article / Exterior / Antimainstream dan Satu-Satunya di Dunia, Begini Uniknya Pagar Rumah yang Dimiliki Seorang Arsitek di Turki
04 Januari 2020 44K Views

Antimainstream dan Satu-Satunya di Dunia, Begini Uniknya Pagar Rumah yang Dimiliki Seorang Arsitek di Turki


Pagar adalah bagian dari rumah yang berfungsi sebagai pelindung sekaligus pembatas. Pagar biasanya terletak di depan halaman dan mengelilingi bangunan rumah. Material pembentuk pagar rumah bermacam-macam, salah satunya adalah material kaca.

idea.grid.id

Penggunaan kaca sebagai material pembentuk pagar cukup sering dipilih jika pemilik rumah menyukai keterbukaan dan ingin menonjolkan sisi keindahan halaman atau bangunan rumahnya. Pasalnya pagar yang terbuat dari kaca biasanya berbentuk persegi panjang dan transparan.

Nah, jika bosan dengan bentuk pagar kaca yang itu-itu saja, kamu mungkin bisa terinspirasi desain pagar kaca sebuah rumah villa di Turki ini. Jika dilihat dari jauh desainnya memang seperti pagar kaca persegi panjang biasanya, namun saat kamu dekati, maka kamu akan terkejut dengan detailnya. Pagar kaca ini ternyata bukan pagar biasa tapi sekaligus sebagai Akuarium yang berisi banyak ikan!

Inilah gagasan seorang jutawan dan insinyur topografi bernama Mehmet Ali Gökçeoglu saat membeli villa mewahnya di Çesme, Turki.  Pemandangan dari villa milik Mehmet Ali Gökçeoglu  ini pun menyejukkan karena langsung menghadap ke Laut Aegea yang memang dekat dengan kota Çesme.

Namun Mehmet Ali Gökçeoglu merasa kurang puas karena tidak dapat melihat lautan dari setiap lantai. Ia lalu mengganti pagar villanya yang terbuat dari kayu dan besi dengan kotak kaca yang panjang sejajar dan tebal. Ide ini berlanjut dengan menambahkan air dan banyak ikan kedalamnya. Akhirnya pagar villa tersebut menjadi sebuah akuarium! Indah ya!

Kaca yang digunakan untuk pembuatan pagar akuarium ini adalah kaca jenis laminated tempered glass yang kuat dan tahan goncangan. Sedangkan untuk sambungan antar kaca, Mehmet Ali Gökçeoglu tidak menggunakan stainless steel namun menggunakan kaca. Kaca-kaca yang disambung ini menghasilkan akuarium sepanjang 50 meter.

Penggunaan stainless steel digunakan sebagai panel dan border yang dipasang diatas akuarium. Penambahan panel ini menambah kesan modern pada akuarium. Mehmet Ali Gökçeoglu juga memasang penutup yang berbahan stainless steel diantara panel-panel tersebut agar akuarium aman.

Keindahan pagar akuarium ini mungkin terlihat simpel untuk dibangun karena struktur transparan adalah bagian yang cukup mudah dibuat dalam proyek. Namun bagian yang tersulit sebenarnya adalah bagaimana menjaga ekosistem akuarium tersebut. Mehmet Ali Gökçeoglu rupanya tidak main-main dengan desainnya ini. Alih-alih menggunakan air tanah untuk akuariumnya, ia malah memilih untuk menggunakan air laut. Caranya adalah dengan menghubungkan pagar akuariumnya itu ke Laut Aegea melalui pipa sepanjang 400 meter yang dikuburkan. Hal ini dilakukannya agar air dapat diubah terus menerus dan terlihat bersih. Kesehatan penghuni akuarium itu pun dapat terjaga. 

Image result for Bal?kl? Kö?k'ün

Ada beberapa jenis hewan laut yang ada dalam pagar akuarium seperti ikan Bass, Mullets, Belut dan Gurita. Totalnya mencapai ribuan hewan laut yang menghuni akuarium itu. Rupanya untuk mendapatkan hewan-hewan itu, Mehmet Ali Gökçeoglu menyewa tim penyelam swasta untuk melakukan tugas pengisian akuarium. Ia rela membayar sekitar 40.000 Lira Turki untuk memenuhi impiannya tersebut. 

Di dalam akuarium juga dipasangi sekat-sekat besi berjaring sebagai pemisah antara jenis hewan satu dengan lainnya. Misalnya sekat pemisah antara Gurita dengan ikan Bass berikut ini. Hal ini penting dilakukan agar hewan jenis satu dengan lainnya tidak saling mengancam.

Pada waktu malam, villa ini terlihat sangat indah dengan puluhan lampu yang menjadi penerangan. Demikian pula dengan pagar akuarium, Mehmet Ali Gökçeoglu memasang lampu LED warna-warni untuk mempercantiknya. Pagar akurium yang fenomenal ini telah menjadi wisata yang menarik bagi pengunjung dari dalam maupun luar negeri lho! Sudah ribuan pengunjung yang datang untuk melihat pagar unik ini.

Nah bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mendesain pagar kaca di rumahmu menjadi akuarium seperti yang dilakukan Mehmet Ali Gökçeoglu? Jika ya, simak video berikut ini.

Sumber foto dan artikel: facebook | foursquare | coolweirdo


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Ruth Jovita Amelinda
Coding | Cooking | Composing | Creative | Courageous |

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter