article / Interior / JENIS LANTAI UNTUK RUMAH IDAMAN ANDA, INTIP YUK!!!
19 Agustus 2021 897 Views

JENIS LANTAI UNTUK RUMAH IDAMAN ANDA, INTIP YUK!!!

Sekarang ini tipe lantai rumah yang kian beragam bisa menjadi opsi tersendiri untuk sobat yang sudah merasa jenih pada penggunaan lantai keramik. Perlu diakui lantai keramik ini banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia karena permukaannya yang sejuk dan juga mudah untuk dibersihkan. Cocok banget kan untuk iklim di negara kita yang tropis ini!

Lantai yang berfungsi sebagai alas atau pun dasar tentu memberikan pengaruh kenyamanan yang cukup besar pada sebuah bangunan hunian yang benar-benar idaman. Maka dari itu pemilihan tipe, desain dan juga material lantai rumah perlu sobat sesuaikan dengan fungsi dan juga desain interior rumah agar suasana semakin selaras.

Namun selain keramik pun nyatanya sudah cukup banyak lho lantai yang mempunyai permukaan sejuk serta mudah untuk dibersihkan. Untuk itu bagi anda yang sedang mencari referensi desain dan jenis-jenis lantai yang cocok, elegan dan berkualitas ada baiknya menyimak dahulu jenis-jenis lantai  untuk rumah anda berikut ini!

1. Lantai Vinyl yang praktis

Pinterest.com

Vinyl atau yang bisa dibaca vinil merupakan bahan penutup lantai yang bahan dasarnya berasal dari polimer sintetik yang dimodifikasi agar kian cantik dengan penggunaan teknologi pigmentasi agar terjadinya penambahan warna. Teksturnya yang halus dan juga elastis ditambah dengan pilihan motif yang beragam bisa mempercantik ruangan.Sesuaikanlah desain interior di rumah anda sesuai keinginan.

Bentuk lantai vinyl yang paling sering akan sobat jumpai adalah lantai vinyl berbentuk menyerupai lantai kayu. Meskipun demikian ternyata banyak juga lho lantai vinyl yang menyerupai lantai dari bebatuan alam, kulit hewan bahkan motif keramik yang kekinian. Jika menjumpai lantai vinyl anda juga akan menyangka wallpaper.

2. Lantai Marmer 

Lantai marmer merupakan pilihan yang pas bagi anda yang menginginkan tampilan mewah. Warna dan motif lantai marmer yang tersedia di pasaran cukup bervariasi, tapi harganya bisa relatif sangat mahal karena marmer terbentuk dari proses alam yang memakan waktu lama.

www.rumahkeren.com

Kelebihannya, lantai jenis ini ini tahan api dan lebih mampu menahan beban berat. Akan tetapi, jika terkena cairan berwarna (kopi, teh, tinta) akan meresap dan sulit dihilangkan. Marmer juga bisa berlumut jika terkena cahaya matahari terus menerus dan warnanya bisa berubah. Oleh karena itu, lantai marmer lebih cocok digunakan untuk interior atau bagian dalam rumah seperti pada ruang tamu atau ruang keluarga.

Coba deh anda perhatikan, rumah-rumah mewah dengan desain klasik cenderung menggunakan lantai jenis marmer ini. Memang tidak bisa dipungkiri lantai marmer terkenal cukup mahal diantara tipe lantai rumah lainnya. Pemasangannya pun perlu berhati-hati agar tidak retak atau rusak. Tentu butuh tenaga ahli untuk memasang lantai marmer agar terhindar dari kerusakan.

Tampilannya yang akan semakin menawan dan juga cantik dengan seiring berjalannya waktu. Lantai ini juga cukup kuat dibanding dengan jenis lantai lainnya. Rumah anda akan tampak estetik jika menggunakan lantai marmer dengan warna earthy.


3. Lantai Kayu



dancinitson.com

Belakangan ini tren menggunakan bahan atau material yang alami untuk tampilan natural sedang meningkat. Semakin banyak saja orang yang lebih senang dengan material yang berasal dari alam. Ini lah sebabnya tipe lantai kayu cukup banyak diburu. Apabila sebelumnya membahas lantai vinyl yang bisa menyerupai kayu. 

Banyak orang beranggapan lantai kayu/parket sangat sulit perawatannya. Padahal dengan cara yang benar, lantai kayu/parket bisa menjadi pilihan yang tepat bagi hunian anda. Lantai parket menawarkan keanggunan alami dari tampilan kayu dengan pilihan warna coklat hingga hitam.

Selain itu lantai parket sangat cocok digunakan untuk kamar tidur untuk memberikan suasana hangat dan intim. Walaupun demikian, beberapa kelemahan lantai ini antara lain adalah mudah tergores, tidak tahan udara lembab atau terkena air dalam waktu yang lama. Selain itu dari segi harga, lantai kayu tergolong agak mahal, berkisar dari Rp120.000 hingga Rp500.000.

4. Lantai Karpet memberikan kesan hangat

Lantai kerap kali dijadikan alas duduk atau pun alas tidur dan juga dekorasi sebagai pemanis interior. Meski demikian karpet juga banyak digunakan sebagai pelapis lantai di rumah sobat. Bisa sobat temukan tren menggunakan lantai dengan karpet ini di hotel-hotel berbintang atau gedung perkantoran.

Pinterest.com

Penggunaan karpet sebagai lantai juga cocok untuk hunian yang berada di daerah yang subtropis atau ruangan yang dipasang AC dan digunakan setiap hari. Apabila sobat ingin menggunakan lantai karpet yang nyaman serta dapat memberikan kesan yang hangat ini cobalah untuk memasang lantai karpet ini di ruang bermain anak untuk meminimalisir terjadinya cidera ketika si kecil sedang bermain.

Kelebihan dari penggunaan lantai karpet ini dapat menciptakan atmosfer dalam ruangan yang hangat terutama pada musim dingin atau musim hujan. Karpet juga merupakan media untuk meredam bising suara dengan baik. Meskipun demikian biaya cuci dan pembersihan dari lantai karpet ini cukup mahal karena tidak bisa sembarang atau asal cuci saja.

5. Lantai Beton/ Lantai Semen

rumahku.com

Dewasa ini, lantai beton mulai banyak digunakan dengan semakin maraknya gaya desain interior kontemporer yang bermunculan. Selain tampilannya yang khas dan modern, lantai beton juga ramah lingkungan. Jika menggunakan jenis lantai ini, ada bermacam-macam finishing yang bisa dilakukan, seperti finishing mengkilap dengan sealer akrilik untuk tampilan modern, atau jika anda berjiwa seni, anda bisa menuangkan warna-warna favorit anda di atas lantai beton.

Semakin berkembangnya teknologi dalam dunia arsitektur dan interior, kini semakin banyak inovasi dan alternatif yang bisa digunakan baik sebagai konstruksi ataupun finishing dari bangunan.  

pinterest.com

Lantai semen/ lantai beton yang polos membuat tampilan terlihat minimalist dan juga industrial. Sobat juga bisa mengkombinasikan lantai semen polos tersebut dengan coating warna putih untuk tampilan lebih modern. Namun jangan khawatir apabila sobat merasa ingin tampilan lantai yang bermotif namun ingin menggunakan lantai semen. Anda bisa mencoba membuat pola pada lantai dengan dibantu cetakan khusus.

Kelebihan dari lantai semen dengan konsep ekspos ini adalah tingkat ketahanannya yang tinggi selain itu perawatannya pun cenderung mudah dan dapat memberikan suasana rumah yang sejuk. Hal yang bisa menjadi pertimbangan sobat ketika akan mengaplikasikan lantai semen ini adalah terdapat beberapa kekurangan seperti sulit diperbaiki dan mudah timbul retak rambut. Lantai semen ini pun kerasa dan terkadang terasa kurang nyaman untuk dipijak karena terlalu dingin.

Nah 5 tipe lantai diatas semoga dapat memberikan pencerahan untuk pemilihan lantai di rumah idaman anda ya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba :)

 

 

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter