article / Interior / INSPIRASI RUANG BAWAH TANAH BISA DIBIKIN APA AJA SIH? YUK KITA SIMAK INSPIRASINYA
19 Agustus 2021 517 Views

INSPIRASI RUANG BAWAH TANAH BISA DIBIKIN APA AJA SIH? YUK KITA SIMAK INSPIRASINYA


Biasanya, ruang basement (ruang bawah tanah) di rumah dijadikan gudang atau area servis. Karena fungsinya tersebut, desain basement rumah pun seringkali terbaikan bahkan terkesan horor. Jika diberi perhatian lebih, sangat mungkin basement  tampil lebih fungsional.  

Ruang bawah tanah identik dengan kesan yang suram, pengap, dan tersembunyi. Tapi di zaman serba modern dan mengedepankan estetika ini, ruang bawah tanah bisa tampil dengan desain yang mengagumkan. Ada yang menggunakannya sebagai ruang keluarga, bioskop mini, ruang makan, ruang penyimpanan anggur, hingga kamar tidur. Hasilnya tidak kalah nyaman dan mengagumkan layaknya ruangan biasa.

1. Ruang bawah tanah untuk penyimpanan Wine
pinterest.com

Wine atau minuman anggur tidak bisa disimpan dengan sembarangan. Ruangannya harus bebas dari sinar matahari atau lampu neon, serta suhu udara tidak boleh lebih dari 24 derajat Celcius. Dengan demikian, ruang bawah tanah bisa menjadi lokasi yang tepat. Tanpa sinar matahari, ruang bawah tanah akan menjadi lebih sejuk.

Contohnya adalah desain ruang penyimpanan wine bawah tanah yang satu ini, nuansanya mengingatkan kita akan gaya Mediterania atau Italia klasik. Dindingnya dilapisi batu alam berwarna cokelat. Di sisi kanan dan kiri ada rak untuk penyimpanan botol wine yang tersusun rapi. Tidak ketinggalan, di bagian tengah ada meja kursi untuk menikmati segelas wine.

2. Tempat nongkrong ngumpul dan bermain bareng temen
pinterest.com
 
Desain basement rumah satu ini tampak begitu seru. Basement-nya dijadikan sebagai ruang bermain yakni ada untuk biliar atau untuk tenis meja. Inspirasi ini memungkinkan Anda untuk mengundang saudara, teman, dan sahabat untuk kumpul di basement rumah Anda. Ajang kumpul-kumpul seru pun tak hanya bisa dilakukan di luar rumah. Dari dalam bahkan dari ruang basement pun juga bisa dilakukan dengan suasana yang tak kalah serunya.
 
3. Ruang bawah tanah sebagai Bioskop Mini
pinterest.com
 
Ruang bawah tanah memiliki sifat yang kedap suara sehingga cocok dijadikan sebagai bioskop mini. Kamu bisa menonton sepuasnya dengan volume suara yang lumayan keras tanpa membuat tetangga risih. Lengkapi bioskop mini di ruang bawah tanah ini dengan kursi nyaman, layar besar, dan sound system yang mumpuni. Bioskop mini ini keren juga untuk dijadikan tempat berkumpul antar teman ketika ada film yang baru rilis.
 
4. Ruang bawah Tanah sebagai Kamar Tidur
 
Pinterest.com
 
Inspirasi satu ini bisa Anda coba. Tak hanya sebagai area hiburan, basement juga bisa dijadikan ruang paling privasi yakni kamar tidur. Lokasinya yang di bawah tanah memang paling pas menjadikan basement sebagai ruang paling intim dalam rumah. Agar tidak terlalu gelap dan pegap, jangan lupa untuk tambahkan banyak pencahaaan buatan yakni lampu dan pengudaraan lewat AC atau kipas angin. Pencahayaan dan pengudaraan yang maksimal membuat kamar tidur di basement lebih nyaman untuk ditempati.
 
5. Sulap Basement jadi Mini Bar
 
 
Tak perlu lagi ke kafe atau restauran jika ingin menjamu sahabat. Desain basement rumah ini disulap menjadi area nongkrong asyik ala bar di kafe-kafe. Agar tampilannya mirip seperti di kafe, Anda bisa masukkan meja dan kursi tinggi dengan rak yang berjejerkan minuman-minuman. Jika ingin tampilannya industrial, Anda bisa mencontoh desain basement rumah di atas. Batu bata merah tanpa acian sebagai material dinding serta balok kayu sebagai meja bar-nya. Industrial di basement membuatnya tampil keren. 
 
Basement merupakan salah satu elemen yang tak dapat diabaikan begitu saja. Tidak hanya dapat difungsikan sebagai parkir kendaraan saja, namun basement juga dapat didesain sedemikian rupa menjadi ruang tempat bermain atau berkumpul keluarga. Kini kesan horor yang melekat dengan basement sudah hilang, kan?
Nah itu dia beberapa insprasi menarik tentang Ruangan Unik di Ruang bawah tanah atau di Basement. Semoga artikel ini bermanfaat dan Selamat Mencoba :)

Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter