article / Home Office / Tips Cerdas Menciptakan Ruang Kerja Ideal!
28 Juni 2022 278 Views

Tips Cerdas Menciptakan Ruang Kerja Ideal!


Semenjak hadirnya covid-19, banyak masyarakat yang bekerja di rumah atau work from home. Bahkan, sebagian besar orang bekerja di ruangan yang tak seharusnya, contoh sederhananya bekerja di ruang tamu. 

Melihat kondisi ini, bekerja di ruang tamu tentu tidak bisa kondusif. Bahkan ada saja orang yang mengganggu, maka dari itu dibutuhkan ruang khusus untuk bekerja, ruang kerja pribadi. Ruang kerja pribadi menjadi hal yang ideal tentunya. 

reddit.com

Daripada bingung memikirkan bagaimana cara bekerja yang baik ketika di rumah, mari ciptakan langsung ruang kerja ideal di rumah. Ikuti tips membuat ruang kerja ideal berikut ini. 

 

1. Memperhatikan daya 

Untuk menciptakan ruang kerja yang ideal, Anda harus memperhatikan daya yang dimiliki oleh rumah. Anda perlu melihat bahwasannya daya sangat cukup terpenuhi di rumah (Soket). 

Dalam versi pengisian daya USB mengurangi yang namanya penggunaan stop kontak, secara tidak langsung berkuranglah penggunaan eksistensi penggunaan kabel di rumah. 

anitayokota.com

 

2. Memperhatikan keadaan internet

aliexpress.com

Selanjutnya hal yang perlu diperhatikan adalah keadaan internet disekitar rumah Anda, apakah jaringan internet bagus-bagus saja? atau bermasalah? Jawaban Anda menjadi salah satu faktor terbentuknya ruang kerja ideal. 

Sudah bukan hal rahasia lagi bahwa saat bekerja membutuhkan internet besar karena ada banyak dokumen yang diunduh semenjak work from home. Bahkan, momentum WFH menjadi lebih sulit tanpa ada internet adalah meeting via online. 

Maka dari itu, saat Anda menginginkan kondisi internet yang stabil bisa memasang WiFi di rumah. Harga pembayaran WiFi perbulannya juga sangat terjangkau, dibanding Anda membeli paket internet perbulannya. 

 

3. Pencahayaan ruangan 

dfordesign.style

Sorotan utama dalam bekerja di rumah adalah pencahayaan yang seharusnya memadai. Pencahayaan akan berpengaruh terhadap kinerja Anda dalam mengerjakan seluruh tugas. Maka dari itu, usahakan untuk memenuhi cahaya alami. 

Mengapa menggunakan cahaya alami? Karena, dengan cahaya alami tentu menghemat listrik rumah tangga. Tidak hanya itu, penmanfaatan sinar matahari sendiri bagus untuk kesehatan fisik dan mental. Saat kondisi kesehatan sempurna, maka produtivitas meningkat. Jadi, usahakan saat bekerja Anda memperhatikan cahaya matahari dan sepoi-sepoi angin. 

 

4. View jendela ruangan 

myscandinavianhome.com

Tips paling cerdas untuk menciptakan ruang kerja yang ideal adalah memposisikan jendela ruangan ke tempat view yang menyejukkan dan menenangkan hati. 

Anda akan bveruntung dan bahagia saat mendapati view indah dibalik jendela ruang kerja pribadi. Bahkan, tidak pernah dieksploitasi siapapun. Kaca bening yang terbentang ditambah dengan pepohonan rindang nan hijau, Anda akan betah bekerja di rumah kalau seperti ini. 

 

5. Produk pencahayaan buatan

pinterest/obsessed4interiors

Penyorotan pada produk pencahayaan memang tidak akan ada habisnya, termasuk produk pencahayaan buatan. Tentu, tak selamanya matahari bersinar dikala matahari terbenam sudah saatnya menggunakan produk cahaya buatan.

Anda bisa memposisikan lampu buatan disekitar laptop atau PC yang digunakan untuk bekerja. Pemilihan watt lampu buatan ada baiknya menggunakan watt kecil, agar tidak terlalu terang dan menganggu pandangan. 

Pandangan mata yang terkena silau menimbulkan efek yang tidak enak, seperti mata berair dan merasa gatal-gatal. 

 

6. Vantilasi udara 

 t.me

Menciptakan ruang kerja yang ideal butuh perhatian khusus, terutama ventilasi udara. Apabila, ruangan tidak memiliki jendela untuk memberi akses keluar masuk udara segar sebaiknya Anda memasang ventilasi udara kecil-kecilan. Anda bisa merasakan oksigen yang masuk dan memberikan semangat dalam bekerja. 

Tips yang telah dipaparkan di atas cukup membantu dalam rangka menciptakan ruang kerja di rumah yang ideal. Kondisi ruang kerja yang ideal memberikan rasa puas dan kenyamanan tersendiri bagi penghuninya. Tidak percaya? Coba saja. Anda bisa mempersiapkan perencanaan yang matang untuk membuat kondisi ruang kerja rumahan mulai dari sekarang!


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter