article / Home Decor / Integrated Aquarium, Menyapa Ikan Dengan Cara Unik.
28 Februari 2020 3K Views

Integrated Aquarium, Menyapa Ikan Dengan Cara Unik.


Aquarium adalah salah satu game changer dalam sebuah tata ruang dalam karena dapat menarik perhatian dengan mudah melalui tata ruang di dalam akuarium, jenis-jenis ikan, maupun lampu-lampu yang menerangi ruang dalam akuarium tersebut. Ada banyak referensi desain akuarium yang unik, terlihat menyatu dengan dinding maupun desain akuarum biasa. Akuarium dapat memberi perubahan berarti dalam sebuah ruangan, ataupun sebaliknya. Silahkan cek referensi desain di bawah ini.

 

sumber foto: ofdesign.net

Jika membayangkan kata aquarium, pasti yang terbesit selalu aquarium berdimensi persegi atau persegi panjang dan diletakkan di atas meja serta lengkap dengan peralatan filter air.  Contoh desain di atas adalah salah satu contoh desain yang tidak lazim, unik, dan menarik.  Aquarium yang di desain tepat di bawah meja kantor/meja tamu sangat jarang ditemui karena beberapa faktor yang menjadi penghalang atau menyusahkan penghuni. Walaupun unik dan pasti menarik perhatian, tamu maupun penghuni pasti betah berlama-lama di ruang tamu untuk sekedar duduk dan membaca buku sambil sesekali melihat ikan-ikan di bawah meja. Menarik, namun harus siap dengan konsekuensi suara yang dihasilkan filter aquarium dan menyiapkan colokan khusus yang ter integrasi di bawah lantai agar terlihat rapi.

 

sumber foto: ofdesign.net

Berbeda dengan contoh desain aquarium yang pertama, aquarium di atas lebih formal dan simpel seperti aquarium pada umumnya. Aquarium tersebut, selain sebagai point of interest di dalam ruang, juga berfungsi sebagai semi partisi antara ruang keluarga dan dapur serta ruang makan.  Fungsi aquarium sebagai partisi dari dua view ruang yang berbeda tentu menambah value yang lebih untuk penghuni.  Selain hal-hal di atas, aquarium tersebut berdimensi cukup panjang dengan frame luar seperti alumunium atau besi untuk menunjang penampilan.

 

sumber foto: ofdesign.net

Referensi desain aquarium selanjutnya mungkin salah satu desain yang agak sulit dalam hal maintain dan instalasi. Aquarium tersebut diletakkan di antara rak-rak buku atau lebih tepatnya di center rak buku. Model aquarium seperti ini, selain menarik, pasti membuat tamu merasa heran dan bertanya-tanya mengenai instalasi dan pembuatan. hingga perawatan jika mulai kotor dan berlumut.  Desain seperti di atas kurang disarankan karena hanya terlihat menarik sesaat saja namun membutuhkan maintain yang sangat menyusahkan penghuni rumah.

 

sumber foto: ofdesign.net

Desain aquarium selanjutnya adalah aquarium yang terlihat menyatu dengan lemari dan struktur kolom rumah. Aquarium tersebut berdimensi persis dengan lemari sehingga membuat seolah menyatu. Dimensi aquarium yang cukup besar, pasti memanjakan mata penghuni dan tamu yang berkunjung. Poin of interest pun makin berpusat ke aquarium karena perabot-perabot di sekelilingnya berdesain minimalis berwarna putih. Jika berminat membuat aquarium seperti ini, pastikan desain filter tidak terlihat dari luar aquarium atau akan membuat desain aquarium tersebut kurang sempurna dan sedikit terganggu oleh adanya selang dan filter yang ada.

 

sumber foto: ofdesign.net

Desain aquarium terakhir adalah desain termewah dan termahal dari segi material, instalasi, dan material penunjang aquarium tersebut.  Aquarium di atas juga menggunakan konsep integrated agar terlihat menyatu dengan dinding. Kali ini, satu bidang kaca aquarium berbentuk melengkung yang harus kastem menyesuaikan ukuran yang disepakati.  Dengan dimensi dan tinggi yang cukup signifikan, instalasi taman dalam aquarium juga dibutuhkan ke akuratan agar tidak mengulang pekerjaan yang sama karena tinggi aquarium yang cukup menyusahkan. Pada umumnya, aquarium di atas akan memukau siapapun karena tiga faktor utama yaitu kaca melengkung, dimensi aquarium yang sangat besar, dan konsep integrasi yang seolah menyatu dengan dinding.

 

sumber : apriliahome.com


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Apriliahome
Aprilia Home adalah perusahaan furniture yang berdiri sejak 3 Januari 2017 di Kota Yogyakarta. Dimana perusahaan ini menggunakan olahan limbah tidak terpakai dari Jogja Foamindo sebagai bahan utama hingga menghasilkan produk yang berkualitas. Aprilia Home merupakan sister company dari Jogja Foamindo. Limbah foam dari Jogja Foamindo yang tidak terpakai digunakan oleh Aprilia Home sebagai bahan utama (foam) untuk memproduksi berbagai macam produk seperti poufs, pillows, dan small furnitures yang diperlukan untuk hunian maupun perkantoran. Produk yang kami tawarkan memiliki kualitas tinggi dengan harga yang kompetitif. Aprilia Home merupakan perusahaan lokal yang menerapkan sistem locally produced. Aprilia Home memproduksi furniture berbahan dasar limbah foam (busa) yang diperoleh dari Jogja Foamindo. Foam yang sudah tidak terpakai tersebut kemudian melalui proses daur ulang hingga menjadi cacahan foam yang akan menjadi bahan baku utama dalam pembuatan furniture yang berkualitas tinggi. Cacahan foam tersebut tidak cepat kempis sehingga lebih nyaman digunakan karena lebih empuk, kuat, dan tahan lama dalam pemakaiannya. Tingkat keempukannya pun dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen. Demi menjaga kualitas agar selalu terjamin, proses pembuatan dan pembentukan pola dilakukan secara teliti. Selain itu, proses pencacahan foam menggunakan mesin dengan memberdayakan tenaga kerja lokal yang bertempat tinggal disekitar Aprilia Home. Sebelum dipasarkan setiap produk Aprilia Home selalu melalui quality control yang ketat untuk menjamin mutu dan kualitas produk demi kepuasan konsumen.

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter