article / Home Decor / INSPIRASI JENIS LANTAI VINYL, PENASARAN KAN? YUK KITA SIMAK
18 September 2021 340 Views

INSPIRASI JENIS LANTAI VINYL, PENASARAN KAN? YUK KITA SIMAK


Material untuk membangun rumah saat ini tersedia dalam berbagai varian, termasuk untuk melapisi lantai, salah satunya lantai vinyl. Material ini semakin banyak diminati, karena harganya terjangkau, gampang dari segi perawatan, mudah dipasang, serta mampu menampilkan interior ruangan dengan kesan alami.

Jadi sekarang tak perlu lagi merogoh kocek terlalu dalam untuk membuat atau menciptakan lantai rumah Anda elegan nan unik. Pemilihan material pelapis lantai itu gampang-gampang susah, terutama bila Anda menginginkan material lantai yang unik dan berkarakter, mudah dirawat, namun tetap menghemat kantong. Adalah material lantai vinyl yang dapat memenuhi kriteria-kriteria tersebut. Memang, jika dibandingkan dengan material pelapis lantai lain—khususnya material kayu—lantai vinyl memiliki harga yang relatif terjangkau. Tak hanya itu, lantai vinyl memiliki varian bentuk yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yakni bentuk ubin ataupun lembaran. Permukaannya pun lebih halus dari lantai kayu, dan terasa empuk saat dipijak, mengingat adanya lapisan kain atau busa di bawah lapisan vinyl. Selain itu, lantai vinyl merupakan salah satu material lantai yang tidak “rewel” mengingat permukaannya yang mudah dirawat dan tahan lama. Bahkan, beberapa produsen mengungkapkan klaim mengenai produk lantai vinyl yang bisa bertahan hingga 10-15 tahun. 

1. Lantai Vinyl Motif Kayu

houzz.com

Material bermotif serat kayu merupakan salah satu material yang kerap digemari masyarakat, mengingat tampilannya yang melahirkan kesan hangat, akrab, dan membumi. Selain itu, motif serat kayu juga bisa diterapkan dalam beragam penggayaan ruang, baik itu moden, klasik, hingga gaya retro sekalipun. Sayangnya, material kayu atau parket memiliki harga yang relatif mahal, dengan perawatan yang juga cukup sulit. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih material serupa kayu sebagai penggantinya. Salah satunya, lantai vinyl motif kayu. Dengan daya tahan yang tinggi pada air dan perubahan cuaca, lantai vinyl motif kayu ini bisa ditaruh dalam segala peruntukkan ruang. Seperti pada gambar ruangan di atas, lantai vinyl motif kayu menjadi pelapis lantai bagi area kering di sebuah kamar mandi. Motifnya menyerupai serat kayu alami yang berbeda-beda antara satu lembar dengan lembar lainnya. Berpadu dengan dinding biru muda dan furnitur lemari putih, lantai vinyl motif kayu ini memberi kesan hangat sekaligus chic pada ruangan tersebut. 

2.Lantai Vinyl Motif Batu

archiproducts.com

Lantai bermaterial batu alam merupakan salah satu pelapis lantai yang sering diaplikasikan dalam ruang-ruang luar, mengingat karakternya yang tahan pada air dan antislip. Sayangnya, Anda tetap harus merawatnya dengan rutin agar material tersebut tetap bersih, higienis, dan tidak berlumut. Selain itu, material batu alam memiliki karakter keras yang membuatnya susah dibentuk dan ditempatkan di mana saja. Oleh karena itu, lantai vinyl motif batu menjadi alternatif material bagi para pemilik hunian yang menginginkan kesan sejuk dan natural pada interior ataupun eksterior hunian tersebut. Seperti halnya inspirasi yang terdapat pada gambar di atas, interior kamar mandi tersebut dilapisi oleh lantai vinyl motif batu berwarna abu tua. Area kamar mandi yang diisi oleh bath tub putih itu terlihat harmonis dan segar. Lantai vinyl motif batu lah yang menjadi pembangun kesan natural dalam ruangan tersebut. 

3. Lnati Vinyl Motif Keramik

houzz.com

Tak bisa dipungkiri, kekayaan motif, warna, dan tekstur membuat material keramik tetap menjadi “raja” yang kerap dicari khalayak dalam pasar material pelapis lantai. Namun, sama seperti material lantai lainnya, ada kalanya keramik—yang tersedia dalam bentuk ubin atau tiles—sulit dibentuk seperti keinginan dan kebutuhan pribadi Anda. Namun, lantai vinyl motif keramik bisa mewujudkan keinginan tersebut. Anda bisa menciptakan berbagai bentuk sesuai kreasi dan kebutuhan Anda pada lantai vinyl motif keramik tersebut. Anda bisa melihat contohnya pada gambar inspirasi di atas. Terlihat sebuah ruangan dapur bergaya khas American Country dihiasi oleh lantai vinyl motif keramik yang berwarna hitam dan putih, seperti sebuah lembaran papan catur, bukan? Lantai vinyl tersebut dipadukan dengan kitchen set putih yang minim profil dan panel dinding berwarna merah bata, sehingga ruangan tersebut tetap terlihat homey namun tak terlalu penuh.

4. Lantai Vinyl Motif Zazaos Rose Des Vents

pinterest.com

Lantai vinyl dengan motif ini sangat cocok buat kamu yang menginginkan rumah dengan gaya vintage nan estetik. Motif lantai vinyl yang unik berupa bunga-bunga ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk lantai ruang keluarga. Warnanya pun bisa disesuaikan dengan selera. Warna lantai vinyl bisa dicocokan dengan perabotan rumahmu seperti meja, sofa bed, buffet hingga dinding atau wallpaper dinding yang kamu gunakan. Motif ini masih jarang digunakan disekitar, karena motif ini juga masih agak susah dicari dan harus Order PO terlebih dahulu biasanya.

5. Llantai  Vinyl Motif Beton

pinterest.com

Di tengah maraknya interior bertema industrial dan rustic membuat lantai beton “naik kelas”. Pasalnya, semula, lantai beton digunakan untuk ruangan-ruangan gudang ataupun pabrik yang terkesan “keras” dan “tangguh”. Namun, kini, mengingat banyaknya ruang publik yang mengadaptasi tema interior industrial tersebut, lantai beton mulai dipakai secara fleksibel. Seperti inspirasi pada gambar di atas, lantai vinyl motif beton menjadi pembentuk utama bagi gaya industrial dalam ruangan ini. Di tengah-tengah ruang, lantai vinyl motif beton ini dilengkapi oleh aksen warna berbeda yang menjadi focal point pada area tersebut, dilengkapi pula oleh furnitur berwarna senada—kursi berwarna mustard, sofa berwarna kuning, dan meja cokelat tua. Tetap terlihat eye-catching bukan?

6. Lantai Vinyl Slate Effect Cushioned

Pinterest.com

Jika kamu ingin memiliki rumah dengan suasana tradisional khas pedesaan di Amerika, kamu bisa menggunakan lanta vinyl slate-effect seperti bata dari batu berwarna hitam pekat dengan pola tak beraturan. Tapi lantai vynil jenis ini tidak cocok untuk diaplikasikan di ruang tamu.

Nah apabila dilihat dari segi harga, lantai vinyl ini adalah jenis pelapis lantai dengan harga yang relatif murah. Lantai vinyl sebenarnya memiliki banyak sekali kelebihan yang bisa kamu pertimbangkan untuk kedepannya.

Bagaiamana apakah ada yang sudah membuat anda kepincut dari keenam inspirasi lantai Vinyl diatas? Jangan lupa untuk menyesuaikan kembali dengan budget anda ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba :)


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter