article / Decoration / Manakah yang Bagus untuk Ruang Indoor, Wallpaper atau Cat Dinding?
11 Juli 2022 522 Views

Manakah yang Bagus untuk Ruang Indoor, Wallpaper atau Cat Dinding?


Ruangan dalam rumah terasa suram karena warna yang diaplikasikan di dinding terasa suram? Apakah Anda memiliki niatan untuk mengganti suasana? Ada dua opsi pilihan yang bisa Anda gunakan diantaranya yaitu wallpaper atau cat dinding. 

Penggunaan wallpaper dan cat dinding memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apabila Anda bingung dan tidak yakin dengan pilihan, artikel kali ini akan membantu Anda dalam mengambil keputusan. 

 

Apa itu cat dinding dan wallpaper?

Daripada bingung untuk memilih antara cat dinding atau wallpaper, ada baiknya mengenal secara mendalam cat dinding dan wallpaper. 

Cat dinding dan wallpaper sudah tidak asing lagi terdengar. Namun tidak semua orang tau dengan dua benda tersebut.

bildeco.com

Jadi, cat dinding merupakan pilihan umum dan paling popular untuk melaksanakan finishing tembok. Cat yang satu ini memiliki berbagai macam warna, mulai dari warna gelap, cerah, maupun netral. Fungsi penggunaan cat dinding adalah memperindah tembok ruang indoor. 

reallyprettygood.com

Berbeda lagi dengan wallpaper walaupun sama-sama digunakan untuk memperindah tembok ruang indoor. Wallpaper merupakan dekorasi yang ditempelkan e dinding dan materialnya adalah vinyl. Ada berbagai macam motif yang disediakan, Anda tinggal memilih sesuai konsep ruang indoor. 

 

Perbandingan: cat dinding dan wallpaper

Setelah tahu cat dinding dan wallpaper, sudah saatnya Anda tahu perbandingan antara cat dinding dan wallpaper. Hal ini berkaitan dengan mencari jawaban, “Manakah yang bagus cat dinding atau wallpaper”.

 

1. Proses pengaplikasian

Hal yang menjadi pembeda antara cat dinding dengan wallpaper adalah proses pengaplikasian. Masalah kecepatan pengaplikasian ke dinding yang jadi juara adalah wallpaper. 

pinterest/bowerpower

Dalam satu hari, pengaplikasian wallpaper untuk satu ruangan bisa terisi penuh. Berbeda dengan pengaplikasian cat dinding yang cukup lama, mengingat banyak lapisan yang harus diaplikasikan dan harus menunggu proses pengeringan. 

Idealnya untuk pengaplikasian cat harus menerapkan 2 lapisan cat agar hasilnya lebih maksimal. 

 

2. Variasi jenis produk 

Kalau menjadi perbandingan, wallpaper dengan cat dinding sendiri memiliki keunggulan masing-masing dapat dilihat dari segi keindahannya. 

curbly.com

Namun kembali lagi pada perbandingan variasi jenis produk, wallpaper menyediakan berbagai macam variasi motif. Tentu motif-motif ini memperindah dinding indoor. 

Lantas, bagaimana dengan variasi cat? Jadi, ada cat sendiri memiliki variasi jenis produk. Dari bermacam-macam jenis cat tentu terdapat keanekaragaman warna. 

pinterest/lexiesanders

Kalau dari sisi motif maka unggul wallpaper. Namun berbeda dengan sisi modifikasi, cat bisa dimodifikasi sedemikian rupa menggunakan imajinasi dan kreativitas. Dari sini, Anda bisa mempertimbangkan sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan. 

 

3. Ketahanan 

Dilihat dari sisi ketahanan, maka dikembalikan lagi terhadap kualitas produk yang dibeli. 

m.id.aliexpress.com

Ketika wallpaper dan cat dinding yang dibeli berkualitas tinggi, maka produk yang diaplikasikan akan bertahan lama. 

Tidak hanya dilihat dari sisi kualitas, perlu juga dilihat dari sisi kondisi dinding. Apabila dinding memiliki permasalahan dengan kata, ‘Lembab’ maka sudah dapat dipastikan bahwa wallpaper tidak dapat bertahan lama. Namun berbeda dengan cat dinding yang menjadi solusi dinding lembab. 

 

4. Perawatan

witanddelight.com

Pada proses perawatan tentu terdapat perbedaan yang cukup kentara, wallpaper sangat mudah perawatannya terutama pembersihan, apalagi Anda menggunakan wallpaper dengan material vinyl. 

Perawatan cat dinding tentu berbeda dengan wallpaper, harus menggunakan kain basah untuk membersihkan permukaan dinding yang terkena kotoran. Kondisi ini membuat cat dinding tampak berbeda, apabila dilakukan terus-menerus. 

 

5. Visualisasi

amazon.com

Dari segi visualisasi yang merujuk pada keindahan, visualisasi dari wallpaper ini terlihat realistis apalagi Anda memilih menggunakan wallpaper 3D. 

Sedangkan saat Anda menggunakan cat dinding, maka visualisasinya terlihat monoton karena warna yang diaplikasikan ke dinding sangat polos tidak memiliki corak apapun. 

 

6. Syarat pemasangan 

living.corriere.it

Dalam pemasangan wallpaper dan pengaplikasian cat dinding memiliki syaratnya masing-masing. Dinding lembab tidak dapat menggunakan wallpaper, sedangkan cat dinding masih bisa dilapisi terlebih dahulu dengan cat anti air. 

Itulah beberapa perbandingan antara cat dinding dengan wallpaper. Dari keunggulan wallpaper dinding lebih baik dibanding cat dinding. Namun semuanya akan kembali ke anggaran dana yang disediakan. 

Saat anggaran biaya belum tercukupi, Anda bisa menggunakan opsi cat dinding. Mengapa cat dinding? Karena, cat lebih terjangkau dibanding wallpaper. Memilih cat dinding juga bukan masalah besar.

Anda bisa memikirkan hal tersebut baik-baik, pikirkan jangka panjangnya, perhatikan sisi kelebihan dan kekurangan antara cat dinding dengan wallpaper.  


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter