article / Entry / Cantik dan Inspiratif, Berbagai Desain Foyer Sederhana yang Mudah Diterapkan Sebagai Lobi Pada Rumah Kesayangan Anda
23 Agustus 2018 5K Views

Cantik dan Inspiratif, Berbagai Desain Foyer Sederhana yang Mudah Diterapkan Sebagai Lobi Pada Rumah Kesayangan Anda

Saat memasuki rumah yang berukuran standar, tentunya pendesainan sebuah foyer atau lobi pada bagian depan rumah tidak terlalu terpikirkan. Tidak adanya mudroom atau dudukan di area depan ini terkadang menjadikan pengunjung terasa langsung masuk ke bagian dalam rumah. Adapun berbagai cara untuk mendekorasi bagian depan rumah, agar terasa memiliki area lobi. Berikut beberapa ide desain yang dapat Anda terapkan.

 

sumber foto

Bangku dan Tanaman Hias

Adanya bangku yang nyaman pada bagian depan tentunya memberikan area ruang tunggu bagi mereka yang baru saja memasuki rumah. Tidak lupa pula karpet untuk menerima tamu sehingga kesan disambut pun dapat terasa. Tanaman hias memberikan warna alami di dalam ruang depan. Lampu hias yang memberikan keunikan di kedua sisi ruangan tampak menyatu dengan warna putih dindingnya. Tak lupa pula tambahkan hiasan dinding sehingga tidak terasa kosong.

 

sumber foto

Gantungan dan Bangku Sederhana

Berbeda dari desain sebelumnya, desain ruang depan kali ini dihiasi dengan gantungan yang tertempel di dinding. Hal tersebut digunakan agar tamu ataupun pemilik hunian dapat meletakkan jas ataupun jaketnya di bagian depan rumah. Bangku itu pun juga menjadi tempat duduk yang nyaman untuk memasang sepatu saat akan berpergian.

 

sumber foto

Cermin di Balik Pintu


Cara yang satu ini tentunya tidak memakan tempat banyak di dalam area depan. Dengan meletakkan cermin di balik pintu beserta hiasan dan juga aneka keperluaan saat akan keluar, memudahkan penghuni mengambil barangnya. Selain itu, sebelum pergi Anda juga dapat memastikan sudah tampil sempurna yang terlihat dari pantulan cermin. Ruang belakang pintu tidak memakan banyak tempat sehingga ruang depan akan tetap terasa luas.

 

sumber foto

Hiasan Dinding

Memasuki rumah, kemudian disajikan dengan dinding penuh dengan pajangan tentunya terasa unik. Pengunjung tidak akan bosan selagi menunggu penghuni sambil melihat gambar atau lukisan di dindingnya yang beragam. Adapun area duduk yang tersedi dengan bangku panjang yang terdapat buku-buku bacaan. Tampilan yang sangat ramah pada pengunjung ini pastinya membuat rumah anda lebih berkesan.

 


sumber foto

Warna Cerah yang Kontras

Pemberian warna cerah pada area foyer tentu akan memberikan kesan yang ceria. Warna kontrasnya menjadikan ruang depan terasa lebih hidup. Seperti halnya seperti gambar di atas, frame berwarna kuning yang serasi dengan tas yang menggantung. Tak lupa pun aksen warna kuning juga tampak pada bantalan duduknya.

 

sumber foto

Motif Pada Dinding dan Furniture


Sebuah motif seperti bergaris atau segitiga dan beraneka macam bentuk pola lainnya bisa dijadikan salah satu keunikan di dalam ruang foyer atau lobi ini. Hal tersebut dapat diterapkan pada cat atau wallpaper dinding ataupun furniture seperti bantalan kursi pada gambar. Tentunya motif tersebut menjadi sebuah aksen yang hanya terdapat pada beberapa bagian saja sehingga orang yang melihatnya tidak enek ataupun pusing. Setiap motif pun memberikan kesan yang berbeda-beda, seperti motif garis vertikal akan memberikan kesan tinggi berbeda pula dengan bentuk lain.

 

sumber foto

Dinding Rajutan dan Pajangan Berwarna

Memadukan gaya minimalis dengan tampilan unik dan ceria bisa diterapkan dengan ide ini. Adanya perpaduan warna dan bahan pada dinding memberikan variasi pada bagian depan hunian. Warna-warna yang terdapat pada hiasan dan kain yang terletak di keranjang anyamannya pun menambahkan efek kontras pada rumahnya, sehingga pada area yang kecil ini pengunjung tidak merasa bosan.

 

sumber foto

Berikan Batas Melalui Karpet dan Meja

Pada bagian rumah Anda tidak terdapat dinding pembatas antara ruang depan dengan ruang selanjutnya? Tidak perlu khawatir. Pembatas ruang tidak harus selalu melulu dengan dinding. Dengan perbedaan warna lantai dan perletakkan furniture pada area tertentu, juga akan menjadi batas antar ruang. Pada gambar, adanya karpet menunjukkan pada bagian ini adalah area foyer, sedangkan meja dan hiasan di belakang sofa ruang tamu memberikan penghalau visual agar pengunjung tidak langsung melihat ke arah ruang tamunya.

 

sumber foto

Manfaatkan Ruang Bawah Tangga

Jika pada bagian depan rumah sudah terdapat tangga menuju ke atas, bagian bawah tangga dapat dimanfaatkan jadi berbagai macam keperluan. Seperti mendesainnya untuk tempat penyimpanan, atau area duduk dan meja hias seperti di gambar. Tampilkan warna yang serasi dengan desain tangga sehingga tidak terasa janggal.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter