article / Tips & Trick / YUK SIMAK TIPS MEMBERSIHKAN FURNITURE TERBUAT DARI KAYU!!
29 Juli 2021 634 Views

YUK SIMAK TIPS MEMBERSIHKAN FURNITURE TERBUAT DARI KAYU!!


Beberapa orang menyenangi perabotan kayu karena warnanya khas dan menawarkan nuansa alami dan hangat. Berbagai jenis kayu kerap dijadikan perabotan, namun kayu jati tetap menjadi primadona. Kayu jenis ini terkenal kuat, awet, dan terlihat mewah. Furniture kayu memang masih menjadi pilihan banyak orang untuk memenuhi perabotan di rumah. Namun merawat furniture kayu tentu tidak semudah merawat perabotan dari besi ataupun plastik. Jika tidak dirawat dengan baik, maka furniture akan rentan terkena jamur, dimakan rayap, dan mudah retak.

rancangmebel.com 

1. Rutin Bersihkan Debu

Perhatikan furniture di rumah Anda. Jangan diamkan ketika furniture kayu sudah berdebu karena bisa menyebabkan mudah keropos bila tidak pernah dibersihkan. Untuk menjaga ketahanan furniture, ada baiknya membersihkan furniture kayu dengan rutin. Bersihkan furniture kayu menggunakan kain yang lembut. Hindari memakai lap berbahan silikon karena bisa menyebabkan lecet serta merusaknya.

Gunakan vakum dan sikat untuk membersihkan debu dari permukaan dan lekukan mebel Anda. Jangan pernah gunakan tambahan bantalan kasar sebagai pelapis. Anda akan menciptakan goresan yang mungkin tidak bisa diperbaiki.

Tidak ada gunanya meletakkan barang kotor di sekitar furnitur kesayangan Anda. Jika Anda benar-benar tidak ingin menggunakan vacuum cleaner Anda (karena terlalu berat dan merepotkan), Anda bisa dengan perlahan membasahi kain dan dengan lembut menyeka kayu untuk mengambil dan membersihkan debu.

Jangan gunakan semprotan pembersih kimia kecuali furnitur Anda memiliki lapisan plastik, seperti jenis yang digunakan pada meja dapur dan perabotan anak-anak.

pinterest.com

2. Letakkan di Tempat yang Kering

Saat membuat desain interior sebuah ruangan, Anda harus memperhitungkian posisi furnitur kayu. Material kayu harus berada pada suhu yang tepat dan ruangan yang kering. Suhu panas dapat membuat kayu menjadi kering dan menyusut, sehingga menimbulkan retakan pada lapisan kayu.Paparan suhu panas secara terus menerus dapat membuat kayu menjadi kering dan menyusut sehingga menimbulkan retakan pada lapisan kayu. Jauhkan furniture berbahan kayu dari peralatan yang memancarkan panas atau tempat yang langsung terpapar sinar matahari, terutama jika Anda tinggal di daerah dengan suhu tinggi. Tidak hanya itu, udara lembab juga dapat memancing berkembangbiaknya jamur atau serangga yang berbahaya bagi kayu.

3. Segera Keringkan dari Air

Gelas minuman seringkali meninggalkan noda air berbentuk lingkaran pada permukaan meja makan berbahan kayu. Jika dibiarkan, noda ini akan tertinggal permanen dan merusak keindahan tekstur kayu alami. Cara menghilangkanya bisa dengan mengusapkan campuran pasta gigi dan baking soda atau campuran minyak goreng dan abu dengan kain lembut. Untuk noda yang kecil, Anda cukup mengusap campuran tadi dengan menggunakan jari. Alternatif lain adalah dengan membakar biji kemiri hingga minyaknya keluar, kemudian hancurkan dengan cara dipukul-pukul, lalu usapkan pada noda.

4. Gunakan Alas untuk Meminimalisir Kerusakan

Walau Anda sudah berhati-hati dalam memindahkan furniture kayu Anda, terkadang car penggunaan furniture itu sendiri yang secara perlahan dapat merusak tampilannya. Untuk meminimalisir resiko tergores atau terkena noda yang membuat warna kayu kusam dan permukaan kayu tidak mulus lagi, cukup tutupi bagian atas meja dengan kain taplak atau table runner. Sedangkan untuk bagian kaki, Anda bisa mengalasinya dengan karpet atau kain felt di tiap kakinya.

5. Untuk memperbaiki dengan cara cepat, gunakan semir sepatu.
Gunakan sesuai warna semir sepatu yang sesuai dengan warna kayu. Hati-hati menggunakan pencocokan warna semir sepatu pada penggunaan pertama kali. Cara ini merupakan paling mudah dan cepat untuk memperbaiki perabotan kayu seperti rak, meja, kursi kayu.

Sangat mudah bukan merawat furnitur kayu? Anda juga bisa menggunakan cairan pengkilap furnitur yang sama untuk melapisi lantai kayu atau parquet. Jadi tunggu apa lagi? Hadirkan konsep back to nature dalam hunian Anda dengan berbagai furnitur kayu berkualitas koleksi

 

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter