article / Home Decor / Rumah Ramah Lingkungan Ini Berdinding Tumpukan Koran Bekas
14 April 2020 482 Views

Rumah Ramah Lingkungan Ini Berdinding Tumpukan Koran Bekas


Bila Anda berkesempatan berkunjung ke Massachusetts, Amerika Serikat, luangkan waktu untuk datang ke Pigeon Hill Street. Di jalan ini, Anda akan menemukan bangunan yang terbuat dari koran. Dari namanya saja bangunan ini sudah dinamakan “Paper House“ Selintas, bangunan yang mirip rumah ini tak jauh berbeda dengan bangunan yang ada di sekitarnya. Tetapi jika diperhatikan dengan seksama, tumpukan koran diatur sedemikian rupa menjadi sebuah rumah.

Paper House, Massachusetts, Amerika Serikat. By Flickr

Rumah kertas ini dibangun pada 1922 ketika seorang insinyur mekanik, Elis Stenman, mulai membangun rumah musim panas kecil di kawasan tersebut. Pembangunannya pun sama seperti rumah lainnya. Dihiasi dengan bingkai kayu, atap, lantai yang sama pada umumnya, yang membedakan justru terletak di dinding. Stenman memiliki ide gila ketika mengonsep koran bekas ditumpuk dan direkatkan hingga satu inci tebalnya. Kemudian ia memberikan lapisan pernis sehingga terlihat mengkilap.

Paper House, Massachusetts, Amerika Serikat. By Flickr

Tak hanya dinding yang dibuat dari tumpukan koran dan kertas bekas, Stenman juga membuat kursi, meja, rak buku bahkan tirai, dan jam dinding. Hanya piano yang terbuat dari kayu meski tetap dilapisi dengan kertas sobekan majalah untuk membuatnya menjadi unik. Tidak ada yang tahu pasti apa motivasi Stenman membuat rumah dari kertas koran bekas tersebut, yang jelas bangunan ini jadi ide yang sangat baik untuk menggunakan bahan ramah lingkungan yang ada. Dalam waktu dua tahun, Stenman berhasil menyelesaikan rumah tersebut dan menghuninya hingga tahun 1930.

Paper House, Massachusetts, Amerika Serikat. By Flickr

Setelah hampir sembilan puluh tahun, lapisan atas dinding perlahan mulai mengelupas. Menampilkan tulisan di masa lalu yang membuat pengunjung merasa senang untuk membacanya. Setelah kematian Stenman di tahun 1942, rumah itu menjadi museum sampai saat ini.

Paper House, Massachusetts, Amerika Serikat. By Flickr

Anak cucu Stenman berspekulasi kalau dia mencoba teknik daur ulang untuk mengakali kesulitan ekonomi di zaman depresi. Bahkan lem yang dia gunakan terbuat dari campuran tepung, air, dan apel.

Paper House, Massachusetts, Amerika Serikat. By Flickr

Keseluruhan rumah, termasuk furnitur yang juga dibuat dari kertas dia selesaikan selama dua puluh tahun. Untuk melakukannya, Stenman telah menghabiskan lebih dari 100.000 eksemplar surat kabar. Rumah ini masih berdiri tegak puluhan tahun setelah dibangun. Lapisan pernisnya sudah memudar, membuat lembaran koran di bawahnya terkelupas. Tetapi justru itu yang menjadikan Paper House menarik. Sebab kita jadi bisa membaca iklan-iklan vintage, hiburan tersendiri bagi para pengunjung Paper House.

Ini adalah salah satu ide yang sangat bagus untuk mendaur ulang tumpukan koran bekas yang menumpuk bertahun-tahun di rumah anda, bagaimana apakah anda tertarik membuat hal yang sama pada rumah Anda?


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
M. Choirul Maruf
Content writer, art enthusiast, loves to write to heal und liebe alles über Deutschland

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter