article / Building / Konsep Rumah Ala American Style, Bikin, Mewah dan Menawan!!
01 Januari 2000 965 Views

Konsep Rumah Ala American Style, Bikin, Mewah dan Menawan!!


Eksterior rumah minimalis merupakan salah satu bagian terpenting dalam menghasilkan nilai estetika rumah. Inspirasi demi inspirasi pun selalu dicari untuk menghasilkan personalisasi terbaik dari sebuah rumah idaman. Salah satu tema yang bisa diaplikasikan adalah American Style dengan kombinasi mewah dan eksentrik. Ada beberapa inspirasi eksterior rumah minimalis terbaik dengan kombinasi American Style yang bisa kamu aplikasikan pada rumah idaman. Rumah American style memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri, salah satunya tampilan bangunan yang memiliki kesan mewah dan elegan. Desain arsitektur rumah asal Amerika ini ternyata mempunyai sejumlah tipe, lo! Mau tahu apa saja? American style adalah desain arsitektur rumah bergaya simpel dengan ciri khasnya yakni menggunakan material alami, seperti batu dan kayu. American style pun kerap dianggap mencerminkan desain yang mewah dan elegan seperti gaya klasik. Meski kerap disebut memiliki kemiripan dengan desain klasik, rumah bergaya Amerika tidak menghadirkan banyak ukiran dan detail seperti rumah-rumah klasik. Yuk mari kita simak beberapa inspirasi Rumah American style :)

1. Rumah Bergaya Craftsman Bungalow

pinterest.com

Rumah gaya Amerika pertama yang bisa kamu tiru adalah gaya Craftsman Bungalow atau Bungalow Pengrajin. Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa rumah ini diberi nama seperti itu? Hal ini disebabkan, gaya rumah tersebut muncul akibat adanya gerakan seni dan kerajinan pada awal 1900-an di Amerika. Gaya ini kental dengan elemen kerajinan tangan, seperti kayu, batu, dan bata. Selain itu, rumah ini biasanya dibangun dengan dua tingkat, memiliki beranda depan, atap yang rendah, serta jendela ganda yang tergantung pada panel atas dan satu panel besar di bagian bawahnya.

2. American Syle Berpadu konsep Industrial

pinterest.com

Tema industrial kerap menjadi salah satu bagian penting dalam sebuah bangunan rumah minimalis. Kombinasi rumah Amerika dengan tekstur kayu dekoratif menghasilkan suasana alami pada sisi eksterior yang sangat menarik. Dengan ciri khas teras yang luas dengan ruang santai menghadap ke alam terbuka menjadi salah stau dayatarik rumah satu ini. Desain dan furniture yang minimalis memadukan dua perpaduan warna hitam dan warna coklat kayu membuat rumah tampilan rumah elegant gaya industrial American.

3. Rumah Bergaya Midcentury

pinterest.com

American Style selanjutnya ialah Rumah dengan Gaya Midcentury yang menawan. Midcentury atau mid-century modern bisa dibilang sebagai inspirasi dari lahirnya gaya desain rumah minimalis modern. Gaya desainnya sendiri sudah ada sejak tahun 1940-an. Rumah dengan konsep ini memadupadankan bahan material bebatuan untuk bagian tembok dan biasanya akan dibuat unfinished. Seperti gambar inspirasi diatas, dengan eksterior yang minimalis dan beberapa sentuhan desain kaca yang dibuat lebar membuat rumah ini tampak dinamis. American style dengan gaya midcentury ini sangat sederhana pada bagian eksterior rumah tp biasanya akan dibuat istimewa pada bagian interior rumahnya.

4. Rumah Peternakan ( Ranch House)

pinterest.com

Jika kamu senang menonton film-film Hollywood, tentu gaya rumah peternakan atau ranch tidak asing lagi kamu lihat. Rumah gaya Amerika yang satu ini sangat populer dan cukup diminati banyak orang. Apalagi di tahun 1940-1980-an, ranch mendominasi desain hunian di bagian selatan dan barat Amerika. Rumah ini biasanya memiliki denah yang terbuka, garasi depan besar, pintu kaca, dan garis atap rendah. 

5. Rumah Bergaya Colonial Revival

pinterest.com

Rumah gaya Amerika yang diberi nama Colonial Revival ini dianggap sangat bersejarah bagi masyarakat Amerika, sebab rumah ini meniru hunian sederhana para kolonis Amerika di masa penjajahan dulu. Kamu tentu sudah sangat familiar dengan rumah yang satu ini, memiliki ciri khas tembok berbata merah, bangunannya berbentuk simetris, pintu masuk yang megah, serta memiliki jendela yang berjejer rata.

6. Minimalis ala American Style Boardless

pinterest.com

Aksen borderless merupakan salah satu inspirasi menarik pada eksterior rumah minimalis yang bisa kamu tiru. Kaca yang luas dan tidak terbatas pada sisi bangunan rumah menghasilkan nilai leluasa yang sangat baik, sekalipun terlihat lebih nyaman. Selain itu, kombinasi kayu dengan bata minimalis menghasilkan tekstur rumah yang sangat alami. Rumah ini terlihat cocok untuk diterapkan juga di Indonesia, dengan pekarangan depan yang besar cocok bagi anda yang memiliki anggota keluarga besar dan suka berkumpul untuk mengadakan acara-acara keluarga.

7. American Style Tudor Revival

pinterest.com

Sesuai namanya, rumah Tudor revival terinspirasi dari kisah bangsa Tudor Inggris yang masuk ke Amerika. Rumah-rumah ini banyak dibangun pada tahun 1920-an, terutama di bagian Timur Laut dan Midwest Amerika. Ciri khas rumah ini adalah

  • memiliki ornamen kayu yang kental dan
  • garis atapnya berbentuk menyiku hingga tampak seperti segitiga tanpa alas.

Demikian beberapa inspirasi eksterior rumah minimalis dengan kombinasi American Style yang bisa kamu tiru pada rumah idaman. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa ya untuk menerapkan konsep rumah sesuai dengan budget serta luas tanah yang anda miliki. Selamat mencoba :)

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

YOU MIGHT ALSO LIKE


LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter