article / Exterior / Bangunan Tembus Pandang yang Bikin Orang Jadi Penasaran dengan Isi di Dalamnya
14 Agustus 2019 4K Views

Bangunan Tembus Pandang yang Bikin Orang Jadi Penasaran dengan Isi di Dalamnya

Dalam membangun rumah tentunya penggunaan material sangat dipikirkan. Baik dari material struktur hingga penutup atapnya perlu dipertimbangkan. Namun beberapa bangunan ini uniknya menggunakan material polikarbonat sebagai pelingkup dinding. Hal ini dilakukan agar cahaya dapat masuk dan terbiaskan ke dalam bangunan. Material yang lebih sering digunakan sebagai penutup atap ini ternyata menjadikan beberapa bangunan ini terlihat lebih cantik dan unik. Berikut adalah beberapa bangunan yang menggunakan material polikarbonat untuk melingkupi dindingnya.

1. Nest We Grow

Bangunan ini merupakan desain yang digunakan untuk mengikuti kompetisi Internasional LIXIL pada tahun 2014. Tentunya tim yang terdiri dari dua orang Taiwan, dua orang China, dan satu orang Amerika ini berhasil memenangkan kompetisi ini. Ide bangunan ini pun muncul dengan pemikiran untuk menggunakan material yang terbarukan. Bangunan ruang publik ini difungsikan untuk tempat berkumpul dan menikmati makanan lokal. Tentunya pengaruh gaya Asia sangat terlihat dengan penggunaan material kayu dikeseluruhan bangunan. 

Lalu polikarbonat sebagai pelingkup dinding bangunan menjadikan bangunan ini terasa unik dan hangat. Cahaya yang masuk atau keluar pada bangunan ini terlihat lebih lembut. Kesan transparan pada bangunan pun juga muncul jika melihat polikarbonat warna putih dove ini. 

sumber: nest we grow

2. New Casa Triangulo


Penggunaan polikarbonat pada bangunan kali ini berasal dari sebuah galeri seni kontemporer di Brazil. Bangunan yang sudah beroperasi selama 28 tahun ini terlihat sangat kalem dengan warna eksteriornya yang putih. Dari sisi yang menghadap ke jalan, terlihat jelas penggunaan polikarbonat pada dindingnya. Material tembus cahaya ini berbentuk panel dan diletakkan saling berjajar pada dinding. Hal ini digunakan untuk membiarkan cahaya alami masuk ke dalam bangunan ketika siang hari dan sebaliknya pada malam hari. Tentunya dalam bangunan ini, pemilihan material dipertimbangkan dengan efisiensi penggunaannya. 

sumber: new casa triangulo

3. Schoolgarden


Schoolgarden, seperti namanya bangunan ini diperuntukkan sebagai sekolah untuk perkebunan dan juga peternakan. Sekolah dengan lebar 6 meter dan panjang 100 meter ini menggunakan struktur timber dan kuda-kuda. Keseluruhan ruang untuk kelas, ruang hewan, hingga area bercocok tanama berada pada satu baris tanpa ruang diantaranya yang disisipkan. Hal ini dikarenakan adanya keterbatasan dalam hal biaya.

Penggunaan polikarbonat pun juga dapat menjadi solusi untuk biaya yang terbatas dalam pembangunan karena material ini tergolong tidak mahal. Ruangan yang menggunakan polikarbonat sebagai pelingkupnya tentunya juga sangat cocok digunakan untuk area bercocock tanam. Sehingga peran ruangan tersebut pun sama dengan rumah kaca untuk tanaman tumbuh.

sumber: school garden


4. Polycarbonate Cabin

Seperti namanya, kabin mini ini memang didesain unik dengan dinding polikarbonat. Kabin kecil yang diperuntukkan dua orang ini merupakan salah satu hunian sewa di kawasan pinggiran pantai di daerah Chili. Tidak hanya sekedar biaya saja yang terbatas, tantangan dalam mendesain rumah ini diungkapkan oleh Alejandro Soffia yaitu adanya rumah eksisting di samping lahannya ini. Cahaya yang masuk ke dalam kabin ini pun jadi sangat terbatas karena terhalangi oleh rumah di sampingnya. Maka dari itu sang arsitek pun memilih menggunakan polikarbonat sebagai material dinding karena sifat bahannya yang tembus cahaya.

sumber: polycarbonate cabin

5. Seasonless House

Seasonless house yang berlokasi di Spanyol ini menunjukkan style mediteranian. Warna putih pada keseluruhan bangunan juga efisien untuk menanggapi iklim dan radiasi panas matahari. Konstruksi rumah ini menggunakan sistem modul. Dengan menggunakan polikarbonat rumah ini juga memiliki kesan terbuka namun juga tertutup di waktu yang bersamaan. Selain itu pembiasan cahaya dari dalam bangunan terlihat sangat cantik dari luar bangunan. Menerangi bangunan dan memberi warna yang tidak plain. Tidak hanya bagian luarnya saja yang penuh dengan warna putih, namun juga di dalam bangunan pun terasa sangat luas dan besar dikarenakan warna netral satu ini.

Sumber: Seasonless house


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

YOU MIGHT ALSO LIKE


LEAVE A COMMENT


Comment

slamet raharjo
28 November 2017
Mantap
 

LEAVE A COMMENT

slamet raharjo
28 November 2017
Mantap
 

LEAVE A COMMENT


invisible hit counter