article / Exterior / Simetris Itu Cantik: Berbagai Desain Fasad Rumah yang Memiliki Bentukan Simetris dan Selaras dengan Lingkungannya
02 November 2019 5K Views

Simetris Itu Cantik: Berbagai Desain Fasad Rumah yang Memiliki Bentukan Simetris dan Selaras dengan Lingkungannya

Untuk kamu yang menyukai hal-hal yang tepat pada tempatnya ataupun kesesuaian desain, mungkin desain eksterior berbagaai rumah ini bisa memanjakan matamu. Beberapa orang menyukai desain yang memiliki keserasian antara desain sebelah kiri dan kanannya. Hal ini biasa disebut desain yang simetris. Beberapa orang menyukai desain yang pas dan terlihat di mata mereka meski beberapa menyukai hal yang bertolak belakang. Berikut beberapa rumah dengan desain simetris pada eksteriornya.

sumber

Rumah yang dilingkupi warna hitam dan menghadap ke arah sungai dan dibelakangnya merupakan perbukitan hijau memperlihatkan desain eksterior yang cukup memuaskan pada fasad depannya. Baik jendela maupun ventilasi pada rumah terasa seimbang dan selaras. Warna hitam dipadukan dengan lampu kuningnya memberikan kesan elegan pada rumah.

sumber

Kesan simetris sering sekali muncul di berbagai rumah Eropa yang menggunakan pilar sebagai kolom rumahnya. Adanya loteng dan jendela yang diberikan frame grid memiliki ukuran dan bentuk yang sama. Pada rumah simetris akan ditemui pintu masuk yang terletak di bagian tengah massa seperti pada gambar. Dilengkapi dengan tangga dari batu bata yang didesain simetris antara sisi kiri dan kanannya.


sumber

Desain pintu dan teras yang tinggi memberikan kesan megah dan mewah. Massa bangunan yang berada di tengah dimajukan sehingga tidak terasa monoton. Adapun tekstur dinding eksterior dengan dinding bagian dalamnya yang berbeda. Perpaduan material kasar dinding dengan kayu, serta frame hitam jendela menjadikan rumah lebih berwarna.

sumber

Rumah karya Lori Smith ini tidak hanya berfokus pada bentuk bangunan yang simetris. Namun juga garis simetris bangunan ditarik hingga ke bagian taman dan juga pot serta tanamannya. Dari pintu hingga ditarik jalan setapak berkerikil. Rumah megah ini menunjukkan keelokan eksteriornya dengan massa bangunan simetris dan pola jendela yang serupa.


sumber

Rumah yang dibangun di Georgetown ini memiliki bentukan yang cukup sederhana. Meski fasadnya tidak simetris sempurna, namun bangunan 4 lantai ini menjadi salah satu rumah yang didesain cantik di kota itu. Style kontemporer pun terlihat pada rumah ini. Berbagai bentukan frame jendela menambahkan keunikan pada rumah sehingga tidak terasa flat.

sumber


Balutan serba putih memang menyegarkan dan cocok dengan rumah di sekitaran pantai. Keeleganan dari warna putih bersih dan bentukan massa lantai duanya yang diekstrude ke depan menunjukkan bentukan rumah yang lebih beragam. Memiliki pola dan juga keberagaman pada dinding luar bangunan yang terlihat pada garis horizontal di dinding lantai dasar dan tidak dimiliki oleh dinding luar massa bangunan di atasnya.

sumber

Jika sebelumnya selalu melihat bentukan rumah bergaya tradisional Western, rumah ini memperlihatkan sisi modern dengan teras depan dan struktur pilar yang besar. Bentukan kokoh pada rumah ini terlihat apik dilihat dari berbagai sisi. Kesimetrisan menambahkan kesan megah dan seimbang di rumah yang cantik ini. Tidak hanya eksteriornya saja, namun desain pavingnya yang mengikuti lengkungan tangga dan teras menambah keserasian rumah dengan lingkungannya.

 

sumber

Rumah bergaya tradisional di Boston ini memiliki ruang terbuka yang luas. Kesederhanaan lanskapnya berbanding terbalik dengan fasad rumah yang cukup ramai. Tentunya hal ini memberikan keselarasan dan merupakan pilihan yang tepat agar fasad rumah lebih menonjol.

sumber

Jika sebelumnya desain memperlihatkan rumah bergaya tradisional dengan atap miringnya, berbeda dengan desain yang satu ini. Mengikuti perkembangan zaman, desain kontemporer satu ini menyajikan rumah dengan bentukan kubus yang tentunya simetris. Ditambah dengan atap datar dan penggunaan material yang menunjukkan sisi modernnya.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter