article / Home Decor / Tips dan Trick Mendekor Interior Rumah dengan Gaya Asian
04 April 2020 5K Views

Tips dan Trick Mendekor Interior Rumah dengan Gaya Asian

Setiap desainer interior memiliki stylenya tersendiri. Dari style modern, vintage, ataupun glamour bisa disesuaikan dengan keinginan pemiliknya. Salah satu dekorasi interior yang menarik adalah style asia. Banyak orang yang menyukai dekorasi interior ala asia karena adanya keharmonisan dan keseimbangan dengan berbagai desain rumah. Dekorasi asia juga memberikan ketenangan dan kenyamanan di dalam rumah. Mendesain interior tidak hanya sekedar memberikan dekorasi ataupun furniture ala asia. Membutuhkan proses dan tentunya cara tersendiri untuk mendekor interior rumah bergaya asia. Berikut beberapa tips dan trik untuk kamu yang akan mendekor rumah ala asia.

1. Pemilihan Warna Backdrop

tekstur alam dari material dalam ruangan

Konsep dari desain Asia banyak terinspirasi dengan warna alam dan lanskap. Tekstur alam pun juga termasuk dalam pilihan desain ini. Semakin natural maka akan semakin baik. Warna putih bukan satu-satunya pilihan namun berbagai warna netral lainnya pun juga akan memberikan tampilan yang baik dalam ruangan seperti warna krem, biru terang ataupun abu-abu.

2. Pemberian warna mencolok

warna merah sangat mencolok dalam ruangan

Beberapa orang berpikiran bahwa gaya asian tidak memiliki warna yang mencolok ataupun hanya sekedar warna netral. Akan tetapi pemberian warna yang terang dan berwarna pada ruangan yang tampak netral juga merupakan ciri khas dari gaya asia itu sendiri. Warna ungu terang ataupun merah menyala juga menjadi bagian dari gaya oriental. Seperti tampilan pada dekorasi ala china juga memberikan warna terang yang mencolok. Warna itu pun jika dipadukan dengan baik akan memberikan tampilan yang mewah. Tentunya memadukan dengan backdrop netral akan menjadikan ruangan terasa lebih unik.

3. Mengerti gaya tampilan asian


tampilan rumah jepang

Ada beragam gaya asia tergantung dari tampilan yang diinginkan dan sesuai dengan rumah. Seperti halnya tampilan asia Jepang akan didapat dengan adanya desain minimalis dan juga simpel. Berbagai tampilan tekstur alam pun menjadi daya tarik tampilan asia Jepang. Ataupun jika mengambil tampilan China tradisional, warna mencolok seperti merah, emas, ataupun tone warna yang mencolok akan memberikan tampilan mewah asia dari China. Semua hal tersebut akan bergantung pada pemilik yang memilih gaya tampilan tersebut.

4. Keseimbangan tampilan visual dan tekstur

material dan warna seimbang pada tampilan visual


Tampilan asian merupakan sesuatu yang harus diukur secara seimbang. Keseimbangan dari berbagai aspek menjadikan tampilan asian terlihat sesuai. Dengan keharmonisan warna dan tekstur tampilan asia dapat diperoleh. Pemberian material bertekstur seperti kayu, batu, ataupun tekstur organik lainnya akan memperkuat tampilan asian.

5. Fitur Air

kolam di halaman belakang

Pemberian fitur air seperti kolam tidak hanya memberikan kesejukan pada rumah tapi juga memberikan suasana tenang. Air yang mengalir akan memberikan dampak positif menurut feng shui. Perletakkan fitur air ini pun dapat diletakkan pada area masuk, ruang utama, ataupun di halaman belakang.


6. Lampu Pencahayaan

bentuk lampu gantung

Lampu ataupun pencahayaan dalam rumah menjadi salah satu elemen yang penting dalam desain asian. Pencahayaan memberikan tampilan elegan pada keseluruhan ruangan. Tidak hanya dengan pencahayaan, namun fitur bentuk lampu, seperti lampu gantung juga akan mempengaruhi ruangan.

7. Desain organic dan sustainable

Tidak hanya penampilan saja yang menjadi desain gaya asian, namun juga aspek lingkungan dengan menggunakan elemen yang sustainable. Penggunaan elemen organik akan memberikan suasana alam di dalam ruangan dan memberikan tampilan asian.

8. Tambahkan dekorasi Oriental

dekorasi oriental

Jika rumahmu sudah didekor sangat baik dan memiliki nuansa netral yang sejuk, tambahan dekorasi oriental saja sudah menambahkan kesan asian. Penambahan patung budha ataupun lukisan dan juga partisi dengan motif alam ataupun oriental memberikan gaya asian pada rumah.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter