article / Building / TIPS & TRIK PENATAAN RUMAH ALA JEPANG, INTIP YUK!
03 September 2021 2K Views

TIPS & TRIK PENATAAN RUMAH ALA JEPANG, INTIP YUK!

Apa yang terlintas dalam benak Anda ketika membayangkan interior desain rumah Jepang? 

Besar kemungkinan yang tergambar adalah sebuah ruangan rumah tradisional Jepang, dengan gaya desainnya yang berbahan kayu dan kertas.  Namun pada kenyataannya, desain rumah Jepang modern sudah tidak banyak yang berbentuk rumah tradisional demikian, apalagi di kawasan perkotaannya.  Rumah-rumah di Jepang pun kini lebih banyak berbentuk rumah modern dengan material  permanen dan desain yang memadukan model rumah Jepang tradisional dan gaya bangunan dari Barat.  Namun jangan salah, beragam aspek dan fitur rumah tradisional Jepang masih banyak diintegrasikan ke dalam bentuk rumah yang lebih modern ini. Nah, bagaimana sih sebenarnya desain rumah di Jepang sekarang ini?  Artikel panduan kali ini akan membahas tips dan inspirasi bagi Anda yang menyukai desain rumah Jepang dan ingin menata interior rumah ala hunian Jepang yang indah.


1. Elemen Natural Konsep Rumah Jepang



pinterest.com

Kultur budaya Jepang tercermin dalam kecintaannya terhadap alam. Maka dari itu, cara desain rumah terbaik dalam menata desain interior rumah minimalis ala Jepang yang alami adalah dengan membawa nuansa natural ke dalam rumah. Caranya dengan menambahkan dekorasi tanaman khas Jepang seperti pohon bonsai dan pohon bambu. Untuk menambah keunikannya, kamu juga bisa menambahkan beberapa tanaman hias.

2. Gunakan Perabotan ala Jepang

pinterest.com

Interior ala Jepang memiliki keunikan pada bentuk furnitur yang digunakan. Desain rumah Jepang biasanya dilengkapi furnitur yang jaraknya dekat ke lantai, sehingga penggunaannya dapat dilakukan dengan cara lesehan. Meniru kekhasan design interior rumah Jepang ini cukup mudah. Anda dapat melengkapi ruang hunian Anda dengan furnitur yang rendah, seperti bingkai kasur yang dekat atau menyentuh lantai, meja lesehan dan rak buku rendah.Penggunaan furnitur lesehan ini, memungkinkan Anda untuk menata ulang ruang tamu dengan konsep lesehan ala jepang yang sering Anda lihat di film-film.

3. Gunakan warna-warna alami

unsplash.com

Pemilihan skema warna rumah dalam desain rumah Jepang, baik itu untuk eksterior rumah maupun interiornya, masih menampakkan pengaruh dari gaya tradisional rumah Jepang. Desain tradisional ini berakar dari filosofi Zen yang sangat mengagumi keindahan alam. Sehingga tak heran jika warna-warna yang dominan pada desain rumah Jepang mencakup warna-warna sederhana dari alam. Dengan demikian, desain rumah ala Jepang menyuguhkan keindahan yang selaras dengan alam lingkungan sekitarnya. Skema warna yang kerap digunakan merupakan kombinasi warna cokelat dan hijau, yang mengambil inspirasi dari corak kayu dan tanaman. Untuk lantai rumah, menggunakan kayu atau ubin batu abu-abu. Pada rumah tradisional Jepang atau yang disebut minka, dinding rumah diganti oleh panel kertas. Keseluruhan estetika ini menciptakan desain yang kental dengan skema warna yang sederhana.Untuk menghadirkan sentuhan desain rumah Jepang, Anda dapat menambahkan unsur alami berbahan kayu seperti memakai rak, panel dinding, dan lantai kayu. Anda juga dapat menambahkan warna hijau ke dalam rumah dengan menempatkan tanaman hias.

4. Bawa Suasana Natural kedalam Rumah

pinterest.com

Untuk menciptakan desain rumah Jepang, yang perlu Anda lakukan adalah melihat ke luar rumah dan membawa keindahan alam ke dalam rumah.  Kultur Jepang memang erat kaitannya dengan kekaguman dan penghormatan pada alam.  Cara mudahnya, Anda dapat membeli tanaman khas Jepang seperti bonsai atau menambahkan furnitur berbahan bambu.  Tanaman hijau dan bunga-bungaan dalam pot pun dapat bekerja dengan baik dalam menciptakan ruang hunian bernuansa Jepang. Namun perlu diperhatikan untuk tidak memilih bunga-bungaan dengan warna yang mencolok. Pilihlah tanaman yang lebih menenangkan semisal beberapa ragam anggrek dengan corak warna yang teduh.Anda juga bisa membuat zen garden untuk menambah suasana sejuk dan menenangkan ala hunian Jepang.Membuat zen garden tak perlu terlalu rumit, bahkan lahan sempit pun bisa. Anda cukup menyisakan sepetak lahan dan tutupi dengan bebatuan alam berwarna putih, serta tambahkan tanaman hijau.

5. Memaksimalkan Cahaya dari Luar ala Rumah Jepang

pinterest.com

Desain interior rumah minimalis bergaya Jepang terkenal dengan kebersihan dan gaya minimalisnya. Bagaimana cara mendapatkan desain aestetik namun tetap mendapatkan gaya rumah modern dengan berbagai macam furnitur? Jawabannya adalah dengan menjaga desain ruanganmu tetap simpel dan tanpa motif apapun, sehingga tidak sulit untuk memasukkan furnitur dengan warna yang cocok. Jepang juga terkenal dengan rumah yang memaksimalkan cahaya matahari. Oleh karena itu kebanyakan rumah konsep jepang memiliki jendela yang lebih banyak daripada rumah di Indonesia.

6. Penataan Rumah Minimalis ialah Ciri Ruma Jepang

rehouz.com

Disaat banyak rumah asli Jepang tidak menggunakan banyak furnitur untuk ruangan-ruangan semacam ruang duduk atau ruang TV, kita masih bisa menerapkan kesederhanaan desain interior rumah minimalis ala Jepang pada rumah kita. Contohnya dengan menggunakan meja kecil seperti cofee table dipadu dengan kusen lantai yang memungkinkanmu meluruskan kaki.

Jika kamu ingin sekadar bersantai di ruang duduk, kamu pun bisa menggunakan kursi lesehan sebagai alasnya. Dengan demikian, tubuhmu tidak mudah terasa pegal dan kamu pun tetap mengusung gaya ala Jepang.

Bagaimana apakah semakin tertarik memiliki konseo rumah ala Jepang setelah membaca Tips dan Trik diatas? Jangan lupa untuk menyesuaikan kembali dengan budget rumah anda ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba :)

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter