article / Gym / HIDUP SEHAT, OLAHRAGA DIRUMAH JADI SEMANGAT! SIMAK DESAIN RUANG OLAHRAGA KECE YUK!
10 Juli 2021 758 Views

HIDUP SEHAT, OLAHRAGA DIRUMAH JADI SEMANGAT! SIMAK DESAIN RUANG OLAHRAGA KECE YUK!

Dalam masa pandemi seperti sekarang ini, pergi untuk berolahraga ke tempat gym atau studio dan sarana olahraga perlu dihindari karena berpotensi menyebarkan virus lebih tinggi.

Karena pada dasarnya, dalam menciptakan area olahraga atau gym di rumah bukanlah terkait faktor luas ruang yang menjadi masalah. Hal yang cukup penting perlu diperhatikan adalah mengenai elemen apa saja yang sebaiknya ada dalam ruangan olahraga di rumah.

Sebelum melihat berbagai inspirasi desain area untuk olahraga di rumah, ada baiknya untuk anda mengetahui elemen apa saja yang sebaiknya di terapkan pada ruang olahraga di rumah anda.

1. RUANG TENANG UNTUK YOGA ATAU PILATES

arsitag.com

Jika ide latihan olahraga Anda hanya sejauh Yoga dan Pilates, Anda sangat beruntung karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang pada mesin mahal untuk menikmati latihan di rumah! Cukup bersihkan ruang cadangan dan buatlah area yoga Anda sendiri dengan menambahkan tirai dan dinding putih yang terang. Sangat sederhana!

Untuk melakukan yoga sebetulnya tidak membutuhkan ruangan khusus karena peralatannya yang simpel dan minimalis. Namun, apabila kamu menginginkan suasana tenang yang lebih maksimal, kamu disarankan untuk mendekorasi ruangan dengan nuansa yang nyaman dan tenang. Tambahkan kaca besar di salah satu sisi dinding, aromaterapi, dan pendingin ruangan di dalamnya agar kamu leluasa fokus berkonsentrasi saat yoga.

2. RUANG OLAHRAGA BERKONSEP INDUSTRIAL

Pinterest.com

Salah satu gaya hunian yang cocok untuk sebuah ruang olahraga di rumah adalah konsep industrial. Material bata merah pada dinding dan material kayu pada lantainya membuat ruang olahraga di rumah tampak keren. Untuk menghindari kesan gelap di konsep industrial, Anda bisa memasukkan cahaya alami seperti menghadirkan skylight pada atapnya. 

3. RUANG OLAHRAGA BERGAYA MODERN ALA FARMHOUSE

www.trendir.com

Ini khusus bagi Anda yang memiliki pemandangan indah di luar rumah. Anda bisa tempatkan ruang olahraga yang berhadapan langsung dengan pemandangan tersebut. Kuncinya adalah gunakan kaca yang besar agar Anda dapat berlari di treadmill sambil menikmati pemandangan luar yang indah. Olahraga pun jadi kian mengasyikkan. Selamat berolahraga!

4. RUANG OLAHRAGA DENGAN SIRKULASI UDARA YANG BAIK

pinterest.com

Cermin pada area olahraga memiliki fungsi untuk mengamati pergerakan saat gerakan angkat berat atau juga yoga. Selain itu, cermin juga membantu untuk memantulkan cahaya dari jendela agar ruangan menjadi lebih terang.

Jendela pada area olahraga, selain berfungsi untuk pencahayaan juga dapat membuat pikiran bisa jadi lebih rileks dengan pemandangan dari luar jendela. Untuk ukuran cermin dan jendela tidaklah harus selalu penuh. Cukup sesuaikan dengan ruangan dan kebutuhan anda.

5. RUANG OLAHRAGA ANTI SLIP




pinterest.com

Satu hal ini cukup penting untuk sobat perhatikan lho, pasalnya lahan lantai pada area olahraga harus terbuat dari bahan yang anti slip dan tentunya tidak licin guna meminimalisir cedera karena tergelincir.

Bahan lantai yang kami rekomendasikan bisa terbuat dari kayu yang tidak dipoles ataupun bisa dilapisi karpet. Yang paling penting, sobat perlu memastikan bahwa bahan lantai tidak akan licin.

Pemilihan material lantai yang tepat akan sangat berpengaruh pada kenyamanan pengguna. Rubber mat diperlukan untuk meredam suara mesin, getaran, atau berbagai gerakan dari benda-benda di ruang gymRubber mat dapat membuat lantai lebih empuk dan tidak licin dengan tujuan mengurangi risiko cedera saat berolahraga.

6. BIKIN SUASANA RUANG OLAHRAGA YANG MENYENANGKAN

decorcharm.com

Jangan mau kalah dengan tempat olahraga yang ada di luaran. Meski berada di dalam rumah, Anda bisa mendesainnya dengan cantik. Inspirasi satu ada yang memberikan sentuhan di salah satu dindingnya. Agar tampilannya atraktif, dinding dengan motif garis-garis abstak cukup menarik perhatian. 

Lantai Kayu juga memberikan kesan Vintage pada Ruang Olahraga Anda. Lengkapi ruangan gym dengan televisi atau pemutar musik yang bisa dinikmati saat beraktivitas. Untuk membuat ruangan lebih nyaman dan segar, tambahkan beberapa tanaman hias indoor. Membawa sentuhan alam ke dalam rumah tidak pernah mengecewakan.

Sudah siap untuk mulai berolahraga di rumah dengan tempat gym pribadi? Yuk, ciptakan ruang gym paling nyaman sesuai kebutuhan kamu. Dijamin, nggak akan ada lagi alasan untuk skip rutinitas olahraga kamu, kan?

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba :)


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter