article / Interior / INSPIRASI APLIKASI TEGEL PADA HUNIAN IDAMAN! MARI KITA CEK YUK
06 Oktober 2021 433 Views

INSPIRASI APLIKASI TEGEL PADA HUNIAN IDAMAN! MARI KITA CEK YUK


Desain klasik memang nggak pernah dimakan zaman. Gaya klasik desain vintage memiliki penggemarnya tersendiri. Bahkan gaya klasik disebut tren masa kini karena banyak diadopsi oleh generasi masa kini. Untuk mengadopsi rumah bernuansa klasik, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Salah satunya, kamu bisa mengaplikasikan lantai tegel yang identik dengan motif dan pola khas vintage yang populer digunakan pada tahun 1980-an. Salah satu ciri khas dari rumah kuno di Indonesia adalah lantai ubin yang bermotif khas. Salah satunya adalah motif tegel yang akhir-akhir ini mendapatkan perhatian masyarakat internasional. 

Tegel yang dikenal sebagai lantai bermotif unik rupanya memiliki sejarah panjang. Lantai tegel sudah lebih dulu didatangkan dari Portugal dan Spanyol dengan sebutan Azulejo. Menurut Kumparan, sejarah salah satu perusahaan tegel kuno di Indonesia ternyata berhubungan lho dengan pabrik pengrajin lantai ubin bernama Tegel & Beton Kunci di Pulau Jawa. Pabrik tersebut didirikan warga Belanda. Ini artinya pada saat itu pengaruh era kolonial Belanda pada industri lantai memang kuat.

Sedangkan ubin  semen dengan cepat mendapatkan popularitas perkembangan setelah menyebar ke Yogyakarta dan diproduksi pada 16 Desember 1929.  Pabrik mulai memasok tegel ke bangunan-bangunan  bersejarah seperti Keraton Yogyakarta.

Sayangnya, kondisi geopolitik yang bergejolak juga turut mempengaruhi industri ini cukup lama. Untungnya, tegel yang dulu sempat turun, kini kembali diminati dan dikenal hingga sekarang. Setelah tahu nilai historisnya yang tinggi, tertarikkah Anda ikut mengaplikasikan tegel yang legendaris ke dalam hunian? Yuk kita simak beberapa motif tegel khas dibawah ini yang dapat digunakanuntuk menghiasi hunian idaman anda :

1. Tegel untuk Ruag Keluarga

Tegel Priyayi

Kesan Klasik akan ditimbulkan ketika anda mengaplikasikan tegel di hunian anda. Contohnya ialah tegel yang diaplikasikan di ruang keluarga pada gambar diatas. Anda bisa menyandingkan dua warna keramik lantai sekaligus. Bisa juga, Anda menggunakan keramik lantai dengan motif khas pada satu sisi ruang sebagai aksen ataupun sebagai pemisah fungsi ruang. Apalagi pengaplikasian tegel pada lantai mampu menonjolkan karakter handmade ketimbang ubin dengan material lain. Atau opsinya Anda bisa menonjolkan bentuk coraknya tidak selalu simetris dan memiliki campuran warna yang kontras. Anda juga dapat menambahkan furniture unik atau vintage lainnya untuk menambah keindahan ruangan keluarga anda seperti contoh diatas.

2. Terlihat Beda, Kamar mandi dengan aplikasi Tegel

Tegel Priyayi

Fungsi kamar mandi saat ini tak hanya untuk membersihkan diri tetapi telah beralih juga sebagai mandi relaksasi utama. Kalau Anda termasuk kategori ini, penting agar memilih tegel dengan motif yang mudah dipadupadankan dengan elemen lain.

Selain itu kalau Anda berjiwa muda, maka ada motif Stamford yang cantik dan warna yang tidak pasaran. Atau mungkin Anda bisa memilih motif moroccan yang mengutamakan kesan elegan dan eksotis. Keramik tegel yang otentik biasanya juga terdapat tekstur di gambarnya dan membuatnya cocok dipasang di lantai kamar mandi. Adanya tekstur ini membantu mengurangi licin air dan sabun di kamar mandi.

3. Tegel untuk Ruang Makan konsep Klasik

Tegel Priyayi

Untuk area ruang makan yang sudah didominasi warna klasik seperti warna coklat, Anda bisa membuatnya menjadi terlihat semakin vintage dengan penggunaan ubin tegel motif bunga dengan warna senada. Tak hanya itu, ubin klasik warna coklat yang dipasang layaknya karpet akan menciptakan tampilan yang sangat menarik.Jangan lupa untuk menambahkan lighting yang tepat untuk menghiasi ruangan agar tampak semakin klasik ya, Aksesoris seperti kursi unik rotan ataupun kursi vintage lain juga dapat memberikan kesan klasik yang mewah pada ruang makan anda.

4. Nuansa Beda dengan Tegel untuk  Koridor Rumah anda

Tegel Priyayi

Koridor rumah merupakan bagian yang utama setelah teras dan taman ruman yang akan dilihat ketika anda memasuki sebuah hunian. Tegel dengan corak kotak-kotak untuk koridor rumah bisa memberikan kemewahan dan keindahan. Tak luput motif mozaik di koridor rumah dengan berbagai macam corak, juga bisa menciptakan nuansa istimewa.

Motif ini sangat cocok bagi anda yang ingin rumahnya terlihat klasik dan menawan tanpa menggunakan warna-warna yang mainstream. Tegel merupakan jenis lantai yang sangat digemari masyarakat saat ini, karena selain motifnya yang klasik, unuk dan beragam juga ketahanan dari tegel sendiri termasuk tahan lama, tentu saja faktor harga yang lebih murah dari jenis lantai lainnya juga menjadi faktor utama banyak masyarakat memilih tegel sebagai hiasan lantai dirumah.

5. Tegel untuk Ruang Tamu Rumah

pinterest.com

Ruang Tamu rumah ialah ruangan yang memberikan kesan utama bagi tamu Anda. Untuk itu, Anda bisa memadukan antara warna-warna cerah agar mendapatkan tampilan teras yang lebih fresh. Tapi bisa juga kok mengkombinasikan warna-warna mencolok seperti biru muda, hijau muda, kuning, merah muda atau warna-warna mencolok yang lainnya dengan warna netral agar detailnya juga terasa. Ingat sebaiknya pilih tegel yang mempunyai tekstur kasar supaya tidak tergelincir ya!

Berikan motif dengan warna soft yang menenangkan untuk memberikan suasan nyaman dan santai ketika sedang menerima tamu. Tegel bermotif tidak melulu memberikan kesan yang ramai lho. Seperti contoh diatas, adem sekali bukan diliatnya. :)

5. Berikan kesan nyaman di Dapur dengan Hiasan Tegel Unik

pinterest.com

Dapur merupakan spot terpenting yang harus dibikin nyaman dan menarik lho. kenapa? Karena dapur merupakan salah satu ruangan yang akan setiap hari dan sering kali digunakan untuk melakukan kegiatan masak memasak atau hanya sekedar membuat cemilan, ataupun minuman. Oleh karena itu, menghias dapur menjadi menarik merupakan hal penting karena agar kita tidak bosan untuk berlama-lama didapur. 

seperti gambar diatas, penggunaaan tegel dengan motif abstrak membuat dapur menjadi lebih berwarna dan tampak menarik, Dengan warna dasar abu dapur diatas terlihat tampak luas dan minimalis dengan gaya etnik yang berkelas.

Nah beberapa contoh tegel dan aplikasi pada ruangan rumah sudah kita ulas yah diatas. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. Jangan lupa untuk menyesuaikan kembali ke budget dan konsep rumah anda ya :)

 

 

 

 

 

Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter