article / Garden / 6 JENIS TANAMAN YANG COCOK UNTUK MENGHIASI HALAMAN RUMAH
05 Agustus 2021 2K Views

6 JENIS TANAMAN YANG COCOK UNTUK MENGHIASI HALAMAN RUMAH


Menanam tanaman hias outdoor tidak hanya berfungsi untuk mempercantik halaman saja. Lebih dari itu, kehadirannya di pekarangan bisa membuat nuansa rumah lebih segar, cerah, dan indah. Apalagi jika tanaman hias outdoor tersebut terdiri dari beraneka jenis, tentunya semakin membuat taman indah dengan bunga aneka warna yang memesona. Ada banyak sekali jenis tanaman hias outdoor yang bisa kamu pilih dan dapat disesuaikan dengan selera dan konsep desain taman yang kamu miliki.

elrajab.com

Jenis tanaman hias outdoor ini juga sangat cocok ditanam di wilayah tropis karena tahan terhadap cuaca panas. Pohon cemara memang memiliki sekitar 70 jenis yang terdiri dari tanaman berukuran besar hingga kecil. Ada banyak sekali jenis pohon cemara yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran tamanmu. Di antara jenisnya yang terkenal adalah cemara natal, cemara udang, cemara kipas, dan cemara Inoki.

2. POHON MANGGA

Odysseyonline.com

Pohon mangga mungkin adalah salah satu jenis tanaman halaman rumah yang paling digemari masyarakat Indonesia. Banyak sekali yang sudah berhasil membudidayakan pohon mangga hingga sukses dan berbuah manis.

Dimulai dari bibit buah  mangga dan media berupa pot besar atau gundukan tanah yang memadai, pohon mangga bisa memberikan estetika tersendiri untuk halaman rumah. Batang pohonnya terlihat kokoh dan daunnya juga tumbuh rimbun di kala subur. Bukan hanya pemandangan taman yang asri yang kamu dapat, tetapi juga buah mangga yang manis.

3. BAMBU HIAS

Pinterest.com

Jenis tanaman hias outdoor ini telah banyak ditanam orang karena terkenal sebagai tanaman pembawa keberuntungan. Berbeda dengan jenis bambu biasa, bambu hias memiliki ukuran batang lebih kecil dan lebih pendek. Oleh karena itu tanaman ini hanya dapat tumbuh maksimal hingga tinggi 3 meter saja. Banyak juga yang memanfaatkan bambu hias sebagai penahan angin dan tanaman pengurang polusi suara.

4. Pohon Kamboja

Pinterest.com

Ingin punya halaman rumah dengan sentuhan khas Bali yang kental? Coba tanam saja pohon Kamboja di halaman rumahmu, tamanmu akan dipercantik oleh warna-warni pohon Kamboja yang cantik. Pohon Kamboja merupakan pelengkap yang paling pas bagi gaya arsitektur tradisional. Hal tersebut karena salah satu gaya arsitektur terpopuler itu cenderung dipasangkan dengan dekor atau hiasan tropis. Dan kebetulan, hal itulah yang ditawarkan oleh pohon Kamboja, apalagi kalau tingginya sudah mencapai lima meter.

5. POHON PINUS

Pinterest.com

Nah, Selanjutnya ini ada si kokoh yang bikin halaman rumah anda akan terasa adem dan ridang. Untuk menanam pohon pinus ini anda harus mempunyai halaman yang cukup luas ya dikarenakan bentuk pohon ini juga kokoh dan besar.  Untuk kalian yang tinggal di kota dengan suhu udara agak dingin, cocok banget jika menanam halaman rumah dengan pohon pinus. Bentuk batang dan daun pinus memang punya ciri khas yang mengingatkan kita pada ademnya hutan hijau. Daya tarik pohon pinus juga bisa hadir sebagai hiasan halaman rumah juga tidak membutuhkan banyak perawatan, cukup dirapikan secara berkala saja. Pinus Merkus merupakan jenis pohon pinus yang kerap dijumpai di halaman rumah. Kalau kamu menanam pohon pinus, jangan lupa tambahkan kursi malas di bawahnya untuk bersantai, ya!

6. TANAMAN KAKTUS

Casaindonesia.com

Siapa sih yang tidak kenal kaktus? Tanaman yang terkenal sebagai tanaman gurun ini memang cocok ditanam di wilayah Indonesia yang tropis. Tanaman berduri ini sebetulnya cocok juga dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki banyak jenisnya. Beberapa jenis kaktus yang terkenal di antaranya kaktus centong, kaktus panda, dan kaktus anggur.

6 Pohon diatas apakah sudah cukup menginspirasi untuk halaman rumah anda? Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan konsep dan budget anda ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

 

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter