article / Kitchen / Dapur ala Perancis, mewah yang terukur.
19 Juli 2019 2K Views

Dapur ala Perancis, mewah yang terukur.

Dapur adalah salah satu elemen penting yang sering dibiarkan atau tidak terlalu diperhatikan atau di desain dengan nyentrik karena fungsinya yang 'hanya' untuk memasak dan sekedar menyiapkan makanan sehari-hari. Adapun desain yang digunakan kebanyakan memakai desain urban minimalis yang juga memudahkan pengguna dari segi perawatan dan look yang kece. Jika kamu membutuhkan referensi lain untuk mendesain dapur, silahkan di intip desain dapur ala-ala negara Perancis di bawah.

sumber foto: housebeautiful.com

Contoh desain pertama yaitu memadukan ruang dapur seperti nuansa khas pedesaan. Menggunakan perabot kayu-kayu dengan konsep tempat duduk yang berbeda, meja kayu yang didesain natural, dan lantai parket yang dipasang di seluruh dapur dapat menambahkan kesan natural dan homie untuk penghuni. Selain itu, layout perabot yang digunakan untuk sampel ruangan tersebut memberi sirkulasi cahaya dan akses penghuni dengan baik ketika memasak dan menyiapkan makanan. Walau begitu, meja makan juga tidak membosankan dan membuat orang ingin berlama-lama walau sekedar duduk dan membaca-baca buku. 

 


sumber foto: housebeautiful.com

Desain selanjutnya memiliki konsep warna yang cukup nyentrik. Dapur tersebut menggunakan warna biru muda yang berkesan soft dan bersih. Mempertimbangkan warna-warna yang sedang trend yang tidak lekang oleh jaman termasuk salah satu cara memperpercantik dapur dengan kesan yang berani dan berbeda. Selain itu, warna-warna seperti di atas, harus dikombinasikan dengan kitchen set bernuansa klasik atau semi-klasik untuk saling menunjang tema ala desa Perancis yang ingin dibangun dalam ruangan dapur tersebut. 


sumber foto: housebeautiful.com

Desain selanjutnya mempunyai konsep warna dan material yang mirip dengan contoh desain sebelumnya. Menggunakan warna biru lembut untuk seluruh perabot dengan desain lekukan klasik yang minim, serta material kayu untuk lantai membangkitkan 'feel' ala Perancis di dalamnya. Tidak lupa memasang jendela lebar di sekitar dapur, jendela juga di cet berwarna putih agar menyatu dengan tema perabot dan tetap terlihat minimal/tidak mencolok. Adapun hal lain yang menjadi pembeda adalah plint biru muda yang ditempel di sekeliling dinding hingga batas plafond.


sumber foto: housebeautiful.com

Referensi selanjutnya mungkin lebih cocok diaplikasikan bagi pemilik rumah berdimensi cukup luas. Ruangan dapur dan tempat makan memiliki fungsi yang cukup komplit dan saling terpisah. Dimulai dari desain furnitur dan tema ruangan serba putih dipadu dengan rangka atap kayu ekspose dengan plitur natural memberikan kesan mewah yang terukur. Kemewahan sudah terlihat dari sisi kitchen set dan dua zona tambahan yang letaknya berbeda. Meja makan terletak sejajar dengan meja penyajian makanan, lalu diteruskan menuju kitchen set yang menempel pada dinding. Di sudut ruangan, ada sink yang dilengkapi rak perkakas dapur hingga ke dinding atas mendekati batas plafond. Jika mempunyai ruangan sempit/tidak se luas contoh di atas, kamu dapat mencontoh konsep warna dan jenis-jenis material yang digunakan untuk aplikasi di seluruh ruangan.

sumber foto: housebeautiful.com

Referensi terakhir adalah desain ala Perancis yang didominasi kayu-kayu untuk segala perabotan yang digunakan di dalam rungan tersebut. Dominasi tersebut dimulai dari lantai yang mengaplikasikan parkeet berwarna kusam dengan kombinasi kitchen set simpel yang menggunakan rangka alumunium dengan daun pintu dari bahan kayu. Dinding-dinding yang juga menggunakan material kayu plank juga dicet warna putih berfinishing glossy, membantuk penghuni membersihkan lebih mudah dan menghindarkan dari kesan kotor. Jangan lupa jendela besar yang berwarna putih untuk pencahayaan dan penghawaan udara yang baik, serta kesan 'Perancis' yang menjadi tujuan utama.

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Mohammad Rifki Syahwidhie
Lulusan Arsitektur yang sedang menekuni pekerjaan desain hunian/bangunan komersil/interior/eksterior/taman/2D/3D/rendering 2D&3D sebagai freelancer.

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter