article / Dining / INSPIRASI RUANG MAKAN ANDALAN KELUARGA, BIKIN MAKAN TAMBAH NYAMAN :)
07 Oktober 2021 1K Views

INSPIRASI RUANG MAKAN ANDALAN KELUARGA, BIKIN MAKAN TAMBAH NYAMAN :)


Minimalisme memengaruhi segala hal, ke berbagai jenis dan model karya seni, tidak terkecuali desain interior. Desain minimalis menjadi salah satu cara terbaik untuk mendapatkan penampilan dan suasana ruang dengan kesederhanaan, garis yang bersih dan rapi, juga estetika ruang minimal tanpa mengabaikan fungsi.

Konsep interior ini sama sekali tidak menghilangkan kenyamanan. Justru sebaliknya. Minimalis mengutamakan hal tersebut dengan cara meminimalisir penggunaan berbagai elemen dan unsur dekoratif yang dianggap membebani kapasitas ruang. Ruang makan minimalis sudah pasti merupakan bagian dari rumah bergaya minimalis. Rumah minimalis sendiri adalah rancangan rumah-rumah berukuran tidak kecil juga tidak besar, tetapi cukup ideal. Nah kali ini kita bakal mengulas tentang desain meja makan yang unik dan bisa jadi inspirasi untuk ruang makanmu. Seperti apa saja? Yuk simak ulasan di bawah ini!

1. Ruang makan konsep abad pertengahan

pinterest.com

Desain ruang makan dengan tema abad pertengahan identik dengan gaya yang fleksibel dengan dinding-dinding dari bahan alami atau menggunakan material batuan marmer. Konsep ini cocok dipadukan dengan meja makan berbahan kayu serta kursi makan minimalis dari material yang sama. Meja makan ini bertema abad pertengahan tetapi terlihat nilai mewah bukan? kesan minamlis juga bisa diciptakan ketika anda menempatkan meja makan ini di ruangan anda yang minimalis, anda dapat mengatur posisinya agar tidak kelihatan sempit dan juga anda dapat menambahkan beberapa aksen hiasan sesuai dengan karakter anda.

2. Meja makan Alumunium

pinterest.com

Apabila Anda tertarik untuk mencari meja makan minimalis yang ringkas dan tidak susah untuk dipindah-pindah, maka Anda bisa memilih sebuah meja makan yang terbuat dari alumunium. Bahan alumunium dikenal sebagai salah satu bahan yang ringan dan sangat tahan untuk digunakan dalam waktu yang lama.

Alumunium memiliki ketahanan yang baik, tidak berkarat apabila digunakan pada tempat yang lembab seperti ruang makan. Anda juga tidak perlu takut akan tumpahan cairan karena meja yang terbuat dari alumunium ini sangat mudah untuk dibersihkan. Meja makan ini tentunya sangat indah apabila anda memberikan aksen hijau pada ruangan makan anda.

3. Meja Makan Bergaya Jepang

pinterest.com

Ruang makan dengan gaya atau konsep ala Jepang memang identik dengan tema lesehan menggunakan tatami sebagai alas. Kamu juga bisa menggantinya dengan karpet bulu yang nyaman sebagai alas ketika kamu makan. Untuk meja makan, kamu bisa memakai meja makan kayu yang didesain rendah untuk konssep lesehan. Untuk menambah kesan yang cantik, kamu bisa juga menambahkan floor cushion atau alas kursi yang empuk. Mani sekali bukan gaya lesehan ini? Selain manis juga akan muat untuk beberapa orang lho apalagi untuk anda yang mempunyai keluarga besar.

5. Meja Makan dengan Konsep Santai ala breakfast Nook

Pinterest.com

Ruang makan dengan konsep breakfast nook atau kitchen banquet memang masih jarang digunakan oleh kebanyakan orang. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba. Breakfast nook ini sendiri biasanya digunakan oleh mereka yang ingin memanfaatkan ruang yaitu nook (lengkungan pada rumah) sehingga bisa menjadi ruang makan yang unik. Ternyata meja makan yang berbeda bisa memberi kesan yang berbeda pula untuk ruang makanmu, ‘kan? Makanya, pilihlah meja makan dengan hati-hati, ya! Namun, hal ini tidak hanya berlaku untuk meja makan saja, tapi juga untuk aneka furnitur lainnya, seperti lemari, kursi, dan tempat tidur.

6. Meja Makan Warna Hangat Hitam dan Coklat

 

pinterest.com

Desain minimalis memang tidak boleh menggunakan banyak warna. Karena itu, banyak pernak-pernik minimalis yang mengusung warna monkrom atau satu warna. Meski demikian, bukan berarti Anda tak boleh memiliki corak atau aksen.

Penggunaan satu warna terang di antara warna gelap bisa menciptakan suasana ruangan yang lebih kontras namun harmonis. Misalnya dengan menggunakan warna merah, kuning, jingga, atau hijau terang yang mencolok pada satu bidang yang luas di antara warna-warna kalem seperti hitam atau abu-abu. Warna terang ini bisa menghilangkan kesan monoton yang membosankan, yang menjadi salah satu kelemahan desain minimalis.

7. Meja makan Lipat bertema scandivian

ikea.com

Gaya scandinavian memang jadi andalan pasutri yang punya rumah dengan lahan terbatas. Meja lipat yang satu ini bisa kamu gunakan untuk 2 sampai 6 orang tergantung kebutuhan. Mau dilipat, dipanjangkan, ditaruh di sudut maupun di tengah ruang meja makan ini tetap bisa menyempurnakan ruangan. 

Meja makan yang fungsional ini bisa mewujudkan furnitur rumah yang memiliki lahan terbatas, karena kamu gak perlu beli banyak meja. Hanya dengan satu meja kamu bisa melakukan banyak aktivitas.

Nah bagaimana anda pasti mulai bingung kan menentukan gaya meja makan yang mana yang akan menjadi pilihan anda? Yuk sesuaikan kembali dengan budget dan ukuran ruangan anda ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba ya :)

 

 

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter