article / Interior / JENDELA RUMAH MANIS UNTUK HUNIAN CANTIK MINIMALIS, KEPOIN INSPIRASINYA YUK!
31 Juli 2021 566 Views

JENDELA RUMAH MANIS UNTUK HUNIAN CANTIK MINIMALIS, KEPOIN INSPIRASINYA YUK!

Jendela rumah adalah salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari keseluruhan rumah Anda. Hal ini karena jendela memiliki fungsi yang sangat penting untuk rumah miniali Anda. Salah satunya adalah untuk memperlancar sirkulasi udara di dalam rumah Anda. Oleh karena itu jendela memegang peranan penting dala hal kesehatan atau bisa dikatakan sebagai salah satu syarat wajib untuk membuat rumah yang sehat agar sirkulasi udara dirumah tetap bagus. Oleh karena itu, desain jendela yang indah dari segi arsitektur juga harus mampu berfungsi layaknya sebagai ventilasi udara. Lantas, apa saja ide desain jendela untuk rumah masa kini yang tetap fungsional? Yuk, simak inspirasi berikut ini!

1. Accent Window

Pinterest.com

Accent window adalah jenis desain jendela yang juga tidak bisa dibuka. Oleh karena itu, kualitas ventilasi udara tidak bisa dianggap sebagai keunggulan. Namun, kamu bisa mendesain jendela ini menjadi bentuk apapun misalnya seperempat lingkaran atau bentuk-bentuk langka lainnya. Rumah pun akan terlihat unik dengan desain yang tidak bisa dilakukan terhadap jenis jendela lain.

Seperti gambar diatas, Jendela model ini dapat anda aplikasikan di bagian samping rumah atau belakang rumah yang berhadapan dengan taman ataupun halaman rumah yang asri akan memanjakan mata dan pikiran ada menjadi lebih relax.

2. Jendela Model Statis yang Minimalis

HGTV.COM

Kesan minimalis yang akan ada dapatkan jika menggunakan model jendela tipe Statis. Untuk anda yang suka dengan unsur minimalis, Jendela ini cocok untuk hunian impian anda. Berbeda dengan jendela rumah biasanya, jendela statis ini tidak memiliki bukaan sama sekali. Sesuai namanya, jendela statis lebih bersifat dekoratif dan cocok ditempatkan di sudut- sudut ruangan di ketinggian tertentu seperti inspirasi kamar mandi dengan konsep semi terbuka diatas.

Jendela rumah dengan sifat statis kerap digunakan untuk rumah dengan desain minimalis atau kontemporer serta sering digunakan sebagai salah satu solusi pencahayaan secara strategis. Yang pasti, kehadiran jendela rumah model statis ini sangat ideal untuk mempercantik penampilan rumah kamu.

Jendela model ini biasanya diaplikasikan dipojok rumah, dapat dipakai untuk kamar mandi minimalis anda ataupun ruang tamu manis anda.


3. Skylight Window



Homedit.com

Jika anda memiliki konsep hunian yang mewah dengan rooftop yang mewah, Jendela satu ini bisa jadi jawaban dari rumah idaman anda lho.

Jendela model satu ini masih sangat jarang sekali dipakai di sekitar, karena dari segi pengerjaan dan biaya yang akan dihabiskan tentunya menjadi pertimbangan sendiri untuk anda yang akan membangun rumah.

Yang daritadi kepo apasih nama jendela ini, Nah Skylight adalah solusi terbaik dari aspek estetika. Jendela desain ini biasanya terpasang di bagian atas rumah tepatnya di langit-langit.

Tidak hanya menghasilkan cahaya alami, tapi juga menawarkan pemandangan langit yang menakjubkan. Jendela yang sangat cocok untuk ruang pribadi atau tempat kerjamu.

4. Jendela Transom  atau Transom Window

Pinterest.com

Jendela desain transom window adalah desain dengan kombinasi beberapa desain jendela. Jendela ini bisa berbentuk persegi panjang, persegi, bulat, elips, dan lainnya. Transom window cocok dipasang di area kamar yang luas, sehingga space jendela cukup. Jendela ini juga biasanya terletak di atas pintu untuk menambah penerangan yang masuk ke ruangan.

Mungkin banyak orang yang belum familiar mendengar nama dari model jendela ini, akan tetapi jika sudah melihat dari model jendela ini pasti akan tau dan suka.

Tambahan jendela rumah transom bisa mempercantik rumah kamu, biasanya, model ini lebih condong digunakan sebagai ventilasi rumah.  Bukan cuma untuk pintu depan, jendela rumah tipe transom juga bisa dihadirkan di atas jendela besar seperti inspirasi di atas. Beberapa ruangan umum seperti kamar mandi, kamar tidur, hingga dapur juga bisa disisipi dengan jendela rumah transom dengan ukuran kecil yang imut.

5. Double Hung Window Yang Manis dan estetik

Pinterest.com

Tipe jendela rumah ini lebih sering ditemui di luar negeri, tetapi tren jendela rumah double hung juga sudah mulai sering terlihat di perumahan masyarakat Indonesia. Jendela stylish ini memiliki desain yang praktis dan dinamis.

Dengan menggabungkan dua buah kaca jendela di dalam sebuah frame, jendela rumah tipe double hung bisa digeser ke bawah atau ke atas. Selain itu, terdapat juga sekat sehingga dapat meningkatkan efisiensi penggunaan energi di rumah seperti mengunci hawa panas atau dingin di dalam rumah. Walaupun modelnya cukup canggih, sebenarnya jendela rumah tipe double hung sudah eksis cukup lama dan merupakan model klasik favorit yang bisa kamu gunakan. 

6. Jendela Jungkit atau Casement Window

HGTV.COM

Model Jendela diatas disebut dengan Jendela Jungkit atau Casement window. Jendela rumah model casement atau disebut juga jendela jungkit adalah salah satu tipe jendela rumah yang paling umum digunakan. Tidak berbeda dengan jendela kayu biasanya, jendela rumah ni bisa dijungkitkan ke depan atas dan dibuka dengan cara didorong ke luar ataupun ke samping.

Jendela rumah model jungkit sangat cocok ditempatkan di berbagai area di rumah, termasuk juga untuk tempat yang tinggi dengan model yang lebih rendah untuk kamar mandi dan toilet. Dengan terbukanya jendela rumah ini, kamu bisa menikmati sirkulasi cahaya dan udara serta penampilannya yang indah nan klasik.

Desain jendela ini memiliki engsel yang terpasang di bagian samping jendela, sehingga bisa dibuka selebar mungkin. Saat ini, selain ekonomis, casement window memiliki berbagai fungsi seperti wind resistant dan multipoint locking system.

Nah itu dia beberapa rekomendasi pilihan model jendela yang dapat anda gunakah untuk hunian idaman anda. Dalam pemilihan desain jendela kamu harus mempertimbangkan banyak hal, sehingga desain yang kamu pilih sesuai dengan keadaan rumahmu. Semoga artikel ini bermanfaat ya dan selamat mencoba :)

 

 

 

 

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter