article / Garage and Shed / DESAIN CARPORT MINIMALIS UNTUK GAYA RUMAH DINAMIS, YUK INTIP BIAR GAK BINGUNG!
02 November 2021 2K Views

DESAIN CARPORT MINIMALIS UNTUK GAYA RUMAH DINAMIS, YUK INTIP BIAR GAK BINGUNG!

Carport biasanya digunakan sebagai tempat untuk menyimpan kendaraan bermotor, khususnya kendaraan roda empat. Terletak di bagian depan rumah dengan konsep semi-terbuka, carport menjadi bagian dari ‘wajah’ sebuah hunian. Untuk memadukan carport dengan hunian, dibutuhkan desain yang senada antara carport dan hunian. Untuk rumah dengan desain minimalis, keberadaan carport minimalis seringkali difungsikan sebagai garasi. Biasanya, carport akan dibuat semi tertutup agar bisa menaruh kendaraan dengan aman. Beratap dan memiliki dinding di sisi kanan dan kirinya. Kalian berminat membuat carport minimalis di rumah? Banyak cara bisa dilakukan untuk menciptakan sebuah carport minimalis elegan. Tengok yuk beberapa inspirasi untuk menciptakan carport minimalis di rumah impianmu!

1. Memadukan Carport Aksen Kayu dan Warna Hitam

pinterest.com

Kayu memiliki kekuatan untuk menciptakan kesederhanaan. Tidak hanya diaplikasikan pada bagian dalam rumah tapi juga pada bagian luar, contohnya pada bagian carport. Elemen kayu juga dapat dipadukan dengan warna hitam untuk menciptakan kesan yang lebih elegan dan mewah. Selain itu, perpaduan dua elemen ini akan menambah kesan nyaman dan sejuk. desain yang simpel tapi menonjolkan sisi dinamis nan cantik dengan aksen kayu yang membuat carport depan rumah terlihat indah.

2. Carport Ala Hunian Cluster

pinterest.com

Hunian cluster umumnya tidak memiliki garasi dan hanya memiliki carport saja. Gaya arsitektur yang ditawarkan cluster pun biasanya bergaya minimalis. Lalu, bagaimana ide menarik untuk membuat carport minimalis ala hunian cluster?

Carport minimalis hunian cluster biasanya tidak beratap  dan berada di depan rumah dengan ruang yang tidak terlalu besar. Untuk material lantainya bisa menggunakan batu alam atau keramik. Untuk memiliki carport minimalis bergaya cluster ini, pastikan bahwa rumahmu memiliki sistem keamanan yang terjamin, karena kendaraanmu diletakkan di depan rumah begitu saja tanpa pagar pelindung.

3. Carport Paving Rumput

pinterest.com

Salah satu cara menciptakan desain lantai carport yang cantik adalah dengan menggunakan paving rumput. Selain sebagai area parkir mobil, paving rumput juga menambah area resapan air Warna abu-abu beton dikombinasikan dengan warna hijau rumput akan membuat area itu terlihat memukau dan menyegarkan. Selain itu, jangan lupa potong rumput secara berkala agar tetap terlihat cantik. Grass brickgrass pavers, atau grass block bisa menjadi pilihan yang baik bagi carport minimalis rumahmu, khususnya bagi pecinta lingkungan. Selain kuat dan tahan lama, jenis ini juga memberikan ruang untuk daerah resapan air melalui bagiannya yang berlubang. Penggunaan grass brick untuk carport minimalis yang kamu miliki artinya kamu sudah turut berpartisipasi dalam upaya go green loh!

4. Carport Minimalis Lantai Beton Cor

pinterest.com

Banyak orang membuat lantai  carport  tanpa memerhatikan kekuatan struktur. Padahal, sesuai fungsinya, carport memerlukan konstruksi lantai dan material yang kuat untuk menahan beban berat kendaraan. Konstruksi lantai carport wajib menggunakan tulangan besi beton. Lantai carport juga sebaiknya memiliki fondasi rolag pada sekelilingnya agar tak mudah bergerak atau pecah akibat beban yang ditanggungnya. Setelah itu, untuk lantai carport minimalis dari beton cor selesai dibuat, lantai dapat saja dibiarkan terekspos semennya tanpa dilapisi apapun lagi.

Sedangkan untuk atap si carport minimalis bisa  dinaungi atap rangka besi bercat hitam dengan permainan ukuran besi sebagai perkuatan sekaligus variasi garis manis yang memperkuat kesan minimalis nan elegan.

5. Carport Ramah Lingkungan

freshome.com

Supaya tampilan rumah lebih impresif dan menyegarkan, kamu bisa meniru model carport di atas. Buatlah rooftop di rumah dan tanami area tersebut dengan beragam jenis tanaman. Kemudian bagian bawah rooftop tersebut dijadikan sebagai area parkir mobil. Dengan begitu carport rumah kamu pun tampak lebih segar dan menarik perhatian.


6. Carport dengan Keramik berpola cantik


pinterest.com

Motif, tekstur dan warna keramik yang variatif menjadikan material ini cukup banyak dipilih menjadi material penutup lantai carport. Untuk menjadikannya carport minimalis, kamu bisa memilih keramik dengan motif dan warna yang dominan putih, hitam, abu-abu atau cokelat.

Selain memperhatikan warna dan motif, pemilihan keramik harus juga memperhatikan tekstur, ukuran dan kekuatan keramiknya. Karena lantai carport haruslah menggunakan material yang kuat mengingat beban di atasnya cukup berat dan lantai harus menanggung beban dalam waktu yang relatif lama.

Nah, diatas merupakan inspirasi desain carport menarik yang dapat anda tiru. Jangan lupa untuk menyesuaikan kembali dengan budget dan lahan anda ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba :)


 

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter