article / Garden / INGIN PUNYA TAMAN YANG GAK RIBET RAWATNYA? TAMAN KERING SOLUSINYA..YUK INTIP
26 September 2021 952 Views

INGIN PUNYA TAMAN YANG GAK RIBET RAWATNYA? TAMAN KERING SOLUSINYA..YUK INTIP


Banyak cara untuk mempercantik rumah seperti menambahkan dekorasi atau pajangan di dalamnya. Salah satu pilihan dekorasi yang mempercantik rumah adalah menghadirkan taman kering di dalam rumah. Taman kering adalah taman yang dirancang untuk dihadirkan di dalam rumah, mempercantik hunian. Lazimnya, taman kering dalam rumah memang tidak membutuhkan banyak air untuk bertahan hidup dan tumbuh kembang. Banyak pilihan desain taman kering dalam rumah dan juga pilihan tanaman taman kering ini, ada ragam pilihan. Sebelum menentukan desain yang cocok, tentukan juga desain interior rumah dan juga luas  lahan yang ada. Yuk kita intip beberapa inspirasi desain taman kering yang indah dibawah ini :

1. Taman Kering di bawah Tangga

pinterest.com

Area di bawah tangga menjadi tempat yang strategis untuk membuat sebuat taman, lho. Biasanya area ini memiliki lahan yang kerap kali tak dipakai penghuninya. Daripada dibiarkan begit saja, lebih baik kamu menyiasatinya dengan membuat taman kering. Desain taman seperti gambar di atas bisa kamu tambahkan batu koral berwarna putih untuk bagian dasarnya. Kemudian, tempatkan beberapa tanaman hijau yang ada di dalam pot. Agar semakin cantik kamu bisa menambahkan batu kotal berwarna hitam yang digambarkan seperti jalanan. 

2. Taman Kering dengan Kolam

pinterest.com

Meski terdiri dari elemen yang sederhana, taman kering depan rumah juga bisa tampil berkelas. Jika memiliki bujet lebih, tingkatkan keindahan tampilan taman kering depan rumah dengan menambah unsur estetis lain seperti kolam hias ditengah taman.

Agar menghasilkan tampilan desain yang selaras, kolam hias dilapisi keramik bertekstur kasar yang senada dengan warna batu koral yang digunakan. Meski konsepnya kering, tapi desain taman depan rumah ini tidak terkesan gersang berkat kehadiran kolam.

3. Taman Kering Ala Jepang

pinterest.com

Taman kering ala Jepang didominasi dengan tanaman berwarna hijau dan bebatuan saja. Desain taman ini akan cocok untuk hunian bergaya minimalis atau tradisional. Yang perlu kamu lakukan adalah membuat area rumput di bagian tengah, kemudian letakkan beberapa batu yang berukuran sedang di beberapa sudut. Setelah itu, tebarkan batu koral di sekitarnya. Agar terlihat lebih cantik, kamu bisa mengeruk beberapa bagian batu supaya tercipta garis-garis pemisah atau tekstur yang unik.

4. Taman Kering Indoor dengan Atap Terbuka

pinterest.com

Jika memungkinkan untuk memiliki atap terbuka di bagian tengah rumah, manfaatkanlah area tersebut sebagai taman kering. Tanamlah tanaman yang tumbuh menjulang tinggi seperti bambu, kemudian tutupi permukaan tanah menggunakan batu berwarna putih. Sebagai dekorasi, kamu bisa menggunakan bebatuan berukuran sedang dan meletakkanya di sebelah bambu.

Karena atapnya terbuka, sebaiknya gunakan dinding kaca di sekitar taman kering ini. Dengan demikian ketika turun hujan, air tidak akan membasahi area rumah. Area indoor jadi terasa lebih asri dan alami, ya?

5. Taman Kering Mini di Depan Rumah

pinterest.com

Kesan tropis tidak hanya muncul dari penggunaan tanaman hijau yang tahan terhadap cahaya matahari saja. Pada taman kering depan rumah ini, kesan tropis hadir dengan warna berbeda melalui kombinasi batu koral, semen ekspos, dan pagar bambu.

Susunan silang antara batu koral dan semen yang diperlihatkan taman kering depan rumah ini pun menghasilkan pola minimalis yang menarik. Meski begitu, nuansa tropis yang kering coba diseimbangkan dengan kehadiran sepetak rumput hias dan tumbuhan hijau yang ditempatkan mengelilingi taman.

6. Taman Kering mini di depan Pintu Masuk

pinterest.com

Jika kamu ingin menerapkan desain taman kering yang praktis dan berbeda dari penghuni lainnya, mengapa tidak membuatnya di depan pintu masuk? Hal ini memang jarang diterapkan banyak orang. Namun, kamu bisa membuat sebuah taman di depan pintu masuk. Desain ini tak kalah menarik, terdapat unsur-unsur alami seperti bebatuan koral putih, tanaman hijau serta sentuhan hangat dari lampu lantai berwarna oranye. Nah, agar area ini masih bisa dilewati oleh dewasa dan anak-anak, sebaiknya tempatkan beberapa pijakan (keramik) berbentuk bulat untuk melintasinya.

7. Taman Kering yang didominasi bebatuan

pinterest.com

Salah satu kemudahan dalam membuat taman kering adalah tidak diperlukannya banyak elemen. Misalnya saja taman kering yang hanya memiliki satu pohon dengan beberapa semak-semak di sekitarnya. Bagian tanahnya ditutupi dengan bebatuan kecil berwarna putih. Terlihat sederhana, bersih, namun tetap cantik dan asri, kan?

Banyak pilihan taman kering di dalam rumah, kamu bisa memilih sesuai selera, luas ruangan, dan juga budget. Selain menghadirkan taman depan rumah atau taman kering belakang rumah, kamu juga bisa membuat taman kering dalam rumah seperti inspirasi diatas ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba :)

 

 

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter