article / Building / Desain Rumah Futuristik dan Ramah Lingkungan
20 Januari 2019 3K Views

Desain Rumah Futuristik dan Ramah Lingkungan


Zaman semakin maju dan perubahan lingkungan yang sangat cepat serta drastis membuat kita juga harus segera menyesuaikan bagaimana cara kita hidup di zaman yang seperti sekarang ini, yang lebih penting adalah kita dapat lebih aktif dalam menjaga lingkungan yang kita tinggali. Cara yang bisa dilakukan adalah membuat rumah anda menjadi eco-friendly atau rumah yang ramah lingkungan. Kemungkinan besar sebagian dari kitapun akan memiliki hunian yang ramah lingkungan serta memiliki desain yang futurisik menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang ada, mungkin rumah-rumah konvensional seperti sekarang ini sudah tidak digunakan dan digantikan dengan rumah yang memiliki desain serta kecanggihan tekhnologi yang mutakhir. Seperti beberapa contoh proyek ataupun desain rumah futuristik dibawah ini. Selain futuristic, beberapa rumah dibawah ini juga di desain agar ramah lingkungan.

1. Spaceship House

https://dornob.com

Dari atas rumah futuristik ini terlihat seperti pesawat luar angkasa. Desain rumah ini tidak memiliki jendela sehingga udara segar dapat masuk dengan leluasa. Desain rumah ini memanfaatkan sepenuhanya dari alam disekitarnya, seperti sinar matahari untuk penerangan rumah, dikombinasikan dengan lampu LED dan air hujan yang disaring untuk keperluan dapur dan kamar mandi. Rumah luar angkasa ini memang di desain untuk menyatu dengan alam dan menjaga alam disekitarnya agar tidak rusak. Bagaimana cukup menarik bukan ?

2. The Komb House

www.designboom.com

The Komb House memang memiliki desain yang sangat unik dan berbeda dari desain rumah-rumah yang lain.  The Komb House ini di desain oleh Karim Rashid. The komb house memiliki dinding yang terbuat dari bilah-bilah kayu dan ditata sedemikian rupa sehingga dapat membentuk dinding yang rapat dan memberikan privasi bagi penghuni rumah. Rumah ini memiliki atap kaca pada bagian tengahnya sehingga sinar matahari dapat dengan mudah masuk dan menyinari seluruh ruangan. Desain interior rumah inipun sangat futuristic dan berbeda dari yang lain, tetapi masih dapat memenuhi seluruh kegiatan yang biasa kita lakukan dirumah, seperti makan, mandi, tidur dan bermain.

3. High Tech Glass Eco House

www.tgdaily.com

Rumah ini di desain oleh Uneversitas Stuttgart di Berlin. Rumah ini dipenuhi oleh kaca dan menggunakan panel surya sebagai tenaga untuk memenuhi seluruh kebutuhan rumah. Di dinding bagian belakang dan samping rumah, dilengkapi dengan material berteknologi tinggi untuk menambah energi agar dapat mendukung seluruh kegiatan yang ada di dalam rumah seperti meyalakan lampur di seluruh ruangan rumah, memasak menggunakan kompor elektrik ataupun juga mencharge mobil elektrik. Rumah ini juga terkoneksi dengan jaringan internet nirkabel sehingga seluruh alat yang ada di dalam rumah ini dapat anda pantau ataupun kendalikan melalui smartphone anda.

4. XSEED 4000 Tokyo Japan

https://blog.tatasteelconstruction.com

Bangunan ini akan menjadi bangungan tertinggi di bumi yang pernah ada. XSEED 4000 akan memililki tinggi kurang lebih 4 kilometer, dan juga memiliki sebanyak 800 lantai, cukup untuk menampung hampir 1 milyar penduduk. Seluruh bangunan XSEED 4000 dilengkapi dengan kaca dan panel surya untuk memenuhi seluruh kebutuhan penduduk yang ada didalam rumah tersebut. Rumah ini adalah sebuah proyek yang sangat fantastis, namun mengingat ketinggian rumah yang mencapai 4 kilometer, ia harus menghadapi tantangan besar seperti tekanan udara, atau membuatnya terlindungi dari bencana alam seperti, tsunami ataupun gunung berapi. Untuk sebuah proyek rumah ini cukup mengesankan.

5. Collosal Eco House

http://ww17.oursurprisingworld.com

Rumah ini terletak di Pegunungan Andalusia, Spanyol. Seluruh desain rumah ini menyesuaikan dengan iklim yang ada didaerah tersebut. Atap rumah futuristik ini berbentuk sayap dan dilengkapi dengan panel surya. Atap yang berbentuk sayap ini membantu udara masuk dengan lebih mudah serta memaksimalkan dalam menampung energi matahari. Untuk  memaksimalkan udara yang masuk, rumah ini memiliki ventilasi udara yang dapat disesuaikan. Ketika udara panas keluar dari rumah, saat itu juga udara segar masuk ke dalam rumah, hal ini 80% lebih efisian daripada ventilasi rumah pada umumnya.

Bagaimana dengan rumah-rumah diatas ? Sangat mengesankan bukan. Mengingat zaman yang semakin maju dan berkembang sangat besar kemungkinan kita ataupun anak cucu kita akan memiliki hunian futuristik dimasa depan.

Sumber :

https://dornob.com/green-luxury-futuristic-off-the-grid-forest-home-design/

https://www.designboom.com/architecture/karim-rashid-komb-house/

https://www.tgdaily.com/sustainability-features/53229-next-gen-eco-home-feeds-the-grid


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Apriliahome
Aprilia Home adalah perusahaan furniture yang berdiri sejak 3 Januari 2017 di Kota Yogyakarta. Dimana perusahaan ini menggunakan olahan limbah tidak terpakai dari Jogja Foamindo sebagai bahan utama hingga menghasilkan produk yang berkualitas. Aprilia Home merupakan sister company dari Jogja Foamindo. Limbah foam dari Jogja Foamindo yang tidak terpakai digunakan oleh Aprilia Home sebagai bahan utama (foam) untuk memproduksi berbagai macam produk seperti poufs, pillows, dan small furnitures yang diperlukan untuk hunian maupun perkantoran. Produk yang kami tawarkan memiliki kualitas tinggi dengan harga yang kompetitif. Aprilia Home merupakan perusahaan lokal yang menerapkan sistem locally produced. Aprilia Home memproduksi furniture berbahan dasar limbah foam (busa) yang diperoleh dari Jogja Foamindo. Foam yang sudah tidak terpakai tersebut kemudian melalui proses daur ulang hingga menjadi cacahan foam yang akan menjadi bahan baku utama dalam pembuatan furniture yang berkualitas tinggi. Cacahan foam tersebut tidak cepat kempis sehingga lebih nyaman digunakan karena lebih empuk, kuat, dan tahan lama dalam pemakaiannya. Tingkat keempukannya pun dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen. Demi menjaga kualitas agar selalu terjamin, proses pembuatan dan pembentukan pola dilakukan secara teliti. Selain itu, proses pencacahan foam menggunakan mesin dengan memberdayakan tenaga kerja lokal yang bertempat tinggal disekitar Aprilia Home. Sebelum dipasarkan setiap produk Aprilia Home selalu melalui quality control yang ketat untuk menjamin mutu dan kualitas produk demi kepuasan konsumen.

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter