article / Patio / PATIO: DESAIN TERSEMBUNYI DI DALAM RUMAHMU
20 September 2020 355 Views

PATIO: DESAIN TERSEMBUNYI DI DALAM RUMAHMU


Patio (Spanyol: 'patjo ) adalah taman yang terletak di tengah atau di dalam rumah. Negara yang menggunakan patio pertama kali adalah negara-negara yang iklimnya berada dalam pengaruh padang pasir besar, seperti negeri-negeri di Timur Tengah, Afrika Utara, Spanyol dan Portugal. Satu-satunya cara untuk memiliki taman di sana adalah dengan membuatnya di tengah rumah. Di lokasi itu, taman tersebut terlindung dari keringnya iklim gurun. Sebaliknya, taman itu kemudian memberikan kesegaran ke dalam rumah. Bagi rumah tinggal di tengah perkotaan yang padat, patio bagaikan sebuah oasis di tengah-tengah kesumpekan kota besar.

Copyright by Rumahhokie.com

 

Tren membudidayakan taman dalam rumah makin ke sini semakin berkembang saja, desain dan modelnya juga lucu-lucu. Jumlah rakyat Indonesia yang memiliki taman dalam rumah semakin bertambah. Keindahan dan kesegaran tampilannya menjadi salah satu faktor utama yang mendukung ketenaran indoor garden ini. Pilihan tanaman dalam ruangannya pun semakin banyak sehingga para pecinta berkebun memiliki pilihan desain dan model yang semakin bervariasi. Tanaman-tanaman tersebut datang dengan berbagai macam bentuk yang cantik, membuat taman dalam rumah terlihat lebih lucu dan segar.

Copyright by Rumah123.com

 

Efisiensi. Buatlah patio sedemikian rupa sehingga bisa dinikmati dari empat sisi dari beragam jenis ruang di sebelahnya. Hal ini sangat mendukung terciptanya suasana baru yang segar di dalam rumah kamu.

Copyright by Pinterest.com

 

Ukuran patio sebaiknya proporsional dengan lahan rumah. Patio amat sesuai bagi rumah dengan ukuran lahan kecil (<200 m²) hingga sedang (antara 200 dan 400 m²). Ukuran patio tentu harus proporsional dengan luas lahan. Namun, sebaiknya ukurannya tidak kurang dari 3x4 m². Lebih kecil dari itu perancangannya harus lebih cermat agar sinar matahari dan angin untuk sebuah taman tetap bisa leluasa jatuh dan masuk. Untuk lahan ukuran besar, patio menjadi sedemikian besar sehingga disebut sebagai halaman dalam (inner courtyard). Proporsinya tentu akan berbeda.

Copyright by Pinterest.com

 

Patio berukuran kecil (3x4 m²) sebaiknya diberi perkerasan penuh. Tanaman ditempatkan di pot-pot agar lebih mudah penataannya dan pertumbuhannya. Biasanya juga memanfaatkan air terjun, kolam kecil dan tanaman merambat.

Copyright by Pinterest.com

 

Bagaimana dengan ide menarik tentang patio diatas, pastinya bisa membuatmu semakin banyak memiliki referensi desain untuk calon rumah impian mu!


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
M. Choirul Maruf
Content writer, art enthusiast, loves to write to heal und liebe alles über Deutschland

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter