article / Home Decor / Gaya Penerangan Masa Kini
25 Maret 2020 476 Views

Gaya Penerangan Masa Kini


Apa itu Pencahayaan (Lighting)?

Pencahayaan adalah salah satu pelajaran penting ketika kita belajar mengenai Desain  Interior dan Dekorasi nya, tapi apa itu pencahayaan?

Definisi Pencahayaan adalah sebagai penerangan rumah atau bangunan kita agar kita dapat merasakan kenyamanan dalam beraktivitas baik di dalam maupun diluar.

Contoh penggunaan pencahayaan di dalam bangunan seperti untuk mengerjakan aktivitas membaca, menulis, melihat sekeliling dan sebagainya, dapat dibuat dengan desain penerangan umum (General Lighting). Namun apabila penggunaan pencahayaan digunakan untuk aktivitas efek visualisasi, display, estetika, karya seni (lukisan, patung, dll) sering disebut desain pencahayaan khusus (Special Lighting).

 

 

sumber : pinterest.co.uk/

 

Macam-macam Pencahayaan yaitu;

1. Pencahayaan Umum

 

Pencahayaan umum adalah pencahayaan yang bertujuan untuk menerangi secara keseluruhan. Lampu untuk penerangan umum ini tidak memiliki cahaya yang fokus, cahaya bersinar ke segala arah dari sumbernya tanpa ada halangan.

 

2. Pencahayaan Langsung (Directional)

Pencahayaan langsung adalah pencahayaan yang bertujuan hanya menerangi obyek area yang dituju saja. Lampu untuk pencahayaan terarah ini memiliki sinar cahaya yang terfokus. Jenis-jenis pencahayaan langsung ini seperti lampu-lampu yang diletakkan di plafond (Ceiling) yang sering disebut “Downlight”. Posisi lampu tertanam di plafond dan mengeluarkan cahaya sempit yang menyebar ke arah lantai. Posisi sumber cahaya sengaja diletakkan agak tersembunyi ke dalam plafond dan diberi reflektor yang dapat diarahkan bisa untuk spot ke lantai atau ke dinding (Wall Washer). Lalu ada lampu-lampu yang diletakkan di bawah (lantai atau tanah) yang sering disebut “Uplight”. Lampu jenis Uplight ini biasanya digunakan untuk menerangi langit-langit, dinding atau pohon besar.

 

1. Uplight 

 

sumber : prezzoled.it/

 

Wall washer yang satu ini menggunakan metode "uplight" untuk menerangi dinding - dinding di monumen pada malam hari. Led wallwasher menawarkan efek pemandangan yang spektakuler dan dapat mengubah warna berkat teknologi RGB DMX. Led wallwasher dapat digunakan secara internal atau eksternal dan dibentuk oleh bar led teknologi tertentu yang memungkinkan efek pisau cahaya.

 

sumber : xlian.me

 

Gambar di atas adalah wallwasher untuk rumah hunian dengan metode "uplight". Fungsinya untuk memperjelas design pada bagian luar rumah. Sedikit penjelasan mengenai apa itu metode uplight?? Uplight adalah arah cahaya yang datang dari bawah ke atas, dimana posisi lampu dihadapkan keatas. Efek cahaya yang ditimbulkan yaitu kesan megah, dan memunculkan dimensi. Jenis pencahayaan ini lebih cenderung ke pencahayaan dekoratif.

 

2. Downlight 

 

sumber : timbeyers.me

 

Gambar di atas adalah pencahayaan dengan dekorasi hunian menggunakan tata lighting " downlight". 

Sedikit penjelasan mengenai downlight, downlight adalah jenis pencahayaan yang arah pencahayaan datang dari atas dan menyinari objek di bawahnya.  Berfungsi sebagai pencahayaan secara merata. Cahaya berasal dari lampu yang ditanam pada langit-langit ruangan dengan lampu yang menjorok keluar, masuk ke dalam, menempel pada tembok, atau berupa lampu gantung.

Melalui pengaturan sudut jatuh cahaya, lampu dengan arah downlight dapat menumbuhkan suasana yang berbeda apabila difungsikan sebagai pencahayaan setempat dan dekoratif. Salah satu contoh yang banyak dipakai adalah wall washer, yakni mengarahkan cahaya ke dinding sehingga tekstur dan warna dinding muncul dan lebih berdimensi.

 

3. Directional / Frontlight

 

sumber : remodelista.com

 

Untuk yang satu ini adalah pencahayaan dengan metode frontlight. Biasanya pencahayaan ini memiliki fungsi khusus untuk memperjelas lukisan yang digantung pada rumah. Arah cahayanya datang dari depan objek, teknik pencahayaan seperti ini dianjurkan merata di dinding ruangan karena cahaya yang tersebar sama rata sehingga membuat foto/lukisan tersebut terlihat apa adanya. Kecuali jika kita menginginkan bagian tertentu terlihat lebih menonjol baik lebih terang atau lebih gelap.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Apriliahome
Aprilia Home adalah perusahaan furniture yang berdiri sejak 3 Januari 2017 di Kota Yogyakarta. Dimana perusahaan ini menggunakan olahan limbah tidak terpakai dari Jogja Foamindo sebagai bahan utama hingga menghasilkan produk yang berkualitas. Aprilia Home merupakan sister company dari Jogja Foamindo. Limbah foam dari Jogja Foamindo yang tidak terpakai digunakan oleh Aprilia Home sebagai bahan utama (foam) untuk memproduksi berbagai macam produk seperti poufs, pillows, dan small furnitures yang diperlukan untuk hunian maupun perkantoran. Produk yang kami tawarkan memiliki kualitas tinggi dengan harga yang kompetitif. Aprilia Home merupakan perusahaan lokal yang menerapkan sistem locally produced. Aprilia Home memproduksi furniture berbahan dasar limbah foam (busa) yang diperoleh dari Jogja Foamindo. Foam yang sudah tidak terpakai tersebut kemudian melalui proses daur ulang hingga menjadi cacahan foam yang akan menjadi bahan baku utama dalam pembuatan furniture yang berkualitas tinggi. Cacahan foam tersebut tidak cepat kempis sehingga lebih nyaman digunakan karena lebih empuk, kuat, dan tahan lama dalam pemakaiannya. Tingkat keempukannya pun dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen. Demi menjaga kualitas agar selalu terjamin, proses pembuatan dan pembentukan pola dilakukan secara teliti. Selain itu, proses pencacahan foam menggunakan mesin dengan memberdayakan tenaga kerja lokal yang bertempat tinggal disekitar Aprilia Home. Sebelum dipasarkan setiap produk Aprilia Home selalu melalui quality control yang ketat untuk menjamin mutu dan kualitas produk demi kepuasan konsumen.

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter