article / Play Room / SI KECIL BAHAGIA, BERIKUT INSPIRASI RUANG BERMAIN ANAK DI RUMAH!
06 Juli 2021 1K Views

SI KECIL BAHAGIA, BERIKUT INSPIRASI RUANG BERMAIN ANAK DI RUMAH!


Punya ruang ekstra atau sudut tak berguna di rumah? Untuk kalian yang ingin menyenangkan anak, tidak ada salahnya lho menghadirkan ruang bermain anak sederhana yang tidak perlu menguras kantong. Kehadiran ruang bermain sangat baik untuk merangsang kreativitas anak, sekaligus memberinya ruang untuk eksplorasi diri.Tahukah Anda, dengan bermain anak-anak juga bisa mendapatkan banyak manfaat dalam hal tumbuh kembangnya? Bagi Anda yang sudah menjadi orang tua, tentu Anda ingin menyediakan fasilitas terbaik untuk anak bermain dan menyalurkan kreativitasnya. Walaupun tak menjadi ruang utama, membuat desain ruang bermain anak bisa memberikan banyak manfaat lho.

Ruang bermain akan membuat rumah menjadi jauh lebih rapi dan terhindar dari barang-barang mainan yang berserakan. Nah dalam mendesain ruang bermain, sebaiknya ruangan harus dapat merangsang aktivitas dan imajinasi anak. Bagaimana ya cara mendesain ruang bermain yang dapat berfungsi maksimal? Ini dia tipsnya.

1. Tentukan Dekorasi sesuai yang disukai anak

Pinterest.com

Inspirasi ruang bermain anak ini super simpel dan bisa kalian praktekkan langsung di sudut rumah. Hanya dengan menghadirkan rak bertingkat rendah, ruang bermain anak sederhana ini bisa tetap terlihat rapi setiap saat. Kerennya lagi, cukup dengan aksen garis berbentuk rumah dengan stiker, ruang bermain anak ini memiliki efek menggemaskan bagi siapapun yang melihat. Tak lupa, sebuah tempat tidur bayi diletakkan apabila si kecil terlalu asyik bermain sampai tertidur.

Apakah anak suka dengan binatang, mobil-mobilan, atau cerita princess? Dalam menentukan desain dan dekorasi ruangan, coba ajak anak berdiskusi mengenai tema apa yang dia inginkan. Jika anak suka dengan mobil-mobilan, maka Anda bisa menciptakan ruang bermain dengan wallpaper bertema mobil yang disukai anak. Selain itu, ajak juga anak menentukan warna cat yang akan diaplikasikan. Teknik gradasi warna bisa menjadi solusi terbaik untuk ruang bermain.

2. Sediakan banyak tempat penyimpanan

poshplayroom.com

Ruang bermain akan menjadi ruangan khusu bagi anak menyimpan seluruh mainan hingga buku bacaan yang dimilikinya. Untuk itu, ruang bermain harus mempunyai tempat penyimpanan yang maksimal agar seluruh barang mainan anak dapat tersimpan dengan baik dan tidak berantakan di berbagai ruangan. Perhatikan ukuran tempat penyimpanan yang digunakan untuk ruangan agar dapat dijangkau oleh anak. Jangan letakkan lemari yang terlalu tinggi karena akan berisiko membuat anak memanjat untuk mengambil mainannya.

Inspirasi ruang bermain anak ini menjawab dua kebutuhan penting sekaligus : ruang penyimpanan dan ruang bermain anak yang tidak pakai mahal. Orang tua pasti tahu deh, salah satu tantangan terbesar adalah menjaga kerapian ruang bermain. Jadi, strategi ruang bermain anak yang fokus ke bagian rak penyimpanan dengan warna-warna lucu tampaknya bisa dicoba segera.

3. Beri ruang berekspresi untuk anak Dengan dinding Anti Noda

Pinterest.com

Sering mendapati dinding rumah Anda kotor akibat coretan anak? Perilaku ini wajar, karena anak sedang senang-senangnya bereksplorasi dengan kreativitasnya. Nah untuk memfasilitasi kreativitasnya ini, Anda bisa membuat dinding dengan cat anti noda di ruang bermain sebagai tempat untuk anak menggambar dengan bebas. Papan tulis juga bisa menjadi alternatif lainnya. Dengan memberikan ruang untuk anak mengembangkan kreativitasnya, secara tidak langsung cara ini juga bisa ikut mengembangkan daya belajar anak dari segi akademik.

4. Kain Flanel untuk Imajinasi tak terbatas

hgtv.com

Inspirasi ruang bermain anak sederhana ini hanya membutuhkan sebidang dinding polos, kain flanel dan double tape untuk ide kreatif tak terbatas. Anak bisa bebas bermain sesuai tema dan mood-nya, lalu direkatkan ke dinding untuk kanvas di ruang bermain anak sederhana yang efisien. Tertarik mencoba? Tinggal langsung jadi, nih! Oh iya, kamu juga boleh lho menambahkan meja belajar anak supaya si Kecil bisa bermain sambil belajar.

5. Dekorasi DIY pada Furniture Rumah

lumoskitchen.com

Tidak perlu repot-repot atau membayar mahal untuk ruang bermain anak sederhana. Terkadang dari kondisi yang sudah ada, hanya dibutuhkan sentuhan DIY untuk kesan fun yang kalian cari. Inspirasi ruang bermain anak ini menghadirkan warna-warni ceria pada furniture yang ditambah dengan hiasan dinding matching khusus anak.

Penambahan meja dan kursi anak mini bisa jadi optional alias tidak mutlak, tetapi yang pasti harganya tidak perlu selangit jika diadakan.

6. Balkon Kid untuk Play room dengan suasana Outdoor

thespruce.com

Tinggal di apartemen atau rumah kecil bukan berarti kalian tidak bisa punya ruang bermain anak sederhana. Inspirasi yang satu ini menyulap area seluas beberapa petak lantai keramik yang berdampingan dengan balkon teras. Eits, jangan salah, minimalisir dulu hal-hal yang bisa menyebabkan bahaya dengan membatasi teralis balkon dengan papan tulis. Singkirkan juga potensi berbahaya lainnya dan tambahkan tenda kecil sebagai ruang privasi dengan suasana outdoor.

Gimana bund? sudah ada yang cocok belum dengan inspirasi playroom diatas? Semoga bermanfaat ya dan selamat mencoba :)

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter