article / Building / RUMAH MODERN DITENGAH PEDESAAN VIETNAM, YANG BIKIN TAKJUB!
05 Oktober 2021 3K Views

RUMAH MODERN DITENGAH PEDESAAN VIETNAM, YANG BIKIN TAKJUB!

Urbanisasi berkembang pesat dari kota ke daerah pedesaan di Vietnam. Rumah-rumah tabung kota mulai muncul semakin padat di daerah pedesaan, mengganggu citra desa yang damai dan puitis. Rumah Dien Khanh mencoba untuk mempertahankan keakraban tradisional yang secara bertahap memudar dari rumah pedesaan, untuk menciptakan lingkungan hidup yang segar, dekat dengan alam dan lingkungan sekitarnya, tetapi juga memuaskan kehidupan modern dan perkembangan sosial kontemporer.

Kemundurannya cukup besar untuk halaman depan, kedua sisi pagar ditanami barisan pinang yang familiar dipadukan dengan pepohonan hijau. Halamannya dilapisi dengan batu bata Cina, keduanya menciptakan koneksi dengan genteng dan mengingatkan pada gambar halaman rumah tradisional Vietnam.Desainnya sangat apik bukan? Tipe rumah yang memanjang dan mengutamakan kenyamanan.


Disamping rumah terdapat taman kecil dan jalan setapak untuk sekedar berjalan santai menikmati udara pagi ataupun melihat bunga dan menyirami bunga. Jendela didesain besar dan dipenuhi dengan kaca yang diberi sentuhan warna hitan pada pinggirannya.



Ruang tamu dan ruang santai dipisahkan oleh atrium dan skylight di antara rumah. Melalui ruang-ruang tersebut, cahaya alami dan angin dialirkan ke dalam bangunan secara alami, menciptakan cahaya, ventilasi, dan kesejukan bagi bangunan. Kamar tidur orang tua dipisahkan dari ruang tamu dan dapur oleh ruang atrium dengan taman kecil di tengah rumah. Kamar untuk 2 orang dewasa, karena jarang digunakan, diatur di lantai 1, juga terhubung satu sama lain melalui atrium ini. Kamar tidur diatur secara terpisah namun tetap menyatu dan menyatu dengan alam.

Konsep ruang tamu benar-benar didesain luas dan tidak menggunakan sekat. Hanya ada kursi berbentuk kayu dengan sandaran beberapa bantal untuk menambah kenyamanan serta 2 kursi sofa yang tentu juga desainnya pun tidak jauh dari desain kursi kayu. Karpet juga diberikan warna yang sesuai dengan furniture lain yaitu Almotst Berwarna kayu  creme. Hiasan hijau berupa tanaman tereletak disudut ruangan untuk menambah keindahan ruangan yang dilengkapi dengan Televisi yang ukurannya cukup besar ini. Hunian ini sangat cocok bagi masyarakat vietnam yang berada dipedesaan karena anda dapat menikmati pemandangan pedesaan yang masih Asri.

Selanjutnya untuk bagian depan rumah Vietnam yang terletak ditengah pedesaan ini menggunakan gerbang yang juga terbuka memperlihatkan bangunan didalamnya. Konsep rumah ini sangat asri bukan? dengan Konsep Open House ini sangat cantik di malam hari juga karena penghuni memberikan aksen lighting yang sangat cantik disekitaran ditaman. 

Tangga adalah puncak rumah. Tangga lengkung berpadu dengan atrium di sudut patahan tanah, menciptakan rasa kerapian dan mendobrak sudut rusak bangunan. Bahan finishing untuk tangga dan bangunan juga dipertimbangkan. Terrazzo digunakan sebagai bahan yang akrab digunakan oleh nenek moyang kita di masa lalu dan juga membatasi kekurangan tanah dan menciptakan keakraban dan kedekatan. Desain interior bertujuan kesederhanaan, kenyamanan modern kehidupan kontemporer. Penggunaan cat putih dan kayu ringan menciptakan ruang interior yang luas dan cerah. Elemen tradisional dengan cerdik dimasukkan ke dalam ruang interior, seperti sofa kayu ruang tamu, kursi teras yang biasa ditemukan di ruang perumahan tradisional Vietnam.

 

 

sumber :archdaily

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter