article / Building / INSPIRASI RUMAH KONTEMPORER YANG INSPIRATIF. SIMAK YUK!!
26 Oktober 2021 4K Views

INSPIRASI RUMAH KONTEMPORER YANG INSPIRATIF. SIMAK YUK!!


Mungkin ada yang bilang rumah kontemporer sama saja dengan rumah modern. Tidak ada salahnya sih, kalau mengingat beberapa kemiripannya: minimalis, garis struktur bangunan yang tegas, serta memiliki kesan yang open

Namun begitu, ada yang bilang desain kontemporer dan modern beda. Desain rumah modern mengacu pada desain rumah yang muncul pada awal abad 20 hingga 1950-an. Maka Anda bisa mengatakan rumah gaya Art Deco 1920-an, Mid-Century 50-an, dan gaya vintage 1970-an memiliki gaya modern.

Sementara itu desain kontemporer adalah desain kekinian, gaya yang sedang berkembang pada suatu titik waktu yang dianggap sebagai now bagi orang yang melihatnya. Bentuknya bisa mengambil dari berbagai gaya arsitek sebelumnya, termasuk gaya modern dan cenderung agak futuristik. Sering kali  rumah kontemporer menekankan unsur sustainability, desain hemat energi, ramah lingkungan, serta menggunakan material repurposed macam kotak peti kemas dan lainnya.  

Apa pun pendapat antara antara perbedaan desain modern dan desain kontemporer, saat ini jika Anda sedang mencari ide rumah kontemporer, yuk simak desain kontemporer menarik  untuk inspirasi Anda. 

1. Rumah Kontemporer Elektrik Namun Manis

pinterest.com

Rumah kontemporer bisa pula berarti rumah yang sesuai dengan selera kekinian dari si pemilik, seperti rumah yang berlokasi di Madiun, Jatim, ini. Pemiliknya sangat menyukai material lawasan namun juga berselera kontemporer. Maka kemudian desainer  dari Andyrahman Architect membuat Graha Lakon (Lawas-Kontemporer) yang begitu eklektik gayanya. Anda mendapati fasad minimalis yang padat item lawas seperti pintu ukir lokal, daun jendela kayu lawas, dan jendela jalousie vintage gaya 70-an. Tertarik? Dengan desain yang minimalis nan asri dilengkapi dengan pepohonan didepan rumah menjadikan rumah ini nampak sangat istimewa.

2. Desain Rumah Kontemporer Futuristik

archdaily.com

Dirancang oleh Cañas Arquitectos, rumah kontemporer yang berada di Costa Rica ini mengkombinasikan komposisi bentuk geometrik yang formal dengan sudut yang dinamis sehingga menghadirkan hunian rumah kontemporer yang modern dan memiliki nuansa desain futuristik. Dengan eksterior dan interior serba kaca bening putih dan atap berwarna putih menjadikan rumah ini tampak sangat modern. Dilengkapi dengan kolam renang terbuka dibagian belakang rumah yang apik, membuat kesan anda akan seperti liburan di hotel lho. Gaya futuristik membuat rumah ini menjadi rumah unik yang akan membuat kenyamanan setiap tamu yang datang.

3. Rumah Kontemporer Ekspresif

pinterest.com

Rumah Kontemporer satu ini sangat modern dan eksresif, dengan Gaya kekinian anak muda menggambarkan karakter dari permilik rumah yang ekspresif. Kalau rumah kontemporer harus ada kaca dan logam, dan warna grey maka Anda akan mendapatkan rumah kontemporer pada rancangan arsitek Riri Yakub, Harindra Mahutama, dan Jeremiah Handoko ini. Rumah yang berada di Serpong ini juga akrab dan menyatu dengan lingkungan. Desainnya paduan garis minimalis tegas dan fluid, menekankan kelancaran aliran udara dan paparan cahaya alami. Lebih dari itu, desainnya juga ikonik, bisa mewakili selera pemiliknya. Dengan dikelilingi dengan tembok pagar berumput yang menjulang tinggi membuat kesan asri pada rumah kontemporer satu ini lho.

4. Rumah Gaya Kontemporer dengan Elemen Garis yang Dinamis

pinterest.com

Nah, berikut ini rumah gaya kontemporer yang asik banget nih. Tterletak di tengah kebun atau hutan dengan dikelilingi pepohonan nan rindang dan sejuk membuat rumah ini sangat menenangkan. Aksen kayu pada beberapa dinding menciptakan gaya dinamis. Ditambahi dengan garis yang dirancang pada jalan menuju ke rumah ini menciptakan pemandangan yang indah bukan? Dengan model yang unik, lain daripada yang lain menjadi salah satu hal yang menarik pada rumah kontemporer satu ini. Dengan balkon yang simpel menghadap ke arah taman depan rumah yang bisa membuat anda nyaman bersantai di pagi hari maupun sore hari melihat senja. Wajah desain rumah kontemporer juga bisa didapatkan tanpa memberikan gubahan masa yang terlalu rumit. Dengan permainan sudut dan elemen garis yang dinamis, kesan kontemporer dan modern juga bisa didapatkan seperti yang bisa kamu lihat dari rumah bergaya kontemporer karya Atrium Architects yang berlokasi di dekat kota Moskow.

5. Rumah Gaya Kontemporer Skandinavia

pinterest.com

Setidaknya ada empat faktor yang membuat rumah (atau furnitur) Skandinavia menjadi sangat disukai belakangan ini, yaitu fungsionalitas, durabilitas, simplisitas, dan reliabilitas. Gaya Skandinavia jiga sangat adaptable, seperti rumah langgam Skandinavia yang terletak di Mulyorejo, Surabaya, ini. Para arsitek ARA Studio membuat rumah dengan fasad geometrik yang sangat simpel namun manis dengan paduan zincalume dan beton ringan. Gaya rumah kontemporer dua lantai ini bisa menjadi pilihan jika Anda ingin tampil beda.   

6. Rumah Gaya Kontemporer berbentuk Tower

pinterest.com

Rumah kontemporer satu ini merupakan hasil renovasi, atau lebih tepatnya transformasi dari hunian konvensional menjadi sebuah karya arsitektur kontemporer yang menarik.

Jika hunian umumnya melebar kesamping, rumah ini dibangun secara vertikal layaknya menara. Selain itu, hal yang menarik lainnya dari hunian kontemporer ini adalah pemilihan material yang kontras namun tetap menciptakan komposisi yang estetis namun tidak konvensional. Jika anda ingin rumah yang menarik dan beda dengan rumah kontemporer lainnya, anda bisa menggunakan ide rumah kontemporer dengan bentuk toer ini lho. Pastikan kembali untuk menyesuaikan dengan lingkungan lahan yang akan anda bangun rumah ya. 

Itulah beberapa kreasi rumah kontemporer yang dirancang oleh berbagai arsitek di penjuru dunia. Tak sulit menciptakan rumah kontemporer untuk hunian pribadi karena pada dasarnya tak ada aturan yang mengikat rancangan pada gaya kontemporer. Anda juga dapat berkreasi sesuai dengan karakter dan keinginan anda ya. Pastikan kembali untuk membangun rumah sesuai dengan budget yang anda miliki. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba :)


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter