article / Garden / CIAMIK NAN ESTETIK BERIKUT 5 KONSEP TAMAN RUMAHAN DENGAN BUDGET EKONOMIS
11 Mei 2021 860 Views

CIAMIK NAN ESTETIK BERIKUT 5 KONSEP TAMAN RUMAHAN DENGAN BUDGET EKONOMIS

Halo, peps!

Rumah adalah tempat pulang bagi semua orang ketika selesai mengerjakan atau melakukan beragam aktifitas diluar sana seperti sekolah dan bekerja. Sebagai tempat pulang untuk melepas penat dan lelah, rumah haruslah bersifat nyaman dan menenangkan. Maka dari itu, demi mendapat ketenangan dan kenyamanan ketika berada di rumah, tak jarang orang – orang rela mengeluarkan budget atau biaya yang cukup fantastis untuk merenovasi rumah dan segala isinya.

Namun, seiring berjalannya waktu, renovasi rumah dan segala isinya dengan biaya fantastis ini tak lagi menjadi tren. Sebab, saat ini sudah banyak sekali berbagai informasi terkait renovasi rumah yang ciamik nan aestetik dengan budget ekonomis alias hanya membutuhkan biaya sekitar ratusan ribu hingga jutaan rupiah saja.

Salah satu bentuk renovasi rumah dengan budget ekonomis tersebut bisa diterapkan pada rumah – rumah yang belum memiliki taman kecil atau taman hijau. Ya, sesuai dengan namanya, taman kecil nan hijau ini jelas akan diisi oleh berbagai jenis tanaman – tanaman hias dan juga bunga untuk memberikan kesan segar dan cerah pada tampilan rumah.

 

https://id.pinterest.com/pin/255438610104221216/

Kembali lagi dengan budget yang super ekonomis, jelas untuk merenovasi dan menambahkan taman pada rumah ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Melainkan ada beberapa langkah dan bahan atau barang yang harus diperhatikan, misalnya seperti:

  1. Menggunakan barang – barang bekas pakai seperti ember bekas atau botol bekas sebagai pot tanaman
  2. Memanfaatkan potongan kayu sebagai tempat gantung untuk menaruh tanaman
  3. Menggunakan batu – batu kecil yang ada di jalanan sebagai penghias taman

Tentunya, dengan menggunakan atau menerapkan penggunaan barang – barang bekas seperti diatas, budget untuk merenovasi taman rumah yang minimalis ini pun akan tetap aman. Selebihnya, yuk mari intip 5 konsep ide taman rumahan dengan budget ekonomis yang siapatau bisa jadi pilihan kamu nantinya!

Taman Gantung

https://id.pinterest.com/pin/197736239875140348/

Sesuai dengan namanya, konsep ide taman yang selanjutnya ini dibuat dengan tanaman – tanaman yang menggantung. Konsep ini jelas bisa diterapkan jika rumah kamu tak memiliki lahan yang cukup besar untuk dibangun sebagai taman. Untuk membuatnya sangat mudah kok, kamu hanya perlu membuat gantungan seperti gantungan jemuran, lalu menggantung beberapa jenis tanaman hias hijau seperti Portulaca dan Bowiea Volubilis.

  • Taman Indoor
     

     


    https://id.pinterest.com/pin/23855073012872727/

    Sama permasalahannya jika kamu tak memiliki cukup lahan untuk membangun taman, maka bisa menggunakan lahan kosong didalam rumah sebagai tempat untuk membangun taman kecil. Yang dibutuhkan untuk membangun taman indoor ini hanyalah rak berukuran sedang yang bisa menjadi tempat untuk menaruh berbagai jenis tanaman seperti kuping gajah atau
  • Taman Rambat
    https://id.pinterest.com/pin/718394578056899519/

    Ide konsep taman rumahan dengan budget minimalis yang pertama ialah taman rambat. Sesuai dengan namanya, taman ini dibentuk dengan pot menggantung yang bisa diletakan pada atap atau dinding rumah. Berbagai jenis tanaman rambat pun bisa dipilih untuk ditanam pada taman ini, misalnya seperti ipomea dan alamanda. Selain mudah ditanam, taman rambat ini juga akan menambah kesan aestetik pada rumah lho.

  •  Taman vertikal

     

     https://id.pinterest.com/pin/89579480060994539/

    Konsep atau ide taman rumahan dengan budget minimalis yang selanjutnya ini adalah taman vertikal. Jenis taman ini merupakan kombinasi dari taman gantung dan taman indoor yang dibentuk dengan pot bertingkat. Satu pot tingkat ini bisa diisi dengan 4 – 5 jenis tanaman hias lho.

  •  

    Taman Balkon

     

    https://id.pinterest.com/pin/231935449549605061/

    Untuk kamu yang balkon rumahnya hanya dijadikan lahan parkir motor, ada baiknya mulai mengubahnya menjadi lahan parkir aestetik dengan membangun taman berukuran mini. Beberapa jenis tanaman seperti kaktus atau portulaca bisa dipilih karena tahan terhadap paparan sinar matahari. Tentunya, taman mini ini akan membuat balkon rumah terasa makin sejuk dan asri.

SOURCE ARTICLE


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter