article / Garden / BIKIN KEBUN SAYUR MINI DIRUMAH, YUK INTIP INSPIRASINYA!
02 September 2021 812 Views

BIKIN KEBUN SAYUR MINI DIRUMAH, YUK INTIP INSPIRASINYA!

Menanam sayuran di kebun sangat menyenangkan, apalagi jika kebunnya di pekarangan rumah. Disamping menyehatkan, Anda tidak perlu mengeluarkan uang belanja untuk membeli sayuran di pasar. Banyak jenis-jenis tanaman sayur yang bisa Anda tanam sendiri di pekarangan atau belakang rumah. Beberapa tanaman sayur yang bisa untuk berkebun skala rumahan adalah paprika, daun bawang, kangkung, kacang polong, cabai, dan lobak. Kegiatan berkebun belakangan ini menjadi salah satu hobi yang diminati, terutama untuk mengusir rasa bosan di rumah selama pandemi Covid 19. Ada banyak panduan cara berkebun di halaman rumah di internet. Meski luas pekarangan cukup sempit, dengan penataan yang kreatif Anda bisa menanam banyak sayuran. Yuk kita simak beberapa ide kebun belakang rumah berikut ini :

1. Kebun Rumah Ala Hidroponik

pinterest.com

Jika kamu memiliki ruang yang terbatas, tanaman hidroponik dapat menjadi alternatifnya. Kamu cukup menyediakan pipa atau botol bekas sebagai media tanam. Beberapa pipa yang berukuran cukup panjang tersebut dapat kamu susun secara vertikal, sehingga tidak memakan banyak ruang di halaman. Cara ini memang paling cocok dan pas bagi anda yang tidak memiliki lahan cukup luas untuk membuat kebun sayur dibelakang rumah. Karena sistem hidroponik juga sangat mudah perawatannya dan bisa dipelajari dengan cepat lho. Selama ini yang kita tahu untuk menanam sayuran dibutuhkan tanah sebagai medianya. Namun dengan kehadiran sistem hidroponik, kamu bisa menyingkirkan tanah. Pada dasarnya sistem hidroponik ini mengandalkan air, oksigen, dan nutrisi untuk pertumbuhan tanaman. Menurut penelitian, kadar air yang digunakan pada sistem hidroponik ini lebih sedikit dibandingkan bercocok tanam menggunakan media tanah.

2. Kebun sayur mini multifungsi

Pinterest.com

Satu lagi nih ide kebun sayur untuk kamu yang menghadapi keterbatasan lahan. Kamu bisa membuatkan sebuah kotak khusus dari kayu untuk menanam sayuran dengan bagian bawah yang kosong. Bagian bawah ini bisa kamu manfaatkan sebagai tempat penyimpanan alat-alat kebersihan atau bahkan tempat tidur untuk binatang kesayanganmu! Pokoknya, jangan biarkan ada ruang yang tidak terpakai begitu saja. Manfaatkan ruangan sebaik mungkin yah 

3. Kebun Sayur dengan Pot Gantung

pinterest.com

Metode satu ini juga sebagai solusi untuk kamu yang hanya memiliki sedikit lahan di pekarangan rumah. Caranya, siapkanlah papan kayu berbentuk persegi panjang. Papan tersebut digunakan untuk menggantung sejumlah pot. Alternatif lainnya, pot bisa kamu gantung menggunakan tali yang terikat ke atap rumah. Dengan begitu, kamu tidak memerlukan lahan yang luas sebagai area berkebun. Selain hemat lahan, metode ini juga sangat praktir lho, ditambah lagi jika anda dapat mempraktekkan dan merawat dengan baik pasti akan menambah keindahan di rumah anda. Kebun mini satu ini juga bisa anda pindah-pindah ke beberapa tempat yang anda inginkan. Misal anda ingin jemur ke tempat yang lebih terik, atau hanya sekedar ingin anda bawa masuk ke dalam ruangan juga bisa.

4. Kebun Sayur Konsep Terasering

pinterest.com

Terasering biasanya ditemukan pada kawasan pegunungan. Salah satu fungsi dari terasering adalah mencegah tanah longsor. Namun pada inspirasi kebun sayur yang berikut ini, terasering bisa menjadi elemen dekoratif. Modelnya yang bertingkat ini bisa jadi pemandangan menarik.

Untuk membedakan area tingkatan, kamu bisa memberikan pembatas berupa pagar kayu atau bebatuan. Lalu kelompokkan juga tanaman sayuran berdasarkan warna. Ketika mulai tumbuh subur, kebun sayur ini dijamin akan semakin cantik!

5. Kebun Sayur Mini dalam Pot Besar

homedit.com

Untuk tanaman bumbu dapur yang berukuran kecil, mungkin kamu akan kesulitan untuk merawatnya setiap hari jika dipisah dalam beberapa pot. Sebagai gantinya, cobalah kamu menggunakan sebuah pot besar kemudian tanam bumbu dapur tersebut bersebelahan satu sama lain.

Saat hendak menyiramnya, kamu cukup melakukan sekali saja. Jangan sampai cara merawat tanaman kamu salah, supaya mereka tetap hidup. Nah agar tidak keliru saat hendak memetik dan menggunakannya, kamu bisa menggunakan papan nama kecil yang ditancapkan di dekat masing-masing tanaman. Bagaikan kebun sayur mini, ya.

6. Kebun Sayur Penghias ruangan

pinterest.com

Tamanan penghias ruangan tidak selalu harus berupa bunga warna-warni, bukan? Tanaman hijau seperti bumbu dapur juga bisa jadi penghias sudut ruangan loh. Misalnya daun mint atau basil. Ruangan akan terlihat lebih segar sekaligus memiliki wangi yang menyegarkan.

Letakkan pot-pot kecil berisi tanaman bumbu dapur di dekat jendela dapur. Agar lebih cantik, kamu bisa memberi tatakan berupa potongan kayu. Jadilah sebuah kebun sayur mini sekaligus penghias ruangan!

Setelah melihat inspirasi tadi, apakah berkenan untuk membuat kebun sayur mini dirumah? Jangan lupa untuk memastikan menyesuaikan budget dan karakter rumah anda ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba :)

 




 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter