article / Building / Yin Yang House: Rumah Ramah Lingkungan yang Mengaburkan Sisi Indoor dan Outdoor Melalui Berbagai Ruangan Terbuka di Dalamnya
27 Juli 2019 3K Views

Yin Yang House: Rumah Ramah Lingkungan yang Mengaburkan Sisi Indoor dan Outdoor Melalui Berbagai Ruangan Terbuka di Dalamnya

Yin yang house merupakan sebuah rumah keluarga single di Venice, California. Dibangun di kawasan padat penduduk. Akses rumah menuju tempat umum terbilang dekat dan mudah digapai. Pintu yang besar, bukaan kaca dan berbagai area outdoor terbuka seperti deck dan teras mengelilingi rumah ini.

Rumah ini memiliki fokus pada desain ruang untuk tumbuh kembang keluarga dengan beberapa anaknya. Selain itu juga rumah ini merupakan tempat bekerja bagi kedua orang tua. Tentunya rumah perlu didesain dengan menciptakan suasana tenang, santai dan juga terorganisir dengan lingkungannya. Rumah ini sendiri juga menyajikan tempat untuk hiburan dan menyambut hangat anak-anak dan juga klien yang datang mengunjungi rumah ini.

Eksterior rumah yang tampak solid pada bagian yang menghadap ke jalan tentunya memiliki kesan yang berbeda dengan bagian dalam rumah. Dibalik pintu masuk yang terbuat dari baja daur ulang terdapat halaman yang memperlihatkan area halaman indoor-outdoor alami.

Pada lantai dasar, rumah terorganisir dengan serangkaian ruang outdoor dan halaman yang terintegrasi dengan interior dalam rumah. Ruangan ini ditata menjadi sebuah ruangan terbuka yang menyajikan pencahayaan dan sirkulasi udara ke segala ruang dalam rumah.


Dari halaman ini, pengunjung dapat melihat langsung taman di belakang rumah karena ruangan ini dilingkupi dengan material kaca. Dilengkapi pula dengan dinding kaca geser menuju ke ruang tamu yang tentunya menambahkan keselarasan antar ruang utama dengan ruang outdoor lainnya. Dengan adanya ruangan ini, rumah dapat menampung banyak orang di dalamnya tanpa perlu merasa sesak. Bahkan area ruang tamu pun bisa diperluas hingga ke outdoornya.

Ruang tamu, dapur, dan ruang makan rumah ini terdapat dalam satu zona terbuka. Saling terhubung dan juga menghadirkan suasana akrab. Meja makan yang besar dapat menampung sepuluh orang dalam satu mejanya. Tampak sekali ruangan ini menghadirkan kelegaan ruang karena ukurannya yang besar. Furniture yang menghias rumah ini pun juga tampak simple dan tidak berlebihan. Memberikan warna yang hidup di pelingkup dinding putih dan lantai abu-abu ruangan ini.


Dapur terbuka didesain agar juru masak dapat ditemani dengan teman ketika sedang memasak. Selain area ini, juga terdapat patio beratap di area outdoor tepat disamping dapur. Patio ini pun bisa digunakan untuk menikmati sarapan dan teh pagi ataupun sekedar berbincang dengan keluarga. Dengan ruangan serba dinding kaca dan outdoor yang luas, orang tua dapat mengawasi anaknya ketika bermain ataupun belajar.

 

Permainan ukuran pada rumah ini tidak hanya berperan secara struktur saja namun juga ikut andil dalam memperunik rumah. Dari bagian belakang, rumah tampak seperti bangunan satu tingkat saja. Hal ini dikarenakan tangga menuju ke lantai atasnya berada di bagian belakang rumah.


Pada lantai duanya terdapat kamar tidur untuk keluarga. Ruangan-ruangannya didesain kecil dan juga simple. Ukuran kamar tidur sama seperti ruang kamar tidur pada rumah umumnya. Hal ini dikarenakan rumah ini lebih mengutamakan ruang berkumpul publik di lantai dasar sehingga segala area privat diletakkan di lantai atas.

Adanya atap kantilver membuat cahaya matahari tidak langsung masuk ke dalam kamar tidur. Kamar tidur juga dihadapkan deck kayu sebagai selasar dan area green roof. Green roof ini sendiri tentunya menjadi nilai plus pada rumah.

Material yang digunakan pada rumah ini cukup banyak dan juga ramah lingkungan. Termasuk di dalamnya yaitu material bamboo pada interior, bebatuan komposit, ubin, dan berbagai material daur ulang lainnya. Rumah ini didesain dengan berbagai system yang dapat menyejukkan rumah serta baik untuk lingkungan.

Sistem hemat energinya pun dilakukan dengan adanya penggunaan panel solar pada atap lantai duanya sebesar 12 KW. Solar panel ini pun juga berfungsi sebagai pembayang matahari sehingga rumah tidak akan terasa panas di dalamnya. Fitur lainnya dalam rumah juga membuat rumah lebih sejuk dan fresh seperti adanya taman, ventilasi, ruang terbuka, dan sebagainya. Adapun air hujan dari atap akan dialihkan ke area green roof dan ditampung untuk difilter. Sehingga air hujan tersebut pun dapat digunakan kembali untuk bersih-bersih, menyiram taman, ataupun menyiram toilet.

Sumber: yin yang project | photo 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter