article / Interior / INTIP PENATAAN RUMAH MINIMALIS TANPA SEKAT, HUNIAN MUNGIL TAMPAK LUAS DAN NYAMAN!
18 Agustus 2021 4K Views

INTIP PENATAAN RUMAH MINIMALIS TANPA SEKAT, HUNIAN MUNGIL TAMPAK LUAS DAN NYAMAN!


Konsep rumah tanpa sekat dengan nuansa natural kini semakin banyak diaplikasikan pada hunian mungil. Meski rumah tak begitu luas, konsep ini akan menghadirkan kesan lapang serta menghilangkan kesan sumpek pada ruangan. Konsep tanpa sekat ini biasanya dilakukan dengan menghilangkan dinding yang memisahkan dua area atau ruangan di dalam rumah. Selain menghemat tempat, konsep tanpa sekat akan memudahkan penghuninya dalam melakukan aktivitas di berbagai ruangan. Meski begitu, kamu juga harus memilih gaya interior yang tepat untuk dipadukan dengan konsep ini. Salah satu yang bisa kamu aplikasi pada rumah tanpa sekat ini adalah gaya interior natural minimalis. 

1. Gaya Vintage yang menggabungkan Dapur dan Ruang Tamu

pinterest.com

Seperti yang dapat kita lihat dengan gambar diatas, Contoh penataan ruangan tanpa sekat yang menggabungkan antara dapur minimalis dan Ruang Tamu. Desain interior pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah Vintage Minimalis. Sesuai dengan nama desainnya, vintage minimalis memang mengutamakan penggunaan perabot lama alias ‘jadul’ yang masih memiliki nilai fungsi yang maksimal. Seperti halnya penggunaan meja dan kursi kayu berkaki tinggi seperti zaman dahulu.

Vintage minimalis ini lebih fokus pada penataan ruangan dengan beberapa perabot yang memang memiliki fungsi krusial di dalamnya dan membatasi penempatan perabot yang hanya memiliki fungsi untuk keestetikaan saja. Pemilihan warnanya juga sangat sesuai dengan penggunaan warna broken white ditambah warna lain yang tidak tebal.

2. Gabungan antara Ruang Keluarga dan Ruang Tamu

Pinterest.com

Masuk ke dalam bagian dalam rumah, area pertama yang terlihat adalah ruang tamu yang terletak bersebelahan dengan ruang keluarga. Terdapat sofa minimalis berwarna abu yang tampak serasi dengan berbagai dekorasi yang didominasi oleh nuansa krem dan cokelat. Untuk meminimalisir penggunaan ruang, sofa minimalis ini dipasangkan dengan meja mungil berbentuk bulat. Meski tak memiliki warna yang senada dengan sofa, namun kombinasi warna putih dan cokelat pada meja membuatnya terlihat menyatu dengan interior ruang. 

3. Nuansa Ruangan Tanpa sekat bergaya Tradisional Jawa

Pinterest.com

Desain interior rumah minimalis tanpa sekat menarik kedua adalah menggunakan model Jawa. Masih seputar desain vintage yang kekinian namun masih kental dengan budaya Indonesia, sangat cocok untuk Anda yang menyukai penataan rumah yang lebih padat dengan perabot zaman dahulu.

Meskipun terlihat sangat sederhana namun justru harga dari setiap perabotnya memiliki nilai yang tinggi dan fungsional. Penataan ruangannya sengaja dibuat lebih berisi dengan pengadaan lemari-lemari penyimpanan yang bergaya khas Jawa. Anda tentu sangat familier dengan pengadaan kursi rotan yang sering dijumpai pada rumah lama daerah Jawa.

Sementara untuk pemilihan lampunya juga memiliki desain yang khas  dengan motif batik yang mengesankan. Suasana ruangan tersebut akan terasa lebih adem dan nyaman untuk ditempati.

4. Menyatukan Dapur dan Ruang Makan

Pinterest.com

Serupa dengan konsep di ruang tamu dan ruang keluarga, Isma juga tampak menghadirkan konsep open-plan pada area dapur dan ruang makan. Ruang makan minimalis dengan nuansa putih dihadirkan melalui penggunaan taplak meja dan kursi berbahan kayu. Meski menggunakan meja yang cukup besar, namun area ini tak terkesan sumpek karena pemilihan warna serta motif pada meja makan. Untuk memberikan variasi yang unik, meja makan ini dilengkapi dengan dua jenis kursi. Satu kursi panjang dengan nuansa kayu alami, sementara yang satu lagi kursi satu seater berwarna senada dengan meja makan.

5. Minimalis memanjang menggabungkan 3 ruangan sekaligus

Pinterest.com

Ruangan tanpa sekat memang butuh penaataan yang sesuai dan tepat agar ruangan tidak terlihat sempit dan penuh dengan perabotan yang malah tidak enak dipandang mata. Nah, contoh penataan yang apik untuk 3 ruangan sekaligus tanpa sekat ialah gambar diatas yakni Ruang Keluarga, ruang makan dan dapur minimalis. Desain berikutnya yang juga bisa Anda coba adalah bentuk desain rumah yang memanjang. Ukuran rumah yang minimalis bisa teratasi jika menggunakan desain rumah yang memanjang sehingga semua kebutuhan ruangannya bisa tercukupi. Dalam ruangan memanjang ini Anda bisa memasukkan beberapa ruangan menjadi satu area.Satu area ini bisa berupa ruang keluarga, ruang tamu, dapur dan juga ruang makan tanpa partisi yang mati. Gunakan saja perabot seperti meja maupun almari untuk membuat sekat yang bisa dipindahkan dengan mudah. Kemudian buat area baru lagi untuk pengadaan kebutuhan kamar, kamar mandi dan ruangan private lainnya.

Jadi gimana nih? apakah sudah cukup menginspirasi anda untuk membuat ruangan tanpa sekat. Jadi untuk anda yang mempunyai rumha mungil jangan berkecil hati ya, anda masih bisa menata nya seapik dan sebagus munkin lho. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba :)

 

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter