article / Staircase / 15 Tangga Spiral yang Dramatis dan Menakjubkan di Beberapa Negara
06 Desember 2020 6K Views

15 Tangga Spiral yang Dramatis dan Menakjubkan di Beberapa Negara

Tangga spiral memang memiliki bentuk yang indah dan mengangumkan. Bentuk melingkarnya yang elegan memberikan keunikan tersendiri dalam bangunan. Meski diperkenalkan terlambat di zaman arsitektur karena strukturnya yang rumit, bentukan tangga ini sudah mengambil tempat di Arsitektur Roman. Selain menghemat ruangan, bentuknya yang indah menambah estetika.

Pada zaman sekarang tangga spiral sendiri menarik perhatian para fotografer dan juga pembuat film. Sering kita lihat mereka mulai menampilkan foto dan gambar tangga spiral yang dipotret dari atas. Berikut ini foto dan desain tangga spiral dari berbagai belahan dunia yang menakjubkan.

Garvan Institute, Sydney, Australia

http://www.impactlab.net

Tangga spiral yang berada di Australia ini mencukupi 5 lantai dari atas hingga ke bawah bangunan. Keindahannya berhasil tertangkap oleh fotografer Kudos yang memperlihatkan ketajaman dan keluwesan desainnya.

VivoCity Mall, Singapura

https://www.flickr.com

Desain satu ini merupakan hasil karya arsitektur terkenal Jepang, Toyo Ito. Tangga ini adalah karya pertama beliau di luar Jepang. Bentukannya merefleksikan konsep dari mallnya yaitu pergerakan air. Bentukan tangga yang bergelombang berhasil menghubungkan manusia dengan air.

Tulip Staircase in Queen House, UK

http://www.trekearth.com

Tangga yang diberi nama Tulip Stairs ini berada di bekas Istana Ratu Inggris yang sekarang dijadikan museum. Bisa diliat pada pegangan tangga yang didesain membentuk bunga tulip. Tangga ini merupakan tangga spiral pertama yang tidak memiliki konstruksi penyokong dibawahnya. Tangga ini diperkuat dengan kombunasi kantilver dari dinding yang setiap tapaknya bertumpu pada konstruksi tapak lain di bawahnya.

The Municipal Administration Building, Germany

https://www.flickr.com

Gedung perkantoran pun memiliki tangga spiral yang menakjubkan. Dengan bentuk dasar setengah lingkaran, tangga ini memberikan kesan berbeda dari tangga melingkar lainnya.

Dover Western Heights, Britain


https://www.flickr.com

Tangga dengan tiga shaft ini dibangun tahun 1809 di salah satu benteng yang menakjubkan di Inggris. Desain ini membuktikan bahwa tidak hanya anak tangganya saja yang dapat memberikan keunikan pada bangunan, namun juga bagian luarnya menunjukkan penampilan yang indah. Beautiful inside and outside.

Global Accounting Firm KPMG Building, Munich

https://www.flickr.com

Terletak di halaman gedung, tangga ini memiliki bentuk yang arstistik. Didesain oleh Olafur Eliasson dan diberi nama Umschreibung yang berarti menulis ulang. Konstruksi tangga ini sendiri selesai pada tahun 2004.

Living Spiral Staircase in Ampersand, London

http://www.paulcocksedgestudio.com

Material kayu dengan tanaman yang tumbuh di pinggiran pegangan tangga ini berada di tengah bangunan. Memiliki tinggi sekitar 12,5 meter yang menyajikan bentuk dinamis menghubungkan empat lantai dalam bangunan di atrium yang bergelombang. Paul sang desainer menghilangkan konstruksi penguat di tengah tangga dan menggantikannya dengan area bersantai seperti area membaca, bersantai, dan mencari inspirasi.


Vatican Museum, Italy

https://500px.com

Tangga di museum vatikan ini merupakan salah satu obyek foto yang paling sering dipotret dan terkenal. Didesain oleh Giuseppe Momo tahun 1932 dengan anak tangga yang lebar. Tangga spiral ini sebenarnya terdiri dari dua tangga spiral yang berbeda yaitu tangga naik dan tangga turun yang kemudian di putar bersamaan menjadi bentukan helix ganda.

Dresden University, Germany

https://500px.com

Tangga putih dengan kolom bulatnya yang berwarna oranye ini terletak di salah satu perguruan tinggi Dresden. Adanya bordes pada tangga membuat penampakan tangga dari bawah menjadi tidak mulus, akan tetapi sangat memukau dengan skylight di ujung atapnya.

Cottbus University Library, Germany


https://500px.com

Didesain dalam bangunan perpustakaan, tangga yang megah ini memiliki diameter 6 meter yang memotong seluruh struktur dan tersambung ke seluruh lantai. Tangga yang berdiri sendiri dalam bangunan ini menjadi objek utama dalam bangunan. Anak tangga yang lebar memungkinkan orang untuk berhenti sebentar dan berbincang dengan orang lain tanpa menganggu orang yang sedang lewat.

Castle Hartenfels in Torgau, Germany

https://www.flickr.com

Tangga yang berada di Istana Hartenfels, Torgua ini benar-benar memukau. Tangga ini memiliki sebutan lain yaitu The Grosse Wendelstein yang berarti Impossible staircase. Tangga utama ini terdiri dari material batu tanpa konstruksi kolom penyangga di tengahnya. Gerbang menuju tangga ini juga cantik dan dihias dengan ornamen yang diukir menceritakan tentang sejarah Saxony dan reformasi.

Sagrada Familia, Spain

 

https://500px.com

Sagrada Familia adalah sebuah gereja di Spanyol. Tangga yang berada di dalam gereja ini terbilang cukup berbahaya tapi juga menarik. Tidak terdapat balustrade atau pegangan pada setiap anak tangga untuk menuntun, hanya bersandar pad dinding saja dan ukuran tangga yang tidak lebar. Akan tetapi tangga dari batu ini memang cukup mengesankan dan mengerikan.

Chinese Garden Pagoda, Singapore

https://500px.com

https://www.flickr.com

Kedua gambar tersebut adalah foto tangga yang sama namun diambil dari sisi yang berbeda. Pada foto yang diatas, tangga diambil dari bawah sedangkan foto tangga dengan garis kuning di ambil dari atas. Tangga spiral ini membuktikan bahwa tangga ini benar-benar indah baik dari perspektif manapun. Warna kuning di setiap anak tangga benar-benar menjadi point of interest pada tangga.

Eckmuhl Lighthouse, France

https://1x.com

Eckmuhl Lighthouse merupakan salah satu mercusuar tertinggi di dunia dengan tinggi 65 meter. Tower ini sendiri terbuka untuk publik sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan baik di dalam bangunan maupun pemandangan luar yang diliat dari atas tower. Tangganya terdiri dari 301 anak tangga dengan 227 anak tangga bermaterial batu dan diikuti anak tangga besi di bagian menuju puncaknya.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter