article / Garden / Kolam Ikan Di Lahan Minim? Mengapa Tidak
04 Maret 2020 3K Views

Kolam Ikan Di Lahan Minim? Mengapa Tidak


Lahan yang sempit bukan menjadi pengahalang untuk membuat kolam ikan di rumah anda. Apalagi, kolam ikan ternyata menyimpan banyak manfaat. Suara percikan air dari kolam ikan menciptakan efek relaksasi. Seperti halnya mendengarkan rintikan hujan atau aliran sungai, suara percikan air berdampak baik terhadap kesehatan mental anda. Suara air akan mendorong otak bermeditasi sehingga dapat mengurangi kecemasan dan stress. Selain manfaat psikologis, kolam ikan dapat menambah estetika rumah anda. Kolam ikan yang dihiasi patung atau air mancur, akan memanjakan mata penghuninya.

Tentu saja manfaat di atas tidak bisa anda lewatkan hanya karena lahan yang sempit. Simak beberapa tips untuk membuat kolam ikan di lahan sempit:

 

Design kolam ikan terlebih dahulu

Design kolam ikan mungkin akan simpel karena dibatasi lahan, tetapi jangan sampai lewatkan tahap ini. Design yang baik akan memaksimalkan lahan dan menambah estetika rumah anda. Perlu diingat seberapa dalam dan seberapa luas kolam harus dibuar. Pastikan ukuran tersebut memungkinkan ikan untuk hidup. 

 https://id.pinterest.com

 

Manfaatkan lahan semaksimal mungkin

Design kolan yang anda buat wajib memanfaatkan lahan semaksimal mungkin. Biasanya kolam ikan berbentuk persegi karena paling mudah dibuat. Akan tetapi jika lahan yang tersedia tidak memungkinkan, anda dapat memodifikasinya. Misalnya, jika anda ingin membuat kolam ikan di sudut halaman, anda dapat membentuk kolam ikan seperempat lingkaran. Anda ingin memiliki kolam ikan sekaligus tempat bersantai? Anda dapat membangun jembatan di atas kolam ikan tersebut. Alternatif lain, anda dapat membuat kolam ikan yang tertutup kaca sehingga anda dapat dengan bebas beraktivitas di atasnya. Tidak melulu membuat kolam ikan baru, anda juga dapat memanfaatkan benda-benda bekas. Tentu saja dengan pertimbangan barang bekas yang digunakan memiliki ukuran cukup besar, seperti kontainer, bathtube, pot. 

 https://id.pinterest.com

 

 www.pondtrademag.com

 

Hias kolam dengan indah

Anda dapat menghias kolam ikan anda dengan tanaman. Warna hijau tanaman akan menambah kesan fresh dari kolam anda. Tanaman juga dapat meneduhkan air kolam, sehingga suhu kolam tetap terjaga. Beberapa jenis tanaman juga bermanfaat menjaga kadar oksigen dalam air. Tanaman yang dapat anda manfaatkan untuk menghias kolam seperti teratai, hornwort, water thyme, taro. Selain tanaman, anda juga dapat menggunakan kerikil, patung, maupun air mancur mini untuk memperindah kolam. 

 https://id.pinterest.com

 

Rawat kolam ikan dengan teratur

Kolam ikan kecil bukan berarti tidak memerlukan perawatan. Bersihkan kolam ikan setidaknya satu kali dalam satu bulan. Pastikan filter yang digunakan bekerja dengan baik, sehingga kebersihan air kolam terjaga untuk periode waktu yang lama. 

 www.mogogoods.com

 

Ikan-ikan dalam Kolam

Satu hal yang sering terlupakan. Dikarenakan ukuran kolam yang kecil karena dibuat di atas lahan yang sempit, pastikan jumlah ikan sesuai dengan ukuran kolam. Jumlah ikan jangan terlalu banyak hingga kolam padat dengan ikan, hal ini membuat ikan tertekan. Begitupun sebaliknya, jumlah iklan jangan terlalu sedikit karena akan terasa percuma kolam sudah dibuat. Ukuran ikan pun perlu diperhatikan. Ikan perlu dipindahkan jika bertumuh menjadi besar dan kolam terlalu sempit untuk ukurannya. Beberapa jenis ikan yang sesuai untuk kolam mini adalah koi, goldfish, dan comet fish.

sumber : capitalgardens.com

 

Bukan hal yang mustahil membuat kolam ikan di lahan yang sempit. Asalkan mau sedikit lebih kreatif mendesign bentuk kolam, merawatnya, dan menghiasnya, kolam ikan yang indah nan banyak manfaat akan ada di rumah anda.

 

Sumber:

https://www.totalpond.com/blog/benefits-to-having-a-pond

https://gardensample.com/fish-pond-design-for-the-garden/

http://goodesigninterior.blogspot.com/2015/01/5-tips-on-how-to-design-fish-pond.html

https://www.everything-ponds.com/plants-for-ponds.html


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Apriliahome
Aprilia Home adalah perusahaan furniture yang berdiri sejak 3 Januari 2017 di Kota Yogyakarta. Dimana perusahaan ini menggunakan olahan limbah tidak terpakai dari Jogja Foamindo sebagai bahan utama hingga menghasilkan produk yang berkualitas. Aprilia Home merupakan sister company dari Jogja Foamindo. Limbah foam dari Jogja Foamindo yang tidak terpakai digunakan oleh Aprilia Home sebagai bahan utama (foam) untuk memproduksi berbagai macam produk seperti poufs, pillows, dan small furnitures yang diperlukan untuk hunian maupun perkantoran. Produk yang kami tawarkan memiliki kualitas tinggi dengan harga yang kompetitif. Aprilia Home merupakan perusahaan lokal yang menerapkan sistem locally produced. Aprilia Home memproduksi furniture berbahan dasar limbah foam (busa) yang diperoleh dari Jogja Foamindo. Foam yang sudah tidak terpakai tersebut kemudian melalui proses daur ulang hingga menjadi cacahan foam yang akan menjadi bahan baku utama dalam pembuatan furniture yang berkualitas tinggi. Cacahan foam tersebut tidak cepat kempis sehingga lebih nyaman digunakan karena lebih empuk, kuat, dan tahan lama dalam pemakaiannya. Tingkat keempukannya pun dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen. Demi menjaga kualitas agar selalu terjamin, proses pembuatan dan pembentukan pola dilakukan secara teliti. Selain itu, proses pencacahan foam menggunakan mesin dengan memberdayakan tenaga kerja lokal yang bertempat tinggal disekitar Aprilia Home. Sebelum dipasarkan setiap produk Aprilia Home selalu melalui quality control yang ketat untuk menjamin mutu dan kualitas produk demi kepuasan konsumen.

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter