article / Interior / Ide Interior Rumah Dengan Nuansa Alami
01 April 2022 769 Views

Ide Interior Rumah Dengan Nuansa Alami


Saat ini terdapat beberapa tren rumah baru yang muncul dan seringkali menggoda untuk memperbarui rumah daripada mengubah sepenuhnya. Salah satu tren yang cukup dipertimbangkan oleh banyak orang adalah terlibat kembali dengan dunia sekitar. Hal ini dikarenakan dengan melibatkan nuansa alami pada ruangan akan membuat segala aktivitas dalam rumah terasa nyaman dengan nuansa alam. Terdapat beberapa ide interior rumah dengan nuansa alami yang dapat dijadikan referensi dalam membangun rumah yang tetap kekinian.

Biarkan Sinar Masuk

Sumber: id.pinterest.com

Dengan jendela yang memiliki ukuran besar dan bergai bentuk dapat menjadi solusi dalam menciptakan nuansa alami dalam interior rumah. Seperti pada gambar, rumah ini dibangun dengan tiga jendela yang memuliku ukuran besar. Selain itu, bentuk pada kusen jendela yang digunakan juga tidak hanya memiliki bentuk persegi panjang saja. Tetapi ada juga yang memiliki bentuk lengkungan pada bagian atasnya. Dengan jendela yang memiliki kaca bening ini membuat ruangan dalam rumah terlihat terang karena pencahayaan alami dapat langsung masuk ke dalam rumah. Apalagi di dukung dengan dominasi warna putih pada ruangan sehingga ruangan tempak lebih terang, Selain itu, dengan jendela yang berukuran besar ini membuat orang yang ada di dalam rumah dapat dengan langsung melihat beberapa pepohonan di luar rumah. Beberapa furniture yang digunakan di dalam rumah juga menggunakan material kayu seperti pada bagian meja, lemari serta rak. Terdapat juga tanaman tinggi dalam pot di pojok ruangan membuat nuansa alami semakin terasa.

Tanaman Hias Bagian Dekorasi Dinding

Sumber: id.pinterest.com

Ide interior rumah dengan nuansa alami yang dapat digunakan adalah menjadikan tanaman hias sebagai salah satu bagian dekorasi dinding dalam rumah. Selain itu, dekorasi dinding juga diperlukan agar dinding tidak terlalu polos. Gunakan rak tempel dinding yang bermaterial kayu sebagai tempat penyimpanan pot. Dengan bentuk memanjang serta jumlah yang dapat disesuaikan maka dapat menampung beberapa pot tanaman hias berukuran kecil. Oleh karena itu, nuansa alami dapat tercipta dari tanaman hias serta elemen kayu dalam ruangan.

Dekat Dengan Alam

Sumber: id.pinterest.com

Ruangan pribadi seringkali digunakan untuk tempat bekerja di rumah. Selain itu, kadangkala menjadi tempat yang tepat untuk mencari inspirasi atau menyendiri dari lelahnya aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, penempatan ruang ini sebaiknya harus dekat dengan alam. Misalnya dengan membuat ruangan pribadi yang langsung menghadap taman. Dengan melihat warna hijau dalam tanaman akan berpengaruh pada mood dalam pikirann, sehingga merasa tenang. Selain itu, juga dapat menyegarkan mata. Oleh karena itu, nuansa alam memang penting diciptakan dalam ruang pribadi agar tidak merasa kaku dalam melakukan aktivitas atau sekedar duduk berdiam diri di dalamnya. Selain itu, penggunaan dan meletakkan furniture juga harus tepat agar ruangan nyaman. Gunakan jendela berukuran besar dengan cermin bening agar merasa dekat dengan alam, ini juga mempermudah sinar matahari langsung masuk ke dalam ruanagn di siang hari. Meja serta kursi sebaiknya diletakkan di dekat jendela tersebut agar nyaman ketika bekerja atau bersantai dengan menghadap taman. Lemari yang digunakan juga sebaiknya berasal dari kayu alami. Selain itu, sebaiknya penggunaan warna dalam cat dan furnitur juga menggunakan warna netral dengan kombinasi warna alami kayu agar ruangan nyaman untuk ditempati.

Elemen Kayu Dalam Ruangan

Sumber: id.pinterest.com

Penggunaan elemen kayu dalam furniture yang digunakan dalam interior rumah dapat membantu menciptakan nuansa alami. Seperti pada bagian kamar tidur, maka sebaiknya gunakan ranjang yang terbuat dari kayu yang berbentuk unik dengan anyaman di beberapa bagian sehingga nampak artistik. Pada bagian lemari yang digunakan juga terbuat dari kayu dengan mempertahankan warna coklat alami kayu di beberapa bagian. Pada bagian dinding kamar tidur ini tidak begitu banyak dekorasi, hanya cermin dengan hiasan yang mengelilinginya sehingga menghasilkan bentuk seperti matahari. Lampu yang digunakan juga memiliki pelindung lampu yang berbentuk unik dengan aksen berwarna coklat. Karpet yang digunakan dibagian depan ranjang juga memiliki gambar bertema alam. Dibagian pojok ruangan juga terdapat tanaman palsu yang memiliki ukuran cukup tinggi. Selain elem kayu dalam furniture, penggunaan cat dinding berwarna hijau membuat nuansa alami dalam ruangan semakin tercipta.

Tetap Seimbang

Sumber: id.pinterest.com

Nuansa alami seringkali dianggap jauh dari kata kekinian. Padahal nuansa alami dapat tercipta juga dengan mengkombinasikan dengan hal yang tetap kekinian. Seperti pada bagian kamar mandi ini yang tetap kekinian dengan adanya shower serta wastafel di dalamnya. Pada dinding dan lantai keramik juga tidak begitu polos, terdapat motif mozaik dengan aksen warna coklat membuat ruangan nampak lebih berseni. Elemen kayu juga digunakan dalam rak tempat penyimpanan serta palet untuk wastafel. Oleh karena itu, dengaan keseimbangan tersebut nuansa alami dapat tercipta pada kamar mandi ini.

Bangun Taman Mini

Sumber: id.pinterest.com

Dapur sering kali menjadi tempat yang pengap dan membosankan. Oleh karena itu dengan nuansa alami yang diciptakan akan membuat segala aktivitas dapur tidak terasa monoton. Pada bagian samping dekat dengan dapur ini dapat membangun taman mini. Taman mini ini akan membuat nyaman saat memasak atau makan bersama keluarga. Agar menghemat ruang maka sebaiknya tanaman yang ditanam adalah tanaman rambat, juga beberapa tanaman hias yang tumbuh dalam tanah dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Penggunaan atap kaca pada bagian taman, juga dapat membuat sinar matahari langsung masuk ke area dapur. Dengan pencahayaan alami akan mebuat dapur tidak pengap lagi.

Dengan nuansa alami pada interior ruangan akan membuat ruangan tidak kaku. Selain itu juga tetap mengikuti zaman dengan menggunakan furniture yang tetap kekinian. Dengan beberapa ide interior rumah nuansa alami ini juga membuat segala aktivitas yang dilakukan dalam ruangan menjadi lebih nyaman.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

YOU MIGHT ALSO LIKE


LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter