article / Decoration / Manfaat Meletakkan Tanaman Di Dalam Ruangan
03 Juni 2019 3K Views

Manfaat Meletakkan Tanaman Di Dalam Ruangan

Mendekorasi ruangan dengan perabot-perabot yang indah mungkin menjadi pilihan utama dalam mendekorasi sebuah ruangan, perabot seperti meja-meja kecil, jam dinding, ataupun lukisan biasanya menjadi pilihan utama dalam mendekorasi sebuah ruangan. Tetapi dari semua perabot tersebut tanaman hias merupakan sebuah penghias ruangan yang paling unik dan menarik karena tanaman hias memiliki banyak sekali jenis dan sangat mudah ditemukan, dari tanaman hias hidup palsu sampai tanaman hias hidup yang dapat anda siram setiap hari. Bukan hal yang asing memanfaatkan berbagai macam tanaman untuk mempercantik ruangan. Selain berfungsi untuk memperhijau, meletakkan tanaman dalam ruangan dipercaya dapat merubah mood penghuninyaTanaman juga dapat meningkatkan kadar oksigen dalam ruangan, menjaga kelembaban udara, meningkatkan konsentrasi dan fokus penghuninya. Agar manfaat meletakkan tanaman dalam ruangan semakin terasa, terlebih dahulu anda harus mengenali sifat setiap tanaman. Pertimbangkan antara karakteristik tanaman dengan fungsi ruangan. Anggrek misalnya, anda dapat meletakkan anggrek di ruang tidur ketika malam hari. Sifat anggrek yang meresap karbondioksida dan mengeluarkan oksigen di malam hari dapat menyegarkan ruang tidur anda sehingga tidurpun menjadi lebih nyaman. Berikut ini kami sarankan beberapa jenis tanaman yang sebaiknya anda letakkan di ruangan-ruangan rumah anda:

1. Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Ruang tamu dan ruang keluarga menjadi ruangan yang paling banyak diakses oleh penghuni rumah ataupun tamu. Bukan hal yang tidak mungkin, kondisi udara di kedua ruangan yang paling berpolusi. Tanaman yang cocok di letakkan di ruang tamu dan ruang keluarga adalah Spider Plant (Chlorophtum Comosum), Dragon Tree (Dracaena Marginata), Snake Plant (Sansevieria Trifasciata) . Ketiga tanaman ini memiliki sifat membersihkan udara dengan menyingkirkan formaldeida. Terkhusus Snake Plant, tanaman ini juga dapat mengurangi kadar nitrooksigen dalam rumah anda.  

apriliahome-5c474bc0d477b.jpg

Spider plant 

apriliahome-5c474bf148177.jpg

2. Ruang Tidur

Ingin ruang tidur menjadi lebih nyaman? Anda dapat menambahkan Gerberra Daisy di kamar tidur anda. Seperti tanaman lainya, Gerberra Daisy bersifat membersihkan udara dengam menyingkirkan benzene dan trichloroethylene. Di samping itu, tanaman ini melepaskan oksigen di malam hari. Sifat-sifat ini akan menyegarkan ruang tidur anda, sehingga tidur pun menjadi lebih nyaman.

apriliahome-5c474caa851b6.jpg


Gerberra Daisy

3. Kamar Mandi

Kamar mandi menjadi tempat favorit jamur bertumbuh karena kondisinya yang lembab. Peace Liliy (Spathiphyllum)akan membantu anda menyingkirkan jamur-jamur yang berada di udara. Peace Liliy sangat cocok jika diletakkan di kamar mandi atau tempat lembab lainnya. 

apriliahome-5c474cbf128a1.jpg

Peace Liliy


4. Ruang Kerja

Tanaman ternyata dapat meningkatkan mood, konsentrasi dan fokus. Warna hijau yang dimiliki tanaman ternyata dapat melepaskan kepenatan. Penelitian menunjukkan bahwa meletakkan tanaman di dalam ruangan dapat meningkatkan produktivitas sebesar 15%. Berbagai tanaman sesungguhnya dapat diletakkan di ruang kerja anda. Akan tetapi, jika anda mencari tanaman yang mudah dalam perawatan, lebih baik letakkan Monstera Deliciosa (Swiss Cheese Plant), Epipremnum Aureum (Golden Pothos atau Evil’s Ivy), Hedera (Ivy), Spider Plant (Chlorophytum Comosum).

apriliahome-5c474d07609f6.jpg

Monstera Deliciosa

apriliahome-5c474d23c3bf4.jpg


Epipremnum aureum

 

Sumber:

https://www.bioadvanced.com/articles/5-benefits-houseplants

https://www.nbcnews.com/better/health/indoor-plants-can-instantly-boost-your-health-happiness-ncna781806

https://www.healthline.com/health/importance-plants-home

 

 

 

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Apriliahome
Aprilia Home adalah perusahaan furniture yang berdiri sejak 3 Januari 2017 di Kota Yogyakarta. Dimana perusahaan ini menggunakan olahan limbah tidak terpakai dari Jogja Foamindo sebagai bahan utama hingga menghasilkan produk yang berkualitas. Aprilia Home merupakan sister company dari Jogja Foamindo. Limbah foam dari Jogja Foamindo yang tidak terpakai digunakan oleh Aprilia Home sebagai bahan utama (foam) untuk memproduksi berbagai macam produk seperti poufs, pillows, dan small furnitures yang diperlukan untuk hunian maupun perkantoran. Produk yang kami tawarkan memiliki kualitas tinggi dengan harga yang kompetitif. Aprilia Home merupakan perusahaan lokal yang menerapkan sistem locally produced. Aprilia Home memproduksi furniture berbahan dasar limbah foam (busa) yang diperoleh dari Jogja Foamindo. Foam yang sudah tidak terpakai tersebut kemudian melalui proses daur ulang hingga menjadi cacahan foam yang akan menjadi bahan baku utama dalam pembuatan furniture yang berkualitas tinggi. Cacahan foam tersebut tidak cepat kempis sehingga lebih nyaman digunakan karena lebih empuk, kuat, dan tahan lama dalam pemakaiannya. Tingkat keempukannya pun dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen. Demi menjaga kualitas agar selalu terjamin, proses pembuatan dan pembentukan pola dilakukan secara teliti. Selain itu, proses pencacahan foam menggunakan mesin dengan memberdayakan tenaga kerja lokal yang bertempat tinggal disekitar Aprilia Home. Sebelum dipasarkan setiap produk Aprilia Home selalu melalui quality control yang ketat untuk menjamin mutu dan kualitas produk demi kepuasan konsumen.

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter