article / Decoration / Tips Aplikasi Kayu Sebagai Dekorasi Rumah Yang Unik
05 April 2019 3K Views

Tips Aplikasi Kayu Sebagai Dekorasi Rumah Yang Unik


Kayu merupakan salah satu material yang umum dijumpai untuk dekorasi hunian. Pengaplikasian kayu pada rumah mampu membuat suasana hunian jadi terasa lebih hangat dan nyaman. Kayu dapat digunakan untuk pondasi bangunan ataupun sebagai aksen dekorasi. Untuk aksen dekorasi, kayu banyak dimanfaatkan sebagai pilihan furniture dan pajangan di rumah.

sumber foto

Dekorasi berupa kayu cocok diaplikasikan untuk gaya rumah apapun, mulai dari gaya scandinavia, rustic,  industrial, shabby chic, hingga konsep natural. Untuk itu, tak sulit bagi anda menempatkan dekorasi kayu untuk mempercantik hunian. Nah, berikut tips mengaplikasikan elemen kayu sebagai dekorasi di rumah.

Tonjolkan guratan kayu

sumber foto

Kayu akan terlihat makin indah jika menonjolkan guratannya. Anda bisa memilih hiasan kayu yang belum diplitur sehingga guratannya masih terasa. Tak dapat dipungkiri, menggunakan hiasan kayu dengan tonjolan guratannya membuat tampilan rumah lebih sederhana, minimalis, dan  segar. Sangat cocok untuk hunian bernuansa tropical.

Permainan warna kayu

sumber foto

Seperti kita ketahui, kayu memiliki turunan warna yang berbeda-beda, yaitu warna cerah dan warna gelap. Kayu jati misalnya, memunculkan warna yang gelap. Sementara kayu pinus, warnanya lebih terang. Nggak ada salahnya anda memadukan kedua warna berbeda ini dalam satu ruang. Ini akan menambah nilai estetika ruang anda. Apalagi, jika anda menemukan hiasan kayu yang menampilkan dua warna berbeda sekaligus, pasti hasilnya lebih ciamik!

Desain kayu yang unik

sumber foto

Untuk dekorasi hunian, kayu adalah pilihan yang tepat! Kini, banyak desain kayu yang dibuat beragam dan unik. Anda bisa lihat di Furnibel.com yang menjual perabot dan dekorasi berupa kayu dengan bentuknya yang unik. Mulai dari gantungan pakaian berbentuk kemeja, lampu meja, standing pot, hingga perabot lainnya.

Dekorasi kayu yang fungsional

sumber foto

Meskipun material kayu digunakan sebagai pajangan rumah, ada baiknya anda memilih pajangan yang fungsional. Misalnya, cermin dengan hiasan kayu pada bingkainya. Yang membuat unik, cermin ini memiliki tiga turunan warna kayu berbeda dan susunannya yang acak. Anda dapat menempatkan hiasan cermin ini di ruang keluarga ataupun kamar tidur. Selain menambah kesan estetik, mengaplikasikan cermin akan membuat ruang di rumah jadi lebih luas.

Bentuk kayu abstrak

sumber foto

Sebagai dekorasi, desain yang unik akan memberi nilai tambah tersendiri untuk sebuah ruangan. Anda bisa memilih bentuk kayu yang abstrak untuk digunakan sebagai pajangan rumah yang eksentrik. Hiasan kayu abstrak ini bisa anda letakkan di area indoor seperti ruang keluarga, kamar, atau ruang makan. Namun, nggak ada salahnya jika hiasan ini ditempatkan di area outdoor seperti teras atau dekat kolam. Dijamin, nuansa alami akan makin terasa!

Kombinasi dengan warna kontras

sumber foto

Normalnya, kayu memiliki warna dasar cokelat. Tapi, ada pula hiasan kayu yang memiliki kombinasi warna lain sehingga memunculkan keindahan. Pada gambar berikut, hiasan kayu berupa balok-balok yang disusun secara asimetri terdiri dari warna-warna alam seperti cokelat, jingga, hingga hijau, dengan perpaduannya yang apik. Hiasan ini bisa anda letakkan di kamar, tepat di atas headboard untuk menjadikannya sebagai focal point pada ruangan.

sumber foto

Selain mengkombinasikan warna-warna alam yang tampak indah, ada juga hiasan kayu lain yang memadukan dengan warna kontras lain seperti biru. Perpaduan warna cokelat dan biru ini tampak begitu apik, bukan? Ditambah dengan pola berbentuk balok panjang yang menonjol, menjadikannya sebuah hiasan dinding yang apik dan estetis.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter