article / Building / RUMAH KONSEP BUNGALOW, INTIP YUK INSPIRASINYA!!
01 Januari 2000 298 Views

RUMAH KONSEP BUNGALOW, INTIP YUK INSPIRASINYA!!


Mengutip Britannicabungalow adalah rumah satu lantai dengan atap miring, bentuknya kecil, dan memiliki teras. Nama ini berasal dari kata Hindi yang berarti sebuah rumah dalam gaya Bengali dan masuk ke dalam bahasa Inggris selama era pemerintahan Inggris di India.

Di Inggris Raya, bungalow sempat menjadi ejekan karena tersebarnya rumah-rumah tipe bungalow yang dibangun dengan buruk di sana. Desainnya baru populer dalam perkembangan perumahan kota-kota Amerika pada era 1920-an. Desain umumnya di Amerika dengan langit-langit tinggi, pintu dan jendela besar, dan atap atau beranda yang memberi naungan. Bungalow masih sering dibangun sebagai pondok musim panas atau sebagai rumah di daerah hangat.

Lantaran tidak banyak lantai, bungalow merupakan hunian yang cocok juga untuk orang tua. Selain hemat biaya, hunian ini juga memberikan lebih banyak privasi daripada kebanyakan rumah tradisional karena biasanya tertutup rindangnya pohon dan semak. Plusnya lagi, sebagai investasi nilainya terjaga relatif tinggi.

Kalau Anda sedang mencari tahu soal bungalow, jangan sampai terlewatkan artikel ini ya, simak juga inspirasi desain bungalow nan cantik dan unik dibawah ini!

1. Bungalow Gaya Kontemporer

pinterest.com

Fasad ini menampilkan plesteran, kayu, sirap, dan dinding horizontal. Kalau Anda ingin memberikan tampilan yang lebih mewah bisa terinspirasi oleh gaya Inggris, rumah-rumah ini memiliki atap curam dengan desain cerobong asap besar dan megah yang memberi kesan pada tampilan keseluruhan. Mereka juga memiliki jendela tinggi dan sempit dengan ukiran kayu dekoratif di fasad. Bungalow ini juga memberikan banyak ruang terbuka untuk bersantai maupun menerima tamu, dekorasi dengan sangat apik dan simpel membuat semua orang pasti betah bercengkrama, nobrol dan menghabiskan waktu disini bersama keluarga, rekan, sahabat maupun sanak saudara lainnya.

2. Bungalow Ala Bali, Indonesia

pinterest.com

Desain Bungalow selanjutnya ialah Bungalow dengan Gaya Indonesia yaitu terinspirasi dari Salah satu Bungalow yang ada di Pula Dewata atau Pulau Bali. Ini merupakan bungalow bergaya Indonesia yang ada di Bali dengan nama Candidasa. Candidasa dalam bahasa Bali berarti “Sepuluh Pura”, dan terletak di pantai timur Bali. Arsitekturnya sangat sederhana dengan pemandangan Gunung Agung, persawahan hijau dan lembah yang curam. Tak sulit untuk merancang seperti ini. Kamu juga bisa membangunnya tanpa luas lahan yang besar, kok. Dengan ruang penataan yang tepat, anda dapat menggunakan ide bungalow diatas untuk membangun rumah dengan konsep bungalow yang indah, sederhana tapi mempesona lho.

3. Bungalow Gaya Minimalis

pinterest.com

Rumah bungalow minimalis bisa dibuat dengan sederhana tapi memberikan kesan homey. Dindingnya dicat dengan kombinasi warna biru dan abu-abu. Atapnya terbuat dari genteng yang diperkuat dengan warna cokelat. Untuk menjamin semua ruang mendapat penerangan dan ventilasi yang baik, ada beberapa jendela di semua sisi rumah. Bungalow satu ini didesai dengan fasilitas kolam renang yang terbuka berhadapan dengan taman yang luas nan hijau sehingga menambah suasana homey yang nyaman dan menenangkan. Anda juga dapat bersantai menikmati senja dan pagi hari dengan pemandangan kolam renang, suara gemercik air dan hijaunya rumput di taman belakang rumah anda. Bagaimana menarik bukan?

4. Bungalow Konsep Alami

Google.com

Bungalow satu ini merupakan bungalow yang unik dengan KOnsep Alami atau bernuansa alam. Dengan eksterior yang sangat tradisional dengan bahan yang tidak jauh dari alam membuat bungalow ini terkesan dinamis. Dengan Atap dari jerami yang sudah dikeringkan dan tentunya sudah lolos uji untuk sebuah bangunan dan tentunya dengan aplikasi yang sudah canggih dapat dijadikan atap yang unik dan indah lho. Tirai penutup teras juga terbuat dari susunan bambu yang dianyam dan dirapatkan benar-benar membuat indah bangunan ini. Material berupa jerami, kayu dan bambu membuat bungalow ini terkesan natural. Anda pasti akan banyak menjumpai bangunan seperti bungalow diatas ketika anda sedang berlibur di Bali lho. 

5. Bungalow Konsep Modern

Pinterest.com

Bagi anda yang berada di perkotaan tetapi ingin membuat rumah dengan konsep bungalow, anda dapat membuat dengan ide seperti bangunan bungalow diatas. Dengan material, konsep dan desain yang sangat modern tentunya dilengkapi dengan fasilitas modern pula.

Bungalow dengan konsep modern ini mengaplikasikan tembok dengan cat berwarna putih dan beberapa kaca kecil yang memanjang menambah apiknya desain modern pada rumah tipe bungalow diatas. Dengan sedikit aksen kayu pada dinding depan rumah dan pintu utama dengan gaya sliding berwarna hitam menjadi fokus titik pada rumah bungalow satu ini. Seperti namanya, rumah-rumah ini terinspirasi oleh gerakan modernis dengan penggunaan beton, kaca, dan logam yang mencolok pada fasadnya. Garis-garis yang bersih dan ramping menentukan karakteristik bungalow dengan interior yang biasanya luas, terang, dan lapang untuk diperhatikan.

6. Bungalow dengan Konsep Rustic

pinterest.com

Nah, Konsep selanjutnya ialah BUngalow dengan Konsep rustic yang memadukan 2 unsur warna yaitu warna coklat dan warna putih yang menawan. Dengan eksterior dan interior yang minimalis dengan kesan rustic. Meskipun berbentuk mungil tidak mengurangi keindahan pada bangunan satu ini. Untuk anda yang ingin membuat rumah dengan konsep bungalow yngil dengan Gaya rustic, yang stau ini pasti cocok sekali dengan keinginan anda. Dengan material kayu untuk dinding pada rumah ini membuat anda akan lebih hemat lagi lho dalam menyiapkan budget untuk membuatnya. So, tunggu apalagi yuk wujudkan bangunan impian konsep bungalow versi anda masing-masing.

Nah diatas merupakan beberapainspirasi bungalow yang dapat anda jadikan pilihan, Semoga terinspirasi ya! Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membuat bangunan impian anda sesuai dengan budget dan konsep yang anda inginkan. Selamat mencoba :)

 

 

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

YOU MIGHT ALSO LIKE


LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter