article / Kitchen / INSPIRASI DAPUR TERBUKA YANG MEMPESONA!
27 Agustus 2021 2K Views

INSPIRASI DAPUR TERBUKA YANG MEMPESONA!


Bagi sebagian orang, memiliki dapur terbuka merupakan suatu kemewahan tersendiri yang memerlukan modal besar. Bagi sebagian orang lagi, dapur luar bukan sebuah pilihan alias mau tidak mau karena tidak adanya ruangan dapur di dalam rumah.

Kebanyakan rumah minimalis sederhana yang ditawarkan saat ini memang menggunakan konsep dapur luar, tugas anda sebagai pemilik rumah lah untuk menyulap dapur tersebut menjadi dapur yang nyaman untuk digunakan. 

Menariknya, selama kita tahu bagaimana cara menata dapur terbuka sederhana, kita dapat membuat dapur belakang rumah menjadi tempat memasak yang tak hanya nyaman digunakan, namun juga sangat unik dari segi desain.

1. Dapur Terbuka Minimalis

pinterest.com

Bagaimana? Contoh desain dapur luar sederhana di atas ini juga terlihat sangat cantik, bukan? Padahal, meja dapurnya hanya dibuat dengan material kayu biasa yang dicat dengan warna hitam gelap dan putih di atasnya.

Anda dapat dengan mudah mengaplikasikan desain dapur belakang rumah seperti ini. Selain dapat diwujudkan dengan modal kecil, dapur unik ini akan membuat memasak di rumah menjadi pengalaman yang menarik.

2. Dapur Mengadap Taman belakang Rumah

Pinterest.com

Karena langsung menghadap ke taman belakang rumah, dapur jadi kelihatan lebih lega dan terang. Desain dapur minimalis terbuka di belakang rumah seperti ini memang rentan debu, makanya gunakan tirai bambu di bagian samping dapur untuk menghalaunya. Selain debu, penggunaan tirai bambu juga dapat dimanfaatkan untuk menghalau angin supaya api kompor tetap stabil saat dipakai memasak.

3. Dapur di Sudut yang menyenangkan

Pinterest.com

Meskipun berada disudut belakang rumah, Dapur anda akan tetap menyenngkan ketika anda dapat dengan tepat mendekornya. Caranya dengan menambahkan tanaman hias serta mendekorasi perabot rumah tangganya. Tak perlu khawatir meski desain dapur terbuka di belakang rumah sederhana ini luasnya nggak lebih dari tiga meter. Toh yang penting kamu bisa memasak dengan nyaman dan peralatan dapur bisa tertata rapi, kan?

4. Daput terbuka dengan ruang yang minimalis

Pinterest.com

Desain dapur luar terbuka berbentuk vertikal ini nggak akan makan banyak lahan. Bahkan area belakang rumah berukuran 2×1 pun bisa dimanfaatkan. Tapi untuk memaksimalkan ruang penyimpanan dan agar barang tak mudah berdebu, baiknya gunakan kabinet tertutup di atas dan bawah meja dapur.

Hindari menaruh barang di meja dapur jika tak mau mudah kotor apalagi kalau belakang rumahmu belum diberi penutup maupun cor tanah. Walau mungil dan sederhana, nyatanya dapur terbuka seperti ini sering dijadikan alternatif desain pada rumah-rumah bersubsidi yang belum tersedia lahan khusus untuk dapur.

5. Dapur Terbuka dengan Konsep Industrial

Pinterest.com

Beda dengan konsep industrialis lainnya, karena lebih sederhana, maka material yang digunakan pun lebih dominan dengan kayu. Tapi tetap ada akses dinding terbuka tanpa cat serta penggunaan material besi berwarna gelap yang jadi ciri khas konsep industrialisnya. Bahkan, di penerangan pun tetap menggunakan lampu gantung dengan pencahayaan minim sesuai tema industrialis yang dipilihnya. Kelihatannya dapur yang digabung dengan ruang makan ini memang mirip warung. Tapi jelas lebih menarik berkat pemilihan material perkakas dan penataannya yang estetis.

6. Dapur dengan Tema Mini Bar

Pinterest.com

Coba bayangkan betapa asyiknya menghabiskan sore di dapur terbuka dengan pemandangan yang langsung menghadap ke taman? Wah, pasti menyenangkan sekali, kan? Ternyata konsep dapur seperti ini juga dapat diwujudkan pada rumah minimalis yang lahannya terbatas. Ukuran bar dapur nggak harus besar, bisa disesuaikan dengan luas ruangannya. Sekalipun bar cuma muat untuk dua kursi saja, tetap akan menyenangkan selama penataannya pas dan jauh dari kata berantakan.

Dibanding dapur tertutup atau dapur yang letaknya di dalam rumah, sebenarnya konsep dapur terbuka jauh lebih unggul karena hemat energi dan minim asap hasil proses memasak. Walau terbilang cukup mudah penataannya, belum banyak orang yang tertarik membuat dapur terbuka karena minimnya lahan, belum lagi pertimbangan ‘kengerian’ di saat malam. Padahal sebenarnya bisa diakali dengan membuat dapur semi outdoor yang bisa ditambahkan pintu kaca atau tirai yang  bisa dimanfaatkan sebagai penutupnya. Lagipula, desain dapur terbuka ini cocok sebagai alternatif lain untuk menjamu tamu saat diundang makan.

Jadi, bagaimana apakah anda sudah terinspirasi dengan artikel ini? Bbeberapa contoh konsep dapur diatas dapat menjadi referensi anda ketika ingin membangun sebuah rumah impian ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba :)

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter