article / Interior / MENGENAL DESAIN RUMAH UNFINISHED YANG KHAS DENGAN GAYA INDUSTRIAL KLASIK
01 Januari 2000 244 Views

MENGENAL DESAIN RUMAH UNFINISHED YANG KHAS DENGAN GAYA INDUSTRIAL KLASIK

Pernahkah Anda mengunjungi tempat-tempat komersil ataupun rumah dengan dinding yang terlihat belum selesai? Dinding tersebut tampak hanya dilapisi semen atau bahkan beton tanpa cat atau finishing apapun. Dinding semacam inilah yang disebut unfinished alias belum selesai. Sebenarnya, unfinished hanyalah istilah, bukan benar-benar belum selesai. Karena kalau diperhatikan lebih detail, dinding ini biasanya sudah mendapat sentuhan akhir untuk membuatnya tahan lama dan mudah dibersihkan. Dinding unfinished ini digunakan untuk menyempurnakan gaya industrial, gaya interior yang mengekspos sistem bangunan. Jika sistem bangunan pada kebanyakan gaya interior disamarkan, gaya industrial justru mengekspos rangka bangunan, saluran angin, tiang-tiang penyangga, hingga dinding yang dibiarkan seolah belum selesai.

CIRI RUMAH UNFINISHED

Beberapa hal berikut ini merupakan ciri khas desain hunian unfinished yang biasanya dihadirkan di rumah tinggal:

  • Nuansanya mirip dengan gaya industrial.
  • Menggunakan material-material tanpa finishing seperti batu bata, kayu, dan bebatuan alam.
  • Sentuhan interior didominasi warna-warna earth tone seperti abu-abu, cokelat, cokelat muda, orange, dan hitam.
  • Kesan desain rumah yang belum selesai juga disempurnakan dengan furniture bergaya vintage yang warnanya serupa.
  • Implementasi desainnya membutuhkan waktu cukup lama agar nuansa interior dan eksterior rumah tampak serasi dan tidak berlebihan

KEUNIKAN RUMAH KONSEP UNFINISHED

Pinterest.com

Anda bisa mendapatkan beberapa kelebihan berikut ini jika memilih konsep rumah bergaya unfinished:

  • Proses renovasi rumah berlangsung cepat karena tidak membutuhkan tahap finishing.
  • Biaya renovasi lebih hemat karena Anda tidak perlu menyiapkan material finishing.
  • Tampilan eksterior dan interior rumah terkesan lebih unik daripada rumah lain di sekitar permukiman Anda.
  • Suasana rumah terkesan homey dan sejuk asalkan sistem pencahayaan dan sirkulasi udaranya ditata secara tepat.
  • Implementasi desain unfinished terbilang ramah lingkungan sebab Anda dapat memanfaatkan barang-barang bekas sebagai elemen dekoratif.


pinterest.com

Tips Mewujudkan Hunian Unfinshed yang Estetik didalam Rumah

Jangan bingung jika ingin menerapkan gaya unfinished pada rumah Anda. Ikuti beberapa tips berikut ini sampai untuk memperoleh tampilan rumah yang Anda inginkan:

  • Mengutamakan material bata ekspos. Bata ekspos adalah batu bata yang disusun tanpa aci dan plester. Tampilannya akan menunjukkan susunan dan warna batu bata asli. Itulah sebabnya Anda mesti memilih batu bata yang berkualitas dan utuh untuk menyempurnakan bangunan rumah.
  • Untuk bata ekspos bagian eksterior, sebaiknya Anda melapisinya dengan cat anti lumut dan jamur supaya daya tahannya meningkat. Kalau bosan dengan susunan batu bata konvensional, Anda juga bisa menyusunnya dengan pola yang menarik agar lebih eye-catching.
  • Mengandalkan kayu-kayu berwarna terang yang diproses tanpa finishing. Penggunaan kayu berwarna terang akan meminimalkan kesan suram pada interior rumah. Elemen kayu yang cacat atau bertekstur kasar justru menambah daya tarik dan estetika hunian Anda.
  • Memanfaatkan permainan pencahayaan untuk menonjolkan bagian rumah tertentu, misalnya lampu sorot yang berada di bawah meja besar berbahan batu ekspos.
  • Menggunakan batu alam ekspos sebagai material dinding ruangan atau meja.
  • Menyiapkan sistem pencahayaan alami dan buatan yang memadai agar rumah Anda tidak terkesan gelap karena nuansa earth tone pada interior serta eksteriornya.
  • Memakai kembali barang-barang bekas yang kualitasnya masih baik untuk memperkuat kesan vintage, contohnya meja makan bergaya jadul atau kusen jendela usang yang tidak keropos.

Contoh Penerapan lampu bohlam untuk menarik perhatian pada rumah Unfinished

Pinterest.com

Bohlam tanpa kap lampu yang dibiarkan begitu saja menggantung dapat membuatnya terlihat berbeda, menarik dan berhasil memberikan sentuhan bergaya industrial! Namun, lampu gantung tersebut sebaiknya dipilih yang menggunakan material alumuminium, bohlam, kaca bergaris atau lampu dengan aksen kayu. Bohlam menggantung yang dikombinasikan dengan dinding bata dan lantai semen akan menyempurnakan kesan “kasar” pada desain interior gaya industrial.

Kesimpulannya, bahwa ruma dengan Konsep Unfinished bukan berarti tidak bisa dibuat istimewa ya, Anda dapat menggabungkan beberapa inspirasi untuk membuat rumah konsep unfinished anda menjadi nyaman dan menyenangkan untuk ditinggali. Pastikan untuk mendekornya sesuai dengan karakter anda dan tema rumah anda ya.

Tips Dekorasi

Warna abu-abu dari semen ekspos cenderung menimbulkan kesan dingin. Agar ruangan terlihat lebih hangat, kombinasikan dengan material kayu atau bata serta percantik dengan pencahayaan berwarna kuning.

 

 


 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

YOU MIGHT ALSO LIKE


LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter