article / Building / Renovasi Rumah: Dari Luar Tampak Biasa dan Sempit, Di Dalam Minimalis dan Memberikan Tampilan Luas serta Menyejukkan
01 Januari 2000 2K Views

Renovasi Rumah: Dari Luar Tampak Biasa dan Sempit, Di Dalam Minimalis dan Memberikan Tampilan Luas serta Menyejukkan

Merenovasi sebuah rumah tidak perlu menghilangkan identitas asli rumahnya. Seperti halnya rumah di Spanyol satu ini. Memiliki luas 300 m2, renovasi rumah yang dilakukan oleh Salvà Ortín Arquitectes ini memiliki keunikan tersendiri. Rumah dengan luasan memanjang ke belakang memiliki tampak yang unik dari depan. Bahkan dengan rumah kanan serta kirinya memiliki visual yang kompak dan otentik. Adanya desain cekungan pada pilar pintu depan serta pintu garasi, dinding yang dihiasi batu atau bata alami itu tampak indah dan selaras sehingga sangat disayangkan jika harus mengubah total ciri khas rumah ini.

fasad asli dan fasad setelah direnovasi

Rumah dua lantai ini memberikan batasan antara ruang umum dan juga privat. Pada lantai satunya, ruangan dibuat sangat terbuka hingga ke belakang sehingga memberikan kesan yang luas dan juga melebar. Ditambah pula dinding berwarna putih memberikan efek lapang dan sangat cocok dipadukan dengan lantai kayu ataupun lantai keramik berwarna abu sehingga terlihat kalem dan tidak monoton.

potongan rumah lantai satu dan dua

Kegunaan area lantai satu ini pun terbagi menjadi ruang koridor dengan area terbuka, area parkir atau garasi, serta ruang tengah yang berfungsi sebagai ruang keluarga, ruang makan, dan juga dapur. Tentu saja konsep terbuka tanpa sekat ini menjadi salah satu permintaan dari klien. Ruangan terbuka ini menjadi spot yang sangat baik untuk berkumpul dan juga bisa digunakan sebagai area penerimaan tamu.


area ruang tengah

Area tempat makan yang diletakkan persis membelakangi ruang menonton tentu saja menjadi pembatas kasat mata yang ada di dalam ruangan. Adanya aksen dinding batu pada area dapur memberikan kesan alami yang unik di ruangan ini. Terlebih lagi ruang ini hanya dibatasi oleh pintu dan jendela kaca dengan area belakang rumah yang didesain cantik dan terbuka dengan kolam renang di berbeda tingkatan.

area terbuka di belakang rumah dengan kolam renang


Tempat terbuka satu ini tentu saja bisa dijadikan tempat untuk acara barbekyu ataupun mengadakan acara berkumpul bersama saudara ataupun teman. Adanya keunikan perbedaan tingkat, tangga menuju ke kolam renang memberikan kesan yang tidak monoton dan menarik perhatian.

tangga menuju lantai dua

Menuju ke lantai duanya, area tangga didesain dekat dengan pintu menuju ke ruang tengah. Tangga L-nya pun didesain unik dengan dua macam desain tangga; tangga penuh yang menempel di dinding berwarna abu dan tangga dengan kerangka baja. Adapun maksud dari penggunaan tangga kerangka ini untuk memaksimalkan cahaya alami masuk ke dalam rumah di lantai satu terutama ruang tengahnya. Udara alami pun juga akan mudah masuk ke dalam rumah memanjang ini.


area santai mini lantai dua

Pada area lantai duanya terdapat beberapa ruang seperti satu kamar tidur utama dengan walk-in closet serta kamar mandi dalam, dua buah kamar tidur berdampingan dengan kamar mandi luar, area bersantai, dan juga balkon. Penyusunan ruang yang padat menunjukkan sisi efisiensi fungsi ruangan di lantai dua. Dapat terlihat pula adanya ruang terbuka ataupun penggunaan atap jendela memberikan pencahayaan yang cukup optimal pada siang hari di setiap sudut lantai duanya.

dinding batu alami

Dengan tetap menggunakan beberapa dinding asli dari bentukan rumah lamanya yang diintegrasikan dengan struktur baru dari pilar beton, rumah hasil renovasi ini berhasil memberikan tampilan memukau pada bagian dalam rumah. Tidak hanya konsep minimalis yang terlihat pada interior rumah ini, namun juga natural terlihat dari tampilan dinding bebatuannya di beberapa sisi dan penggunaan lantai kayu ataupun beton yang menjadi pertimbangan sisi alaminya.

Jadi, bagaimana menurut kalian renovasi rumah ini? Desain rumah ini bisa menjadi ide kalian jika ingin merenovasi rumah minim ataupun rumah tipe memanjang agar terlihat lebih lebar dan juga luas.

sumber: archdaily


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter