article / Decoration / Dari Arsitek Jadi Chef, Ini dia Penampakan Desserts dengan Bentuk Ala Arsitektural
19 September 2019 4K Views

Dari Arsitek Jadi Chef, Ini dia Penampakan Desserts dengan Bentuk Ala Arsitektural

Siapa yang sangka ternyata Dinara Kasko, chef patisier asal Ukraina ini dulunya adalah seorang arsitek? Dengan latar belakang arsitektur, chef yang membuat makanan penutup ini mencetak kue ataupun manisan dengan bentukan yang cantik dan indah. Bisa dibilang latar belakangnya sebagai arsitek, desainer, dan visualiser 3D berkontribusi banyak di bidang pekerjaannya sebagai chef yang sekarang.

Tentunya membuat bentuk yang indah ini tidak sekedar menggunakan alat yang biasa digunakan saat membuat kue. Dilengkapi dengan software 3D, Kasko mendesain kue nya menggunakan cetakan silikon. Mengkombinasikan teknik ini tentunya membutuhkan perhitungan yang presisi sehingga akan memberikan hasil yang mulus pada permukaan kuenya.

Saat pertama kali menyentuh bidang ini, dirinya ingin mencoba memberikan sesuatu yang baru. Disini pula ia menyadari bahwa menyajikan hidangan penutup tidak hanya mementingkan rasa namun juga perlu memperhatikan penampilan dari makanan tersebut.


Banyak sekali bentukan-bentukan unik dari permukaan kue ia bentuk menggunakan cetakan silikon yang didesain dengan 3ds max. Tentunya semua barang tersebut tidak hanya ia buat untuk desain kuenya sendiri namun juga diperjual belikan di website Kasko dimana ia juga membagikan resep masakannya.


Bentukan kuenya sendiri terinspirasi dari bentukan arsitektur modern, seni, atau bahkan alam. Benda-benda disekitarnya pun bisa menjadi ide untuk membuat cetakan baru baginya.


Salah satu kreasinya yang sangat menarik adalah Cake Bubbles. Kue dengan layer makanan rasa buah-buahan disertai dengan kue sponge yang dilapisi dengan coklat putih berbentuk cangkang gelembung.

Adapun kreasi lainnya yang tidak kalah menarik yaitu kue dengan pelingkup krim berwarna merah yang memiliki tekstur bersudut yang tidak biasa terdapat di makanan penutup. Berawal dari membuat makanan yang sederhana menggunakan bentukan geometris, Kasko pun mulai fokus pada bentukan estetikan yang dapat ia kembangkan lebih lanjut.

Tidak hanya sekedar bentuk saja, namun juga tekstur yang tampak pun sangat diperhatikan oleh chef satu ini. Seperti halnya kue sponge yang dilapisi dengan mousse tersebut memiliki permukaan yang tampak seperti lapisan beton. Tidak hanya cantik secara permukaan, namun bentuknya yang memang unik dan tidak biasa ini menjadi daya tarik untuk kue ini.

sumber: Architectural Desserts


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment

Lycha Green
26 September 2017
Interesting and artistic desserts ????
 

LEAVE A COMMENT


invisible hit counter