article / Play Room / Playroom, ruangan penting yang sering dilupakan.
29 Mei 2019 1K Views

Playroom, ruangan penting yang sering dilupakan.

Playroom adalah sebuah elemen penting dalam layout sebuah hunian. Namun seringkali dilupakan karena dianggap memenuhi fungsi ruang dalam walau secara kebutuhan dianggap cukup perlu. Dalam ide desain kali ini akan membahas beberapa referensi playroom yang kece dan menarik.

sumberfoto: housebeautiful.com

Playroom adalah ruang bermain anak-anak, adalah kesan yang sering timbul ketika membahas ruangan tersebut. Contoh desain di atas adalah playroom yang benar-benar berfungsi untuk zona bermain anak-anak. Desain tersebut tidak merombak banyak hal dan lebih menata layout interior se rapi mungkin dengan material dan pattern warna-warni agar menimbulkan kesan ceria. zona playroom tersebut dilengkapi dengan sofa, rak-rak untuk display mainan, hingga kaca besar. Satu-satunya yang menarik perhatian adalah papan luncur dari lantai 2 menuju ke ruang playroom. Walaupun menarik, papan luncur bermaterial besi tersebut harus dirancang sejak awal agar tidak merenovasi ulang plat lantai 2 dan tidak memakan biaya berlebih. Semoga bisa menginspirasi ya.


sumberfoto: housebeautiful.com

Playroom adalah istilah lain untuk personal room bagi sebagian orang. Seperti desain di atas, playroom tersebut justru memiliki desain elegan dan artsy. Dilihat dari lantai yang memakai tegel 20cmx20cm, kursi papan kayu, dan dinding yang dihiasi wallpaper, sungguh mengubah suasana kepada siapapun yang masuk ke ruangan tersebut. Sekedar menghabiskan waktu bermalasan, membaca buku, hingga membuat kerajinan tangan, ruangan tersebut sangat cukup menampung segala kegiatan ringan penghuni untuk sekedar melepas penat.

sumberfoto: housebeautiful.com


Permulaan membuat playroom khusus di sebuah ruangan, adalah karena kejenuhan dengan rutinitas dan ingin melepas penat. Sebagian orang menyediakan ruang khusus untuk playroom, sebagian tidak, sebagian justru menggabungkan antara ruang kerja dan playroom. Contoh desain di atas adalah hasil merging ruang kerja dan playroom. Meja kerja berbentuk pattern L yang dilengkapi rak buku kecil di sudut, serta sofa yang cukup luas, dapat digunakan untuk istirahat seusai bekerja, bermain game, atau bahkan berinteraksi dengan anak-anak. Bagi penghuni yang tidak berminat menyediakan ruang khusus playroom, alternatif desain di atas bisa menjadi acuan.

sumberfoto: housebeautiful.com


Playroom bagi anak, seringkali terlihat lucu dan menggemaskan. Tidak jarang orang tua menyediakan alokasi dana yang cukup besar demi sebuah playroom yang mewah. Desain playroom di atas adalah contoh desain yang membutuhkan kamar anak berdimensi cukup besar dan disulap layaknya small kingdom bagi anak. Salah satu faktor tersulit mendesain playroom seperti di atas adalah ketelitian dalam membuat proporsi ketinggian tangga, railling, dan kegiatan apapun yang mengharuskan anak naik turun dengan aman dan nyaman. Selain itu, faktor tema warna sangat mempengaruhi suasana sekitar. Pastikan warna lembut dan cerah adalah pilihan utama ya.

sumberfoto: housebeautiful.com

Yak, referensi desain playroom terakhir adalah simply sebuah ruang pingpong. Pingpong, adalah olahraga yang digemari banyak orang karena cukup mudah untuk dimainkan, tidak membutuhkan luasan ruang begitu besar, dan tidak membahayakan benda-benda maupun perabot sekitar. Playroom dengan lantai parkeet, meja pingpong kayu dengan finishing plitur memberi kesan elegan dan unik karena kebanyakan meja pingpong berwarna hijau dengan garis papan berwarna putih. Area dinding diberi cet biru tua dan hanya diberi lukisan-lukisan yang sederhana. Jika ingin menerapkan desain playroom seperti di atas di negara tropis, pastikan ruangan tersebut dilengkapi oleh AC, bukaan jendela yang lebar dan luas, atau membuat playroom tersebut semi outdoor agar betah bermain pingpong dengan nyaman di waktu yang lama.

 

Berikut sederet referensi dan ide playroom untuk hunian. Semoga bermanfaat.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Mohammad Rifki Syahwidhie
Lulusan Arsitektur yang sedang menekuni pekerjaan desain hunian/bangunan komersil/interior/eksterior/taman/2D/3D/rendering 2D&3D sebagai freelancer.

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter