article / Interior / INSPIRASI RUANG BELAJAR ANAK YANG KECE ABIS!!
23 Juli 2021 2K Views

INSPIRASI RUANG BELAJAR ANAK YANG KECE ABIS!!

Tahun ajaran baru sudah dimulai kembali. Namun, pandemi Covid-19 belum berakhir sehingga mengakibatkan sekolah-sekolah di Indonesia masih ditutup. Anak-anak mau tidak mau mengikuti proses belajar secara online di rumah masing-masing. Kondisi ini tidaklah mudah. Suasana yang berbeda antara rumah dan sekolah sering kali menjadi penyebab anak-anak sulit fokus belajar di rumah.

Saat ini yang bisa disiapkan setidaknya adalah membuat ruang belajar untuk anak di rumah. Layaknya orang dewasa yang memerlukan ruang kerja yang terhindar dari gangguan, nyaman, serta mendapatkan pencahayaan yang cukup, hal yang juga dibutuhkan untuk anak Anda. Nah, berikut kami coba susun lima tips untuk menciptakan ruang belajar anak di rumah yang ideal.

1. RUANG BELAJAR PENUH INSPIRASI

pinterest.com

Ruang belajar untuk anak memang harus didesain sedemikian rupa untuk membuat anak tidak malas untuk belajar. Konsep yang santai tetapi tetap fokus dapat diusung untuk membuat ruang belajar anak dirumah.

Nah, supaya si Kecil semakin fokus, usahakan agar ruang belajar tidak dipenuhi dengan tumpukan atau dekorasi yang bisa jadi distraksi. Biarkanlah bagian lantai tetap kosong dan maksimalkan akses masuk pencahayaan yang alami agar si Kecil tidak jenuh saat belajar.

Jangan lupa gunakan penyimpanan yang memadai untuk meletakkan buku-buku atau peralatan tulis. Nah, supaya ruang belajar tidak terasa kaku, melainkan terkesan ceria dan hangat, beri sentuhan warna yang memicu semangat dan kreativitas, seperti kuning.

2. Ruang Belajar Favorit Anak


pinterest.com

Kali ini Gaya Feminin pada ruang belajar anak menjadi sebuah sentuhan yang elegan. Ruang belajar bukan hanya dipakai anak untk belajar saja, tetapi juga bs dipakai anak untuk berkreasi dan menemukan ide-ide cemerlang. Maka dari tu,Konsep belajar sesuai dengan karakter anak memang sangat diperlukan. Contohnya ruang belajar diatas, konsep feminin ini cocok sekati untuk puteri anda dalam belajar dan bereksplorasi.

Ruang belajar idealnya tetap punya karakter yang sesuai dengan penggunanya. Nah, kalau si Kecil sangat terobsesi menjadi seorang putri kerajaan, kamu bisa menerapkan desain ruang belajar ini untuknya. Dengan pemilihan warna feminin, dekorasi yang lembut, dan juga perabot yang serba cute, pasti si Kecil makin betah seharian untuk belajar dan menggali ide-ide baru.


3. Ruang Belajar dan Ruang Tidur


pinterest.com

Bagi anda yang tidak memiliki cukup ruang untuk membuat ruang belajar terpisah. Anda dapat menggabungkan ruang belajar dengan kamar tidur anak. Buat Konsep yang minimalis sederhana agar tetap nyaman ketika dipakai tidur.

Dalam gambar ini terlihat ruang tidur dengan meja belajar yang minimalis serta pencahayaan dan sirkulasi udara yang sangat baik. Sirkulais udara yang baik tentunya sangat baik apalagi untuk mendukung kegiatan belajar anak.

Pencahayaan yang optimal dan sirkulasi udara yang lancar membuat aktivitas belajar berjalan dengan baik. Selain menggunakan lampu sebagai sumber pencahayaan, ada baiknya pula desain ruang belajar anak mendapatkan pencahayaan alami dari sinar matahari. Namun, agar tidak menjadi panas, ruang tersebut harus memiliki sirkulasi udara yang lancar sehingga ruang tetap sejuk di siang hari.

4. Ruang Belajar Tema Kayu

parasei.com

Segala hal yang berhubungan dengan tema vintage pasti selalu ada sentuhan kayu. Contohnya ruang belajar diatas, selain ruang belajar yang lapang namun juga sangat elegant dengan ornamen srba kayu dan berwarna coklat. Kegiatan belajar online menuntut anak-anak belajar setiap harinya di rumah. Karenanya, faktor kenyamanan harus hadir di ruang belajar mereka. Pilihlah furnitur kursi dan meja yang sesuai dengan usia dan tinggi badan anak Anda. Kursi jangan terlalu tinggi yang dapat menyebabkan kaki anak menggantung, bagian bawah bisa dilengkapi roda sehingga memudahkan si anak “bergerak”, dan sebaiknya kaki kursi cukup fleksibel bisa dinaik turunkan. Selain tinggi dudukan, pilih kursi yang dilengkapi dengan sandaran punggung yang empuk agar anak tidak merasa pegal saat harus duduk lama untuk belajar.

Tak jauh berbeda dengan furnitur meja. Tingginya pun harus diatur mengikuti tinggi si anak, permukaan mejanya rata dan halus, serta dilengkapi dengan laci untuk menyimpan buku dan alat tulis sehingga tidak menumpuk di meja

5. Ruang Belajar Tema putih dan Biru

pinterest.com

Perpaduan warna putih dan biru memang tak pernah failed. Perpaduan ini menciptakan warna yang lembut dan penuh semangat. Sesuai dengan tema nya, ruangan ini cocok sekali untuk putra anda yang senang berkreasi. Furniture yang simpel dan minimalis membuat kesan ruangan yang adem dan hangat.

Jangan lupa pertimbangkan kombinasi warna antara perabot dan dinding, plus stiker wall art yang inspiratif dan bikin semangat. 

6. Pojok Ruang Belajar

pinterest.com

Tidak perlu khawatir jika anda tidak memiliki space ruangan untuk memberikan ruang belajar anak. Cukup berikan sedikit space di ruang keluarga misalnya, tempatkan meja belajar minimalis dan kursi minimalis sudah dapat dipakai untuk belajar anak.

Atau jika anda tidak memiliki ruang keluarga, Anda bisa menggunakan sedikit tempat di ruang tamu atau dapur untuk dijadikan ruang belajar anak. Pilih lokasi ruangan yang strategis yang dapat memudahkan Anda untuk berkegiatan sambil mengawasi anak yang sedang belajar dan bermain.

Yuk, ciptakan ruang belajar anak yang ideal agar anak semangat belajar meski dilakukan secara online di rumah.

Pastikan kamu mengajak si Kecil berdiskusi juga dalam menentukan desain ruang belajar yang sesuai kepribadiannya supaya dia semakin semangat, ya! Semoga bermanfaat dan selamat mencoba :)


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter