisa mungkin jangan membahasi dedaunan. Sirami sesuai kebutuhan tanaman.

 

5. Jaga kesuburan tanah

sumber : imagenesmi.com

 

Jika tanaman menunjukkan tanda-tanda tidak sehat, bisa jadi media tanamnya kurang subur. Jika tanaman yang ditanam outdoor memiliki berbagai alternatif cara agar tanahnya menjadi subur. Berbeda dengan tanaman indoor yang memerlukan pupuk agar tanah terus subur. Setidaknya beri pupuk sebulan satu kali. Sedikit tips ketika awal memberikan pupuk, selama satu bulan pertama cukup berikan seperempat dari yang disarankan dalam label. Jika tanaman menjadi lebih segar dan berwarna cerah, tingkatkan pemakaian menjadi dua minggu sekali. Jika tanda yang muncul justru daun-daun berwarna gelap dan mengecil, kurangi pemakaiannya.
Di atas adalah lima langkah mudah merawat tanaman di dalam ruangan. Tidak sulitkan? Agar perawatannya tepat, memang butuh sedikit ketelitian dan kesabaran untuk mengenali karakteristik tanaman. Tetapi itu semua sebanding dengan manfaat yang diperoleh.
 
Sumber:
https://www.planetnatural.com/plant-care/
https://www.gardeners.com/how-to/houseplant-pests/5168.html
https://gardenerspath.com/how-to/indoor-gardening/houseplant-care-primer/


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Apriliahome
Aprilia Home adalah perusahaan furniture yang berdiri sejak 3 Januari 2017 di Kota Yogyakarta. Dimana perusahaan ini menggunakan olahan limbah tidak terpakai dari Jogja Foamindo sebagai bahan utama hingga menghasilkan produk yang berkualitas. Aprilia Home merupakan sister company dari Jogja Foamindo. Limbah foam dari Jogja Foamindo yang tidak terpakai digunakan oleh Aprilia Home sebagai bahan utama (foam) untuk memproduksi berbagai macam produk seperti poufs, pillows, dan small furnitures yang diperlukan untuk hunian maupun perkantoran. Produk yang kami tawarkan memiliki kualitas tinggi dengan harga yang kompetitif. Aprilia Home merupakan perusahaan lokal yang menerapkan sistem locally produced. Aprilia Home memproduksi furniture berbahan dasar limbah foam (busa) yang diperoleh dari Jogja Foamindo. Foam yang sudah tidak terpakai tersebut kemudian melalui proses daur ulang hingga menjadi cacahan foam yang akan menjadi bahan baku utama dalam pembuatan furniture yang berkualitas tinggi. Cacahan foam tersebut tidak cepat kempis sehingga lebih nyaman digunakan karena lebih empuk, kuat, dan tahan lama dalam pemakaiannya. Tingkat keempukannya pun dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen. Demi menjaga kualitas agar selalu terjamin, proses pembuatan dan pembentukan pola dilakukan secara teliti. Selain itu, proses pencacahan foam menggunakan mesin dengan memberdayakan tenaga kerja lokal yang bertempat tinggal disekitar Aprilia Home. Sebelum dipasarkan setiap produk Aprilia Home selalu melalui quality control yang ketat untuk menjamin mutu dan kualitas produk demi kepuasan konsumen.

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter