article / Rooftop / INSPIRASI ROOFTOP GARDEN MINIMALIS DENGAN BUDGET EKONOMIS BESERTA TIPS MEMBANGUNNYA
18 Juni 2021 2K Views

INSPIRASI ROOFTOP GARDEN MINIMALIS DENGAN BUDGET EKONOMIS BESERTA TIPS MEMBANGUNNYA

Hello Peps,

Rumah adalah tempat untuk melepas penat dan menyegarkan pikiran dari berbagai beban dan permasalahan hidup. Maka dari itu, perlu dan penting sekali menjadikan rumah sebagai tempat yang penuh dengan rasa tenang serta nyaman. Bahkan, untuk mewujudkan atau mendapatkan ketenangan tersebut, orang – orang kerap membangun space atau lahan kosong di dalam rumahnya menjadi tempat meditasi dan menenangkan pikiran.

“tapi, tinggal dirumah padat penduduk dengan lahan rumah terbatas, gimana caranya biar bisa punya tempat untuk menenangkan pikiran?”

Ah, pertanyaan bagus!

Lahan rumah memang luasnya terbatas, tapi tingginya? Jelas tidak terbatas dong. Maka dari itu, khusus untuk kamu yang memiliki lahan rumah terbatas tapi ingin punya ruang untuk menenangkan pikiran, ada baiknya untuk memanfaatkan bagian atap rumah sebagai ruang tambahan yang bisa digunakan untuk menenangkan pikiran.


https://id.pinterest.com/pin/16818198596929494/

Tentu, caranya bukan jadi nongkrong diatas atap ya. Tapi dengan membangun ruang baru seperti rooftop misalnya. Nah, membangun rooftop ini jelas tak akang memakan biaya yang cukup besar, terlebih jika memang bagian atap sudah diplester atau diratakan. Rooftop yang akan dibangun sebagai tempat untuk menenangkan pikiran juga sebaiknya diisi dengan barang – barang atau kebutuhan yang akan mempercantik isinya. Misalnya, mengisi rooftop dengan tanaman – tanaman hias alias membuat rooftop garden!

Bicara mengenai rooftop garden, ini juga bisa jadi salah satu solusi dan jalan alternatif yang bisa dipilih oleh orang – orang jika ingin membangun taman namun tak memiliki lahan yang cukup besar. Nah, untuk rekomendasinya, yuk intip beberapa konsep rooftop garden minimalis ini yang bisa  dibangun dengan biaya super ekonomis!

1. Rooftop Garden Flower


https://id.pinterest.com/pin/20266267046358340/

Jika kamu ingin membentuk taman atau kebun mini pada rooftop namun mau yang anti – mainstream, maka rekomendasi untuk membangun rooftop flower garden adalah pilihan yang tepat. Selain beda dengan kebun atau taman kebanyakan, rooftop flower garden ini ternyata akan membuat tampilan rooftop rumahmu sangat aestetik nan cantik lho!

2. Rooftop Vegetable Garden


https://id.pinterest.com/pin/218213544433639432/

Rekomendasi konsep taman atau kebun di rooftop yang kedua adalah rooftop vegetable alias kebun sayur di rooftop. Buat kamu yang menganggap ini mustahil, ternyata memang bisa kok menjadikan rooftop sebagai kebun sayur mini. Lumayan kan, daripada kosong, rooftop jadi lebih asri dan tentunya sayuran yang ditanam bisa dikonsumsi sendiri. Lebih sehat, lebih hemat!

3.Rooftop Tanaman Hias

https://id.pinterest.com/pin/330310953910988386/

Nah, untuk konsep atau ide taman yang bisa dibangun pada rooftop adalah tanaman hias rooftop. Ya, sesuai dengan namanya, rooftop ini diisi oleh berbagai tanaman hias milikmu. Tapi, perlu diingat, karena area rooftop ini cenderung terpapar sinar matahari yang sangat kuat, maka ada baiknya untuk memilih tanaman hias yang tahan akan panas serta mudah dalam perawatannya ya.

Itulah beragam rekomendasi konsep rooftop garden yang bisa dipilih jika ingin membangunnya sebagai ruang penyegaran pikiran saat dirumah. Namun, sebelum membangunnya, ada beberapa hal penting nih yang perlu diperhatikan dan diterapkan agar rooftop garden dapat dibangun dengan baik dan nyaman. Kira – kira apa saja hal penting tersebut? Berikut rincian selengkapnya!

https://id.pinterest.com/pin/410460953515468674/

  1. Tentukan lokasi bagian atap yang akan dijadikan sebagai rooftop sesuai dengan desain dan bentuk bangunan rumah
  2. Memilih dan menentukan tipe taman yang akan dibangun, jika masih bingung silakan cek rekomendasi tipe tamannya diatas ya!
  3. Menentukan jenis tanaman dan perabotan yang akan ditaruh pada rooftop, agar lebih nyaman ketika ditempati
  4. Menggunakan rumput sintetis agar rooftop lebih asri dan adem

 

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter