article / Interior / DEKORATIF, MULTIFUNGSI DAN SUSTAINABLE: TREN FURNITUR DI NEW NORMAL
07 September 2020 377 Views

DEKORATIF, MULTIFUNGSI DAN SUSTAINABLE: TREN FURNITUR DI NEW NORMAL


Udah masuk masa new normal nih! apa aja sih tren furnitur yang berkembang di masa new normal ini? Tak heran banyak orang yang mengembangkan inspirasi desain selama masa pandemi ini. Hal ini sangat wajar, karena dilihat dari lamanya waktu work from home lalu, juga tanpa adanya furnitur sebuah ruangan tidak akan berfungsi maksimal dan kurang estetis. Apalagi, keberadaan furnitur dinilai sangat penting karena masing-masing benda memiliki fungsi yang berbeda. Bahkan benda yang bernama “kursi” itu sama dengan kursi pada umumnya tapi yang membedakan adalah fungsi dan material yang digunakan oleh kursi tersebut.

 

FURNITUR BERBAHAN METAL

Dekorasi interior dengan kombinasi metal akan jadi tren furnitur di masa new normal ini. Sama seperti kayu, material metal masih memiliki kesan elemen kebumian yang kuat, baik berupa perak, emas, maupun tembaga sekalipun. Furnitur berbahan metal biasanya digunakan untuk bahan furnitur yang berkonsep modern maupun industrial style. Dengan demikian, banyak orang beranggapan bahwa furnitur berbahan metal tampak lebih elegan dan tegas. Kelebihan menggunakan furnitur berbahan baja ringan, tak hanya kuat tapi juga anti rayap.

Copyright by amazon.com

Namun, furnitur berbahan metal juga memerlukan perawatan agar kondisi tetap terjaga. Kamu harus menjauhkan dari sinar matahari secara langsung agar warnanya tidak cepat pudar. Kamu juga harus menjauhkan dari tempat lembab agar tidak berkarat. Untuk perawatan yang lebih baik, bisa dilapisi dengan krom atau dicat sehingga furnitur bisa tahan lama, untuk memilih furnitur berbahan metal, pilihlah bahan metal yang anti karat seperti bahan stainless steel dan aluminium.

Copyright by justbunkbeds.com

 

FURNITUR BERBAHAN KACA

Akhir-akhir ini orang telah mengetahui cara merawat kaca dengan benar, sehingga tidak ada alasan untuk furnitur kaca tidak menjadi tren kali ini. Furnitur berbahan kaca bisa awet dan tahan sampai bertahun-tahun.

Copyright by gomodern.com

Sifat kaca yang dapat meneruskan cahaya matahari akan membuat ruangan terasa lebih cerah saat terdapat furniture kaca. Furniture berbahan seperti meja yang cocok diletakkan di tengah ruangan, meletakkan furnitur berbahan kaca akan membuat interior rumah terkesan lebih luas karena kaca menjadikan ruangan seolah tidak memiliki sekat.

Copyright by pinterest.com

 

FURNITUR MULTIFUNGSI

Rumah bergaya minimalis sedang banyak digemari akhir-akhir ini sehingga mempengaruhi pemilihan tren furnitur yang tepat. Furnitur multifungsi ini berguna untuk menghemat tempat dan praktis, furnitur multifungsi akan ikut memberi kesan modern pada interior rumahmu.

Copyright by brightside.com

Salah satu contoh furnitur multifungsi yang kerap kita temukan yaitu kasur yang bisa dijadikan tempat penyimpanan pada area bawah, atau juga kasur yang bisa dilipat dan ditempelkan ke dinding untuk menghemat ruangan. Penggunaan furnitur multifungsi juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup minimalis yang diterapkan masyarakat modern dari tahun ke tahun.

Copyright by ikea.com

Pada umumnya masyarakat modern tentunya lebih memilih menggunakan furnitur yang praktis, ringkas, dan memiliki daya guna lebih.

 

FURNITUR SUSTAINABLE (BARANG BEKAS)

Kesadaran masyarakat mengenai kelestarian lingkungan semakin meningkat belakangan ini. Itulah alasan sederhana muncul tren furnitur bermaterial sustainable. Furnitur berbahan linen, anyaman, atau barang recycle akan semakin banyak dicari. Tak hanya ramah lingkungan, bahan-bahan tersebut akan menambah kehangatan pada rumahmu serta memberikan kesan artistik.

Copyright by pinterest.com

Dari segi harga, furnitur berbahan sustainable lebih terjangkau dan mudah didapat. Selain itu, tidak membuat kualitas dari material ini menurun bahkan ketika telah di-remake akan meningkatkan kualitas dan fungsinya. Dengan keunikan masing-masing material, furnitur sustainable berhasil menciptakan nilai artistik pada rumah kesayanganmu.

Copyright by pinterest.com

 

FURNITUR BERBAHAN ROTAN

Furnitur dari bahan rotan sempat populer pada tahun 1980-an. Kini, muncul furnitur bergaya rotan yang diprediksi bakal berkembang kembali. Furnitur rotan yang sangat khas dengan anyaman ini, hadir kembali dengan sentuhan desain modern.

Copyright by givdohome.com

Pemanfaatan rotan terutama adalah sebagai bahan baku mebel seperti kursi, meja tamu, serta rak buku. Rotan memiliki beberapa keunggulan daripada kayu, seperti ringan, kuat, elastis, mudah dibentuk, dan harganya lebih murah. Kelemahan utama rotan adalah mudah terkena kutu bubuk.

Copyright by homefurniture.com

 

Tinggal pilih deh mana yang mau kamu gunakan...


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
M. Choirul Maruf
Content writer, art enthusiast, loves to write to heal und liebe alles über Deutschland

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter